Penyebab Flek Hitam & Cara Alami Mengatasinya

Flek Hitam di Wajah - Flek hitam atau dalam dunia kedokteran lebih sering disebut dengan black spot merupakan bintik-bintik gelap pada kulit biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi, atau kulit di daerah itu membentuk melanin yang berlebih. Hal ini biasanya terjadi ketika kulit di daerah yang telah rusak ataupun telah tua sehingga produksi pigmen turun. Banyak waniat menakutkan flek hitam ini, apalagi sampai muncul pada wajah, dan banyak cara yang mereka gunakan untuk mengatasi flek hitam di wajah ini.

Banyak sekali sekarang ini salon salon kecantikan yang menangani pasien flek hitam ini, padahal anda bisa mengobatinya sendiri dirumah dengan cara alami. Namun jika black spot ini muncul dan memiliki gejala-gejala yang membahayakan segera konsultasikan kepada dokter yang terkait karena black spot atau flek hitam ini memiliki kemiripan gejala pada kanker kulit. namun untuk kasus black spot atau flek hitam yang tidak berbahaya dan bukan merupakan gejala kanker kulit, anda bisa mengatasi flek hitam ini dirumah dengan cara alami.

penyebab & cara mengatasi flek hitam
Flek hitam di wajah. Source img: Wikipedia commons.

Penyebab Flek Hitam pada Wajah
Dengan mengetahui penyebab flek hitam diwajah anda dengan mudah mendeteksi penyebab flek hitam tersebut dan anda bisa dengan mudah mengatasi flek hitam ini. Flek hitam atau black spot bisa terjadi dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi. Berikut ini adalah penyebab umum yang sering menjadi penyebab utama timbulnya flek hitam di wajah.

Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit terjadi ketika kulit mengalami kerusakan di daerah tertentu di wajah anda sehiingga produksi melanin berlebih dan menumpuk pada satu titik diwajah anda. Hal ini menyebabkan kulit akan memproduksi melanin berlebih, membuat patch tertentu kulit terlihat lebih gelap. Kerusakan kulit ini  terjadi sebagai contoh saja penggunaan kosmetik berbahaya atau idak cocok, luka diwajah, karena penyakit yang menyebabkan kerusakan kulit wajah, seringnya terkena sinar matahari sehingga lapisan kulit luar terbakar dan lain sebagainya.

Ketidakseimbangan hormonal
Kadar hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan produksi sel pigmen menjadi berlebih. Ketidakseimbangan hormon ini terjadi seperti yang berhubungan dengan kehamilan sehingga dapat memicu over-pigmentasi sel atau produksi berlebih pigmentasi sel. Jadi jangan heran jika waniita hamil lebih sering menderita flek hitam daripada mereka yang tidak hamil.

Sering Terkena sinar Matahari Langsung
Paparan berlebihan terhadap sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit mulai memproduksi melanin berlebih untuk melindungi kulit dari sinar UV. Nah melanin berlebih inilah yang menyebabkan warna pigmen pada kulit berubah sehingga menimbulkan titik atau spot hitam pada awal mulanya dan jika dibiarkan secara terus menerus dan berkepanjangan akan meluas ke wajah anda.

Gangguan kulit
Gangguan kulit ini biasanya terjadi pada usia lanjut masa dimana produksi melanin pada wajah berkurang sehingga orang akan lebih rentan untuk terkena bintik-bintik gelap pada kulit karena usia dan kulit tidak mudah mereproduksi, sehingga lebih sulit bagi kulit untuk menghilangkan daerah yang rusak sehingga timbulah spot atau flek hitam ini.

Kerusakan hati
Bintik-bintik pada kulit juga merupakan tanda klasik dari kerusakan hati karena tubuh kurang efektif dalam menghilangkan racun dari sel.

Guratan Jerawat
Jerawat atau bekas luka sering dapat meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit yang akan membutuhkan waktu untuk memudarkannya.

Cara Mencegah Spots gelap pada Wajah

Menggunakan Krim Tabir Surya
Memakai krim tabir surya setiap kali Anda bepergian diluar rumah, bahkan dalam musim dingin, dapat membantu mencegah bintik hitam muncul dari pembentukan pada kulit. Oleskan krim tabir surya pada wajah sekitar 30 menit sebelum anda bepergian sehingga efek krim akan memasuki pori-pori dan melindunginya dari sengatan sinar matahari. Pilih tabir surya yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium oksida karena bahan-bahan tersebut lebih efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Konsumsi vitamin E
Vitamin E sngat berguna untuk kesehatan kulit. Konsumsi vitamin e untuk membantu meregenerasi sel kulit mati atau anda juga bisa menggunakan vitamin E secara langsung ke bagian gelap pada wajah sebelum tidur akan memberikan kulit dengan banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit bahkan warna kulit. Buka kapsul vitamin E dan oleskan isinya pada setiap daerah yang ingin anda cerahkan.
    
Konsumsi Vitamin C
Meningkatkan asupan vitamin C akan membantu mengurangi jumlah melanin yang diproduksi oleh kulit Anda. Makan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin c seperti stroberi, jeruk dan makanan lain yang diketahui memiliki banyak vitamin C akan lebih efektif.

Cara Mengobati Flek Hitam Pada Wajah
Castor Oil
Menggunakan minyak jarak pada kulit dua kali sehari dapat membantu menyamarkan dan mencerahkan bintik-bintik gelap. Gunakan gerakan melingkar dengan lembut untuk menggosok minyak ke daerah yang terkena flek atau black spot.
    
Ekstrak Teh Hijau
Menerapkan ekstrak teh hijau akan memberikan kulit dengan banyak antioksidan yang akan membantu menghilangkan radikal bebas. Teh hijau juga akan membantu tubuh memproduksi kolagen lebih sehat. Caranya adalah ambil ampas teh hijau dan usapkan pada wajah anda yang terkena flek hitam, diamkan sekitra 10-15 menit lalu basuh menggunakan air hangat.

Susu
Gunakan bola kapas untuk menyeka susu ke kulit gelap. Biarkan selama sekitar 8-10 menit dan cuci menggunakan air hangat dan lap menggunakan kain bersih dan halus. Lakukan perawatan ini selama 6 minggu dua kali sehari akan membantu menghilangkan bercak-bercak hitam di wajah.

Jus Lidah Buaya
Menggosok dan mengoleskan jus lidah buaya pada setiap bintik-bintik gelap 1-2 kali setiap hari selama beberapa minggu dapat membersihkan kulit dari perubahan warna apapun.

Cara Alami Lain Untuk Mengobati Flek Hitam di Wajah
Gunakan irisan nanas, madu, lobak, yoghurt, mentimun, kentang, kunyit, pepaya atau tomat (pilih salah satu bahan saja) pada kulit yang memiliki bintik-bintik gelap. Diamkan selama beberapa menit untuk membantu memutihkan kulit dan mencerahkan flek hitam.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Penyebab Flek Hitam & Cara Alami Mengatasinya "

No comments:

Post a Comment