Penyebab Umum Timbulnya Stress

Penyebab Umum Timbulnya Stress - Stress merupakan tekanan pikiran yang terkadang dapat mempengaruhi perilaku seseorang di uar kemampuan kontrolnya. Anda pasti pernah mendengar orang akan melakukan apapun di luar batas kemapuan berpikirnya seperti membunuh, bunuh diri, merampok dan tindakan lain yang diakibatkan oleh tekanan pikiran atau stress. Stress merupakan bagian dari kehidupan seseorang, dan setiap orang pasti akan menghadapinya.

Beberapa orang dapat menangani stres dengan baik, namun sebagiam lain terjebak dalam kondisi stress dan sulit melaluinya. Terlalu banyak tekanan pikiran atau stres dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental seperti tekanan darah tinggi, depresi kronis, dll Dengan memahami apa penyebab stres Anda, Anda akan dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi hal itu dengan baik, yang secara bertahap akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Berikut adalah melihat 7 penyebab paling umum dari stres.

Penyebab Umum Timbulnya Stress

Penyebab Umum Timbulnya Stress

Pekerjaan
Pekerjaan merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya stress. Jika anda sudah merasa nyaman dengan suatu pekerjaan yang anda sukai kemudian keadaan membuatnya berubah kebanyakan orang akan mengalami stress. Perubahan yang dimaksud adalah pemecatan, pergantian posisi jabatan, pemotongan gaji, mutasi kerja, mencari lowongan kerja baru, pekerjaan yang menumpuk adalah beberapa perubahan dalam pekerjaan yang sulit terkontrol oleh pikiran anda, jika anda tidak siap untuk itu maka stress akan timbul. Namun ada beberapa orang yang siap dengan keadaan seperti ini mereka hanya kaget sejenak dengan beberapa perubahan namun selanjutnya akan berjalan normal seperti biasanya.

Hubungan Status
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hubungan sosial dapat mempengaruhi tingkat stress seseorang. Dilihat dari sisi medis hubungan cinta, saat jatuh cinta, perasaan suka kepada seseorang memiliki efek menenangkan pada tubuh karena tubuh akan melepaskan banyak zat endhorpin yang fungsinya untuk membuat rasa nyaman dan ketenangan pikiran. Namun sebaliknya jika seseorang mengalami putus cinta, perceraian, sakit hati, cemburu maka akan terjadi kecemasan pikiran yang memungkinkan timbulnya tekanan dalam pikiran atau stress.

Finansial
Bagaimana jika anda benar-benar tidak memiliki uang padahal anda perlu berbelanja kebutuhan, membeli barang yang memang diperlukan ataupun anda mempunyai hutang dan jatuh tempo pembayaran. Nah hal demikian yang membuat stress pada kebanyakan orang yaitu stress dikarenakan faktor finansial atau keuangan.

Kesejahteraan
Faktor kesejahteraan yang dimaksud adalah bagaimana perasaan yang timbul pada pikiran anda terhadap ekonomi anda hari ini. Faktor kesejahteraan meliputi bagaimana kemampuan anda untuk mensejahterakan diri anda sendiri, keluarga maupun orang lain sebagai contoh apakah cukup gaji anda bulan ini untuk menutupi kebutuhan keluarga anda, apakah anda sanggup membayar uang kuliah anak anda, apakah anda merasa cukup dengan ekonomi anda sekarang ini jika dibandingkan dengan tetangga sebelah yang sudah memiliki rumah sendiri atau mobil, apakah anda sudah mampu membahagiakan orang tua anda dll. Nah pemikiran kesejahteraan seperti itu sering membuat tekanan pikiran.

Keluarga
Keluarga memainkan peran berharga dan penting dalam kehidupan seseorang. Namun, itu bisa menjadi sumber stres juga. Faktor keluarga yang bisa membuat stress adalah bertengkar dengan suami atau istri, peristiwa-peristiwa besar seperti cedera, kehamilan, keguguran, anak anda yang nakal bukan main, perceraian, pertengkaran antar anggota keluarga dll semua dapat menyebabkan sejumlah besar stres.

Kehilangan Sesuatu yang Berharga
Kematian orang yang dicintai bisa menjadi sumber stres yang besar karena Anda kehilangan seseorang yang Anda cintai. Tidak harus seseorang yang dicintai namun juga bisa kehilangan sesuatu yang berharga seperti hewan peliharaan kesayangan anda mati, kebakaran rumah yang menyebabkan anda kehilangan rumah, barang berharga anda hilang, kehilangan tempat usaha karena hutang kebakaran atau bencana.

Trauma Masa Kecil
Beberapa orang mengalami stres jangka panjang karena beberapa trauma yang mereka alami selama masa kanak-kanak. Jika tidak diobati hal ini bisa bertahan sepanjang hidup seseorang tresebut, menyebabkan masalah baik fisik dan mental. Anak-anak yang hidup dengan orangtua peminum, pemakai narkoba, atau hidup dilingkungan yang keras cenderung menderita stres lebih psikologis sepanjang hidup dewasa mereka, bila dibandingkan dengan anak-anak tumbuh dalam keluarga yang penuh kasih sayang.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Penyebab Umum Timbulnya Stress "

No comments:

Post a Comment