Tips Perawatan Rambut Berminyak

Tips Perawatan Rambut Berminyak - Rambut berminyak atau rambut lepek adalah masalah umum yang biasa dihadpi oleh sejumlah orang. Rambut berminyak disebakan oleh kelenjar (sebaceous) lebih aktif sehingga menghasilkan minyak berlebih di kulit kepala. Sebenarnya minyak pada rambut memiliki kegunaan yang sangat penting yaitu melindungi rambut dari ganggual radikal eksternal seperti debu, paparan sinar matahari langsung dan menjaga kelembapan rambut.

Tetapi jika minyak yang dihasilkan berlebih sering menimbulkan berbagai masalah lain seperti menyebabkan jerawat baik di wajah maupun kulit kepala, menyebabkan kulit kepala gatal, rasa tidak nyaman pada rambut, kerontokan rambut dan hal lain. Kalau kemarin saya sudah mempublikasikan cara merawat rambut kering, kali ini saya akan share cara alami merawat rambut berminyak. Berikut adalah tips merawat rambut berminyak yang berguna untuk mencegah timbulnya minyak berlebih pada kulit kepala anda.

Tips Perawatan Rambut Berminyak

Perawatan Rambut Berminyak
  • Rambut berminyak perlu sering keramas untuk menghindari rasa gatal dikulit kepala jadi hindari menggunakan shampoo kimia yang keras yang berpotensi merusak rambut. Gunakan sampo ringan atau sampo bayi untuk mencuci rambut berminyak Anda. Shampoo yang memiliki kandungan Lemon akan bekerja lebih bagus untuk rambut berminyak.
  • Bilas rambut Anda dengan air dingin karena ini akan membantu memperlambat produksi sebum yang menyebabkan minyak berlebih di kulit kepala.
  • Menyisir secara benar dan lembut karena menyisir rambut yang salah dapat merangsang kelenjar minyak yang aktif.
  • Hindari kondisioner krim dan gel. Jika Anda perlu untuk kondisi rambut Anda, pilih kondisioner ringan dan menerapkannya pada rambut, akan lebih baik untuk membuat kondisioner alami untuk rambut anda, selain murah kondisioner alami juga mampu menutrisi kulit kepala dan folikel rambut. Gunakan produk atau shampoo yang cocok untuk rambut berminyak.
  • Bersihkan sisir setiap kali anda menyisir rambut dalam keadaan berminyak.
  • Hindari makanan yang berminyak seperti gorengan dalam konsumsi makanan Anda dan perbanyak konsumsi buah-buahan segar, sayuran, sereal. Juga minum cukup air untuk menstabilkan sistem peredaran darah di kulit kepala anda. Minum banyak air putih setidaknya 7-8 gelas perhari.

Cara Mengatasi rambut berminyak

Lemon
Peras jus dari 1 jeruk lemon dalam segelas air dan menggunakannya sebagai bilasan akhir setiap kali anda keramas untuk rambut berminyak.

Teh
Rebus daun teh dalam air yang cukup, biarkan hingga dingin, kemudian gunakan cairan yang sebagai bilasan pada rambut anda.

Bunga Kembang Sepatu
Bunga kembang sepatu merupakan daun kondisioner alami yang baik untuk rambut. Anda dapat menggiling 2-3 daun atau bunga dan menggunakan jus bersama dengan sampo herbal Anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Perawatan Rambut Berminyak "

No comments:

Post a Comment