Berolahraga Membuat Anak Lebih Aktif & Cerdas

Berolahraga Membuat Anak Lebih Aktif & Cerdas - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa hanya dua jam aktivitas fisik ekstra setiap minggu dapat meningkatkan kinerja sekolah. Penelitian ini melibatkan sekitar 2.000 anak, studi ini dilakukan oleh para ilmuwan di Sahlgrenska Academy. Para ilmuwan Lina Bunketorp Kall, Michael Nilsson dan Thomas Linden, di Pusat Perbaikan Otak dan Rehabilitasi di Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, telah menguji hipotesis.

Menurut penelitian 408 anak berusia 12 tahun di wilayah Gothenburg diberi dua jam tambahan bermain dan kegiatan berolahraga per minggu. Ini adalah sekitar dua kali jumlah normal aktivitas fisik kurikuler. Sekolah-sekolah yang akan berpartisipasi dengan hati-hati dipilih, dan para ilmuwan menunjukkan bahwa mereka sepenuhnya sebanding sehubungan dengan jumlah anak laki-laki dan perempuan, sebagian kecil dari siswa dengan latar belakang asing, dan tingkat rata-rata pendapatan, pengangguran dan pendidikan orang tua. Hasilnya sangat konsisten dan menunjuk dengan jelas dalam satu arah yang memperkuat keyakinan bahwa aktivitas fisik ekstra tampaknya untuk membantu anak-anak berhasil di sekolah. Studi ini dipublikasikan dalam Journal berkala ilmiah Kesehatan Sekolah.

Berolahraga Membuat Anak Lebih Aktif & Cerdas

Berikut adalah alasan setiap anak harus Berolahraga

Membantu mengembangkan pikiran
Menurut Dr John Rately, co-penulis buku Spark: The Revolutionary New Science of Exercise & Brain, otak anak yang aktif ini berkembang jauh lebih baik daripada yang tidak. Ia menemukan bahwa anak-anak yang aktif memiliki kognisi yang lebih baik, fokus pada tugas-tugas lebih mudah, memiliki waktu reaksi yang lebih cepat dan karena itu tampil lebih baik di sekolah. Bermain olahraga juga membantu anak menjadi lebih bersosial, menjalin persahabatan, dan tidur nyenyak; yang semuanya merupakan faktor penting dalam perkembangan mental.

Membantu otak berkembang
Sebuah studi di tahun 2010 yang dilakukan di University of Illinois jurusan psikologi 'menemukan bahwa latihan fisik secara teratur dapat mempengaruhi baik struktur dan fungsi otak pada anak. Dr John Rately menemukan bahwa ketika seorang anak aktif atau memainkan olahraga, otak memproduksi protein yang disebut BDNF (otak diturunkan faktor neurotropik). Protein ini membantu membangun koneksi saraf. Semakin kuat koneksi ini (yang terjadi dengan aktivitas fisik lanjutan) semakin mudah bagi seorang anak untuk belajar dan menyimpan informasi.

Membangun tulang & otot yang lebih kuat
Sementara kita semua tahu bahwa olahraga membantu membangun otot, kegiatan ini sangat penting bagi anak-anak. Ketika seorang anak memainkan olahraga tubuhnya menjadi lebih kuat, otot-otot menjadi lebih kencang, tulang lebih kuat dan lebih tahan terhadap stres dan tekanan dari kehidupan sehari-hari. Olahraga juga membantu tubuh anak yang sedang tumbuh menjadi lebih fleksibel dan karena itu mengalahkan penyakit umum seperti nyeri sendi di kemudian hari. Dokter mengatakan bahwa anak yang bermain olahraga atau aktif secara fisik memiliki sendi yang jauh lebih fleksibel dan karena itu kecil kemungkinannya untuk menurunkan di kemudian hari alasan umum untuk tulang dan gangguan sendi.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Berolahraga Membuat Anak Lebih Aktif & Cerdas "

No comments:

Post a Comment