8 Tips Menidurkan Bayi Yang Sulit Tidur

Bayi sulit tidur - Bayi yang baru lahir memiliki waktu tidur hingga 16 sampai 20 jam sehari dan belum bisa membedakan antara siang dan malam. Seorang bayi prematur memiliki waktu tidur yang lebih lama antara 20 hingga 22 jam. Bayi normal memiliki siklus tidur 40 menit dan menghabiskan sebagian besar tidur REM atau Rapid Eye Movement. Dalam tidur REM bayi akan menyedot, meringis, tersenyum dan sesekali kedutan jari tangan dan kaki mereka. Mereka bangun setiap 3 sampai 5 jam sekali untuk makan. Siklus ini juga terus terjadi di malam hari.

Tidur malam yang baik merupakan hal yang sangat penting tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi untuk anak-anak juga, sebagaian besar ahli menyarankan bahwa perkembangan otak yang penting terjadi ketika bayi Anda tidur. Menurut pakar tidur bayi, Jo Tantum, bayi tidak hanya tidur sepanjang malam sehingga perlu untuk mengurus beberapa hal di malam hari agar bayi Anda dapat memiliki kesegaran di pagi hari saat mereka bangun tidur, menurut femalefirst.co.uk. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk membuat bayi Anda mudah tertidur:

cara menidurkan bayi yang kesulitan tidur

8 Tips Menidurkan Bayi Yang Sulit Tidur

Mengatur suasana lingkungan tidur bayi
Cobalah untuk mengatur ruang tidur bayi yang sesuai untuk tidur seperti memastikan bahwa lampu dimatikan atau redup dan bahwa ruangan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Menciptakan lingkungan yang tenang akan membantu bayi memahami ketika saatnya untuk tidur.

Rutinitas
Rutin dan teratur akan membantu si kecil Anda untuk mengetahui kapan waktu malam. Dengan melakukan hal yang sama sebelum tidur seperti memandikan bayi Anda sebelum tidur, memeluk bayi anda, menggendongnya sebagai pengantar tidur, dan mengganti dengan popok baru ang bersih, bayi Anda akan mulai mengasosiasikan kegiatan ini dengan tidur.

Terjadwal
Seperti membangun rutinitas tidur pada bayi anda, siklus harian juga penting. Dengan memiliki 'waktu aktif' dan 'waktu tenang' bayi Anda akan menjadi akrab dengan ketika saatnya untuk bermain dan bila waktunya untuk tidur.

Bedakan antara siang dan malam
Pastikan bahwa lingkungan bayi Anda berbeda antara siang dan malam agar si kecil memahami bahwa cahaya berarti sudah waktunya untuk bermain dan gelap itu adalah waktu untuk tidur. Juga mencoba untuk menjadi lebih tenang dan mengajak bayi anda tidur bila waktu malam sehingga si kecil mengerti bahwa itu bukan waktunya bermain.

Memeluk bayi anda
Jika bayi Anda mengalami masalah tidur, coba anda menemaninya tidur dengan memeluk buah hati anda. Pelukan membuat bayi merasa aman dan hangat meringkuk ke pelukan orangtuanya dan membantu menidurkan bayi anda saat malam.

Membedung bayi Anda
Untuk meniru perasaan saat masih rahim, ada baiknya jika Anda membedung bayi Anda. Bungkus dia dalam selimut atau kain hangat untuk membantu meletakkan bayi Anda tidur. Tapi jangan mengikat terlalu erat dan gunakan kain yang halus.

Hindari gangguan
Tepat sebelum Anda berencana untuk menempatkan bayi Anda tidur, mencoba dan menghindari gangguan seperti mainan musik, ponsel, game, televisi atau bahkan kehadiran tamu. Semua ini dapat mengganggu tidur malam yang baik dengan menunda tidur atau dengan menjaga bayi Anda aktif dan menolak untuk pergi ke tempat tidur.

Menenangkan bayi menangis
Jika bayi Anda terbangun di tengah malam menangis, cobalah untuk mencari penyebabnya dan membantu untuk menenangkan bayi Anda tidur. Apakah itu karena kelaparan, atau mengompol, menangis karena masalah lain.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "8 Tips Menidurkan Bayi Yang Sulit Tidur "

No comments:

Post a Comment