Beberapa Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan - Banyak pro dan kontra tentang manfaat kopi bagi kesehatan. Ada beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan meminum kopi banyak manfaat kesehatan yang didapat namun ada juga beberapa penelitian menghubungkan kopi dengan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, insomnia dan penyakit jantung. Lalu yang benar bagaimana? Semuanya memang benar kafein dalam kopi memang berguna bagi kesehatan namun kafein juga memiliki efek buruk bagi kesehatan jika berlebihan. Nah disini kata kunci dari konsumsi kopi yang benar yaitu "dosis". Menurut banyak penelitian tentang kandungan nutrisi dalam kopi menyebutkan bahwa meminum kopi setidaknya 2 gelas atau maksimal dua gelas perhari sangat bermanfaat bagi kesehetan, namun jika bagi para pecandu kopi atau meminum kopi lebih dari 5 gelas perhari memiliki resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi dan gangguan tidur atau insomnia.

Tetapi beberapa penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa zat aditif yang berbahaya bagi kesehatan tidak ditemukan dalam kopi namun demikian memiliki zat kafein yang bisa mengganggu masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, minum dalam jumlah sedang kopi bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan termasuk:

Beberapa Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Meningkatkan Fokus
Salah satu satu manfaat kafein dalam kopi yang paling populer adalah kemampuannya menghilangkan rasa kantuk. Mekanisme ini mencegah adenosine yaitu senyawa kimia alami yang menyebabkan kantuk dan mengikat ke reseptor khusus pada neuron (sel-sel otak). Dengan demikian anda akan kehilangan rasa kantuk anda. Kafein juga mampu mengubah suasana hati Anda secara keseluruhan dan memompa adrenalin Anda sehingga semua organ tubuh anda terjaga sehingga kefokusan anda tetap terjaga. Baca juga tips mengatasi insomnia.

Menghambat Peradangan
Polifenol merupakan antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah-buahan, dan minuman nabati seperti teh, jus dan anggur merah yang juga lazim dapat ditemukan dalam kopi. Polifenol berguna untuk membantu dalam pencegahan osteoporosis, kanker, antiaging dan penyakit jantung. Polifenol dalam kopi juga dapat membantu mengurangi peradangan dua bidang utama otak yaitu korteks dan hipokampus. Baca juga 14 jenis makanan antiaging.

Mencegah penyakit Alzheimer
Kopi bahkan dapat memberikan efek erlindungan terhadap penyakit Alzheimer yang merupakan penyakit yang menyerang otak, bahkan menurut penelitian baru ini dipresentasikan pada Konferensi Tahunan Penyakit Alzheimer 2014 di Eropa. Orang dewasa yang secara konsisten menikmati 3-5 cangkir per hari terjadi penurunan 20 persen risiko terkena penyakit Alzheimer. Dengan kandungan polifenol dalam kafein kopi membantu mengurangi peradangan, kafein membantu otak dengan memperlambat pembentukan plak amiloid beta dan tautangles, dua komponen yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Otak lebih tajam
Sekelompok peneliti dari National Institute on Aging menemukan bahwa pria dan wanita usia 70 dan lebih tua terbukti lebih baik pada tes fungsi mental ketika mereka mengonsumsi kafein. Pada intinya membuat otak lebih tajam bahkan sampai usia lanjut, namun penelitian tersebut belum benar benar dipublikasikan, tidak ada cara yang pasti untuk benar-benar melindungi otak dari efek penuaan dan penyakit kronis. Namun, diet seimbang, dipasangkan dengan dua cangkir kopi dapat membantu pikiran Anda lebih fokus dan tajam untuk kesehatan yang optimal dalam jangka panjang.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Beberapa Manfaat Kopi Untuk Kesehatan "

No comments:

Post a Comment