Cara Alami Mencegah & Mengobati Rambut Beruban Dini

Mengatasi rambut beruban dini - Mengapa rambut bisa beruban? Rambut putih (rambut beruban) terjadi saat pigmen warna (melanin) berhenti diproduksi dalam folikel rambut. Sel-sel pigmen yang terletak di dasar setiap folikel rambut memproduksi warna dominan alami saat usia kita muda. Namun saat usia tua atau mencapai usia pertengahan, semakin banyak sel-sel pigmen tersebut mati dan warna alami rambut akan hilang. Hasilnya adalah rambut seseorang secara bertahap akan beruban.

Rambut memiliki lapisan luar (kutikula) dari sel datar yang tumpang tindih, di bawahnya, yang merupakan korteks tebal, yang terdiri dari sel tanduk seperti keratin. Bagian dalam rambut terbentuk oleh lapisan lembut yang merupakan sel-sel berbentuk persegi panjang. Warna rambut ditentukan oleh konsentrasi dan kedalaman pigmen melanin di korteks dan akan menghasilkan spektrum warna rambut. Ketika melanosit ini mati, maka rambut berubah menjadi abu-abu (uban). Melanosit memproduksi pigmen melanin dan merupakan sel yang bertanggung jawab untuk mewarnai bagian tubuh manusia, termasuk rambut.

Rambut beruban biasanya berhubungan dengan penuaan, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. Perubahan dini pada rambut pada dasarnya turun-temurun, dan kita bisa mewarisinya dari salah satu orang tua atau kakek-nenek kita. Sebagai contoh jika rambut ayahmu mulai beruban saat berusia tiga puluhan maka kemungkinan rambutmu beruban pada usia 30 memiliki peluang besar. Uban rambut juga dapat dipengaruhi oleh stres. Seseorang yang mengalami stres berkepanjangan rambut putih muncul secara bertahap.

Cara Alami Mencegah & Mengobati Rambut Beruban
Malnutrisi, khawatir, syok, kesedihan mendalam, ketegangan dan kondisi serupa lainnya juga dapat memperlambat produksi melanin sehingga rambut mudah beruban. Namun, para ilmuwan belum sepenuhnya dapat menjelaskan penyebab secara pasti dari perubahan dalam warna rambut. Kepercayaan yang populer dimasyarakat bahwa menarik satu helai rambut uban akan membuat dua uban tumbuh di tempatnya adalah sebuah mitos.  Yang benar adalah jika mencabut rambut tidak hati-hati bisa menyebabkan syaraf dalam akar rambut bisa terganggu, jadi bukan menumbuhkan uban baru. Nah berikut adalah beberapa perawatan rambut beruban dini yang akan mencegah rambut beruban dini dan akan mengembalikan warna almai rambut:

Pencegahan Rambut Beruban Secara Alami

Gunakan Shampo yang Tepat
Perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga tekstur rambut, pertumbuhan, kilau rambut dalam kondisi baik. Oleh karena itu gunakan shampoo & kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Pilih produk yang lembut, sebaiknya tanpa deterjen yang keras seperti natrium lauril sulfat. Untuk keramas sehari-hari, gunakan shampo yang ringan, lembut & pelembab. Jangan gunakan terlalu banyak kondisioner atau yang lain itu membuat rambut berminyak. Pijat rambut Anda sehari-hari dengan ujung jari Anda; membantu sirkulasi darah yang tepat di kulit kepala.

Hindari Kebiasaan Buruk.
Hindari merokok, minum minuman keras, stress karena secara tidak langsung mengakibatkan kerusakan pada pigmen rambut.

Jaga Kebersihan Rmbut & Sering memijatnya.
Dengan menjaga rambut tetap bersih maka akan menghindari kerusakan rambut, dan pemijatan berguna untuk melancarkan peredaran darah di bagian bawah akar rambut sehingga asupan nutrisi untuk rambut dapat terserap sempurna.

Pengobatan Rambut Secara Alami

Minyak Kelapa & Lemon
Ambil 2 sendok minyak kelapa yang murni dan campur dengan perasan lemon. Pijat rambut Anda dengan minyak kelapa dan lemon yang telah dicampur tadi setiap hari selama minimal 15 menit. Banyak tutorial menyebut banyak orang memiliki rambut hitam bahkan sampai usia 60-70 tahun dengan menggunakan metode ini.

Lemon & Minyak Jarak
Campur jus lemon dalam minyak jarak dan aduk sampai berbusa. Oleskan campuran tersebut secara merata di atas kulit kepala dan biarkan selama setengah jam lalu bilas dan keramas menggunakan shampo herbal.

Minyak kemiri
Usapkan minyak kemiri pada rambut. Pertama sangrai kemiri lalu tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Lulurkan pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dicuci.

Biji Pepaya
Pada zaman dahulu kala Raja-raja memakai beberapa bahan alami pewarna rambut terbuat dari biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya lantas ditumbuk hingga halus kemudian imbuhkan minyak kelapa. Oleskan ke semua sisi rambut dan lakukan perawatan ini secara teratur  seminggu sekali.

Yogurt pahit
Campurkan  satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. sesudah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut kemudian bersihkan dengan air hangat dan sampo sesudah satu jam. kerjakan rincian ini setiap minggu untuk memperoleh hasil yang baik maka tak hanya menyingkirkan uban, campuran ini dapat membuat rambut anda bercahaya dan terhindar dari ketombe. Selain itu lada hitam menjadikan rambut lebih hitam dan kopi menjaga warna rambut.

Teh Hitam
Seduh secangkir teh hitam dan tambahkan satu sendok makan garam. Ketika dingin, saring teh dan pijat pada akar rambut. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air dingin dan harus diingat setelah penggunaan teh hitam ini rambut jangan dikeramasi agar kandungan teh masuk dalam akar rambut.

Pencegahan Rambut Beruban Dengan Konsumsi Makanan

Rambut Anda pun membutuhkan makanan sebagai asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut anda, jika anda mengkonsumsi makanan yang tepat maka pencegahan rambut veruban secara  dini inipun bisa ditekan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dibutuhkan untuk asupan nutrisi pada rambut:

Makanan Yang Mengandung Vitamin A
Vitamin A diperlukan untuk membuat kulit kepala yang sehat dan memberikan kemilau pada rambut Anda. Sertakan sayuran hijau gelap dan buah-buahan jeruk kuning & sayuran dalam diet Anda.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B
vitamin B berguna untuk mengatur sekresi minyak, kesehatan & kelembabapan rambut. Makan lebih banyak sayuran segar berdaun hijau, tomat, kembang kol, sereal, yoghurt, pisang dan sayuran hijau.

Makanan Yang Mengandung Mineral
Mineral seperti zinc, besi & tembaga membuat rambut sehat. Sumber makanan yang banyak mengandung zinc adalah daging merah, daging ayam & sayuran hijau. Mkanan yang mengandung zat besi contoh daging sapi, aprikot kering, daging merah, peterseli, telur, gandum & biji bunga matahari. Makanan yang banyak mengandung zat tembaga sebagai contoh seafood, kuning telur & biji-bijian.

Makanan Yang Mengandung Protein
Mengkonsumsi protein memberikan rambut Anda bersinar sevara alami dan tekstur rambut yang baik. Sertakan lebih banyak tumbuh biji-bijian, sereal, daging dan kedelai dalam diet Anda

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Alami Mencegah & Mengobati Rambut Beruban Dini "

No comments:

Post a Comment