Meredakan Sakit Akibat Sengatan Lebah

Meredakan Sakit Akibat Sengatan Lebah - Apakah Anda pernah disengat lebah? bagaimana rasanya pasti sangat menyakitkan, setidaknya akan terasa sakit selama beberapa jam sampai efeknya mereda bahkan untuk sengatan lebah tertentu efek sakitnya bisa berhari hari. Penyebab utama di balik rasa sakit dan pembengkakan akibat sengatan lebah adalah protein dalam racun, yang mempengaruhi sel-sel kulit serta sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang alergi terhadap sengatan lebah, maka mungkin menciptakan masalah serius bagi sistem kekebalan tubuh.

Dalam kasus ringan dapat menyebabkan

  • Rasa sakit dan nyeri serta terasa terbakar di area sengatan
  • Membuat ruam merah dan pedih di area sengatan
  • Menyebabkan titik putih kecil, di mana sengatan lebah berada dan rasanya menyakitkan
  • Pembengkakan di sekitar area sengatan

Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan

  • Kemerahan yang ekstrim
  • Pembengkakan dapat meningkatkan dalam beberapa hari ke depan

Jika seseorang alergi yang disengat lebah maka akan terjadi penyebab yang lebih parah lagi seperti

  • Sesak napas, kesulitan bernapas
  • Menimbulkan rasa gatal di bagian lain di tubuh
  • Pembengkakan di tenggorokan atau lidah
  • Mual atau muntah
  • Pusing
  • Pingsan

Meredakan Sakit Akibat Sengatan Lebah

Cara Mengatasi/ Mengobati Sengatan Lebah
Nah ada bebarapa cara untuk mengatasi sengatan lebah dan dapat mencegah pembengkakan atau masalah lain yang mungkin bisa timbul akibat sengatan lebah ini. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh sengatan lebah tergantung jenis lebah, banyaknya kadar protein dalam sengatan lebah serta area tubuh yang terkena sengatan. Berikut cara yang efektif untuk mengatasi rasa sakit, pembengkakan ataupun masalah lain yang mungkin timbul akibat sengatan lebah.

Minyak esensial Lavender
Anda dapat megoleskan minyak esensial lavender ke area sengatan karena dengan cepat memberikan rasa reda akibat sengatan dengan menetralkan efek racun.

Bawang Merah
Anda juga dapat menerapkan bawang merah dengan cara menggosokkan bawang merah yang dipotong pada area sengatan lebah.

Kentang
Taruh sepotong kentang mentah dan digosok secara lembut di daerah sengatan untuk meredakan rasa panas dan pembengkakan di area sengatan.

Aloe Vera
Oleskan gel lidah buaya yang masih segar untuk menenangkan dari rasa sakit dan peradangan, yang disebabkan oleh sengatan lebah madu.

Daun Peterseli
Hancurkan beberapa daun peterseli segar pada daerah yang terkena untuk menyembuhkan sengatan lebah.

Pepaya
Oleskan getah pepaya muda atau segar di daerah yang disengat maupun digigit lebah, untuk mendinginkan dan meredakan dari efek gejala.

Daun Kemangi
Ambil beberapa daun kemangi segar dan haluskan. oleska pada daerah sengatan.

Cuka Sari Apel
Oleskan cuka sari apel pada daerah yang terkena dengan menggunakan kapas. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan gatal, disebabkan karena sengatan lebah.

Sabun
Segera setelah Anda digigit atau disengat oleh lebah, cucilah area seluruhnya dengan sabun lembut dan air untuk mengurangi efeknya.

Es
Bungkus es batu dalam saputangan, dan letakkan di area sengatan setidaknya selama 20 menit. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan meredakan dari peradangan, disebabkan karena sengatan lebah.

Pasta gigi
Oleskan pasta gigi pada daerah sengatan. Ini akan mendinginkan daerah sengatan, yang akan memberikan rasa nyaman dari rasa sakit terbakar.

Madu
Madu bekerja sebagai penyembuh alami dan meredakan dari rasa sakit, disebabkan karena sengatan lebah. Menutupi area dengan madu untuk merawat luka atau peradangan yang diakibatkan oleh sengatan lebah.

Bawang Putih
Untuk mencegah dari rasa sakit dan pembengkakan disebabkan karena sengatan lebah, oleskan bawang putih pada daerah sengatan.

Tembakau
Oleskan daun tembakau pada area sengatan. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sengatan lebah.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Meredakan Sakit Akibat Sengatan Lebah "

No comments:

Post a Comment