18 Perawatan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Perawatan bayi - Bagi anda ibu muda yang baru saja memiliki buah hati pertama anda pasti belum memiliki banyak pengalaman bagaimana merawat bayi anda dengan benar. Kelahiran pertama buah hati tentunya membuat dunia anda lebih berwarna dan membawa kebahagian dalam keluarga anda. Berikut tips dasar perawatan bayi anda yang perlu anda ketahui, agar bayi anda selalu merasakan keamanan, kenyamanan dan tentu nya kondisi bayi anda selalu sehat. Dengan mengetahui tips ini anda akan mengetahui dan memiliki pengalaman untuk bayi anda selanjutnya, berikut beberapa tipsnya.

cara merawat bayi

Perawatan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Pastikan kebersihan diri
Pastikan Anda selalu mencuci tangan Anda atau membersihkan diri anda dan mengenakan pakaian bersih sebelum Anda menggendong bayi Anda untuk menghindari infeksi dan alergi yang bisa disebabkan karena faktor kurangnya kebersihan.

Gendong bayi anda dengan tepat
Ketika Anda memegang bayi Anda, kepalanya harus dalam posisi nyaman pada lekukan lengan Anda dengan tangan Anda mendukung tulang belakang bayi Anda. Gunakan tangan Anda yang lain untuk menyuapi, menepuk pipi bayi Anda, atau hanya mengelusnya di atas dada atau perut lembutnya.

Jangan mengguncang bayi Anda
Yang perlu anda ketahui bahwa goyangan keras maupun getaran yang cukup keras pada bayi Anda dapat menyebabkan cedera otak karena kondisi dan posisi otak bayi anda masih sangat rawan? Apakah Anda mencoba untuk membuatnya tidur atau hanya menghiburnya, jangan sampai goyangan maupun goncangan dapat menyebabkan cidera pada bayi anda.

Jangan terlalu kasar
Ingat bayi Anda tidak dan belum siap untuk bermain tangguh. Jadi semua hal yang anda lakukan kepada bayi anda haruslah dengan lembut karena kondisi bayi anda masih sangat rawan cidera, menggoyangkan bayi pada lutut Anda tidak dianjurkan.

Berikan kontak sentuhan lebih sering
Ketahuilah bahwa bayi Anda memerlukan waktu untuk transisi dari rahim ke dunia. Untuk membuatnya lebih mudah berikan dia cukup kontak kulit ke kulit, ini akan membantunya merasakan kehangatan dan lebih dekat secara emosional dengan ibunya dengan menempelkan kepalanya di dada anda. Detak jantung Anda adalah satu-satunya hal yang ia dengar ketika di rahim, sehingga memegang bayi Anda dekat di jantung Anda akan memberikan cukup kontak yang bisa membuat dia merasa lebih aman dan rileks .

Berbicara dengan bayi Anda lebih sering
Berbicara dengan bayi Anda memiliki sejumlah manfaat yang sangat besar. Salah satunya adalah bahwa hal itu membantu dalam perkembangan otak bayi dan membantu bayi Anda mengambil kata-kata lebih cepat. Ingin tahu lebih banyak, juga membantu untuk obligasi baik dengan bayi Anda. Tindakan sederhana ini dapat membantu Anda melawan baby blues juga.

Periksa popok
Lakukan ini sering. Periksa popok setiap empat jam atau lebih. Bayi yang sehat akan buang air kecil sangat sering. Menjaga bayi Anda dengan popok kotor atau basah karena air kencingnya dapat menyebabkan ruam maupun iritasi pada kulit buah hati anda.

Menyusui bayi anda
Air susu ibu merupakan nutrisi yang sangat tepat bagi bayi, hal itu akan memberikan nutrisi yang cukup buat bayi anda dan perlu ketahui bahwa air susu ibi juga mampu memberikan sistem imun kepada buah hati anda, selain manfaat medis tersebut seorang ibu yang menyusui ibunya juga mempengaruhi kedekatan buah hati anda,  Hanya ada dua hal yang bayi Anda akan perlu selama hari-hari awal nya menyusui dengan tepat dan cukup tidur. Sekarang tidur akan menjadi rumit karena meskipun bayi Anda seharusnya tidur selama 16 sampai 20 jam sehari, dia tidak mungkin melakukan semua tidur dengan nyaman. Bayi Anda akan menangis untuk setiap dua jam atau kurang karena lapar. Bersiaplah untuk menawarkan ASI buat bayi anda. Jika Anda menyusui bayi Anda menggendong bayi yang tepat dan memastikan bahwa dia memiliki cukup areola dalam mulutnya untuk menghindari asupan udara.

Jika Anda memilih untuk susu formula, gunakan air matang dalam termos dan menyiapkan makanan segar setiap kali Anda perlu memberinya makan, jangan gunakan makanan sisa tadi walaupun hanya baru setengah jam. Buang setiap jumlah sisa. Jika bayi Anda melewatkan makan dan telah tidur selama lebih dari lima jam tanpa henti, membangunkannya untuk memberinya makanan baik susu ibunya atau susu formula. Jika bayi Anda menolak menyusu atau makan, bermainlah, berpelukan dan bernyanyi lagu pengantar tidur dan kemudian coba lagi nanti.

Mensterilkan botol dan pompa teratur payudara
Cuci dan sterilkan botol susu setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama dengan bagian-bagian dari pompa payudara Anda yang dapat disterilkan. Jangan lupa dot. Jika mungkin mencuci mereka secara menyeluruh sebelum memberikannya kepada buah hati anda.

Pastikan perawatan tali pusar yang tepat
Bagian dari tali pusat bayi yang baru lahir Anda akan melekat padanya selama setidaknya 10 hari atau sampai tiga minggu setelah melahirkan. Ini adalah daerah yang sensitif bagi bayi Anda dan itu penting untuk merawat itu. Terapkan bubuk obat yang diresepkan oleh dokter Anda untuk menjaga daerah tetap kering dan membantu menyembuhkan lebih cepat. Membuat bayi Anda memakai pakaian longgar untuk menghindari tekanan pada daerah itu. Setelah mengering dan lanjutkan rutinitas perawatan Anda sampai daerah sembuh sepenuhnya.

Memandikan bayi
Setelah tali pusat pada buah hati kering sembuh dan mengering gunakan spons mandi untuk mandi normal. Hati-hati saat menangani bayi saat mandi. Melakukannya dengan benar untuk mandi bayi yang tepat.

Bersendawa bayi
Lakukan ini setelah memberinya makan. Pegang bayi Anda tegak dengan dagu menempel di bahu Anda dan dengan lembut menepuk punggungnya. Pindahkan tangan Anda dari punggung bawahnya ke punggung atas. Jika dia mengambil di udara selama menyusu kemungkinan bahwa sistem itu akan bebas setelah bersendawa. Ini akan menyelamatkan dia dari gejala kolik, membantunya tidur lebih baik dan membantu pencernaan.

Letakkan bayi Anda untuk tidur di tempat tidur bayi
Banyak ahli menyarankan agar bayi tidur nyaman untuk menghindari SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. Pastikan ada tempat yang cukup nyaman untuk bayi Anda untuk tidur. Tempat tidur yang tepat bagi bayi anda adalah di sebelah tempat tidur Anda sehingga Anda dapat hadir untuk kebutuhan nya dengan cepat bahkan di tengah malam.

Bersihkan kamar bayi Anda sering
Jaga kamar bayi Anda bersih dan pastikan Anda tetap membawa keluar bayi anda dari ruangan saat dibersihkan. Hal ini untuk menghindarkan bayi anda dari infeksi udara dan alergen.

Pakaian bayi yang tepat
Usahakan pakaian bayi yang berbahan katun yang halus dan cocok buat kulit bayi anda yang sensitif. Katun adalah pilihan terbaik untuk bayi yang baru lahir karena menjaga kulit halus mereka secara aman dan mampu menyerap air.

Selalu menenangkan bayi saat menangis
Ada mitos yang membuat bayi menangis baik untuk paru-parunya. Meskipun menangis juga dianggap sebagai fenomena fisiologis penting tetapi itu tidak bijaksana untuk mendiamkan bayi Anda saat menangis. Hal ini bisa mengakibatkan tekanan psikologis. Bahkan ingat menangis adalah cara dia memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah dengan dia. Perhatikan tanda-tanda erat untuk memastikan Anda dapat hadir untuk kebutuhan nya.

Jangan pernah meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan
Apakah Anda tahu bahwa bayi Anda dapat berguling bahkan saat berumur dua bulan? Anda mungkin tidak pernah tahu kapan bayi Anda bergerak dan seberapa cepat tanpa pengawasan dari anda. Jangan meninggalkannya tanpa pengawasan di tempat tidur, di kamar mandi atau bahkan tidur untuk menghindari cidera atau hal hal yang tidak diinginkan.

Konsultasikan ke dokter Anda ketika membutuhkan
Demam, diare, muntah apa pun bisa mempengaruhi si kecil Anda kapan saja. Jangan pernah mencoba untuk mengobati sendiri tanpa saran atau petunjuk dari dokter yang ahli. Kunjungi dokter anak Anda secara teratur.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "18 Perawatan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui "

No comments:

Post a Comment