Cinta Atau Sekedar Nafsu, Ketahui Hal Itu?

Cinta Atau Sekedar Nafsu? - Kita semua ingin merasakan mencintai dan dicintai dan hal itu merupakan hal yang alami pada manusia karena hakikatnya setiap manusia itu mahluk sosial. Beberapa dari kita mungkin sudah memiliki seseorang yang tepat namun banyak dari kita yang masih mencari atau menanti seseorang yang tepat. Namun pertanyaannya adalah bagaimana Anda tahu apakah orang yang anda sayang benar-benar cinta atau hanya nafsu?

Kadang-kadang hati dan pikiran kita begitu sulit menjawab pertanyaan itu apalagi membedakannya. Kata beberapa orang cinta dan nafsu itu saling berkaitan dan sulit dipisahkan, apakah benar begitu? Terlepas benar atau tidak hal tersebut, penting bagi kita untuk berhati-hati untuk memilih pasangan yang tepat dengan mengamati tindakannya sebagai rasa cinta atau hanya sekedar nafsu karena kita semua tidak menginginkan sakit atau patah hati. Terutama jika Anda membiarkan diri Anda untuk jatuh cinta dengan orang yang salah apalagi anda menginginkan cinta yang serius dan berkomitmen.

Cinta Atau Sekedar Nafsu, Ketahui Hal Itu?

Perbedaan Cinta & Nafsu
Sebelum anda mengetahui perbedaan apa itu cinta dan nafsu hal pertama yang penting untuk anda ketahui adalah definisi atau pengertian dari cinta dan nafsu. Seperti dikutip dari pshychologytoday.com berikut adalah definisi dari cinta dan nafsu:

Cinta
Cinta merupakan suatu rasa atau perasaan kasih sayang yang intens tanpa mengharapkan suatu imbalan, sesuatu yang ikhlas dalam memberi dan menerima hal hal yang berkaitan dengan rasa suka, kedekatan, kasih sayang secara intens dan kuat. Cinta sejati merupakan bentuk ikatan emosional yang kuat, mampu menerima kelebihan kekurangan atau ketidak sempurnaan dan biasanya merupakan hubungan yang awet.

Nafsu
Nafsu merupakan bentuk kesadaran yang terpogram dari sebuah hasrat atau dorongan seksual yang sangat kuat. Nafsu biasanya hanya menggambarkan tentang keindahan fisik dan dorongan seksual dan biasanya hubungan seperti ini tidak bisa berlangsung lama.

Seperti mengutip dari sebuah buku tentang psikologi ada kutipan yang sangat menarik yaitu  "nafsu diperlukan untuk cinta, cinta tidak diperlukan untuk nafsu." Hal ini sebenarnya cukup bisa meyakinkan anda hal mendasar yang membedakan cinta & nafsu dilihat dari kutipan kata diatas yaitu kadang nafsu diperlukan dalam cinta yang serius & berkomitmen (baca pernikahan) untuk mendekatkan dan menguatkan ikatan emosional dan berkembang biak (mempunyai buah hati). Berbeda dengan nafsu yang bisa dilakukan tanpa ikatan cinta, kepada siapapun, dimanapun, dalam keadaan apapun karena nafsu hanyalah sekedar dorongan untuk melakukan aktifitas seksual.

Hal ini dapat berkontribusi untuk tingkat perceraian yang semakin tinggi akhir akhir ini. Anda harus berhati-hati untuk tidak membiarkan nafsu mendominasi hubungan ketika cinta benar-benar menjadi kekuatan pendorong untuk hubungan yang indah. Untuk jatuh cinta kepada orang yang tepat, Anda harus bersedia menerima orang itu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mengenal mereka secara penuh dan melihat siapa mereka sesungguhnya. Anda belajar dari masa lalu mereka dan berbicara tentang aspirasi mereka untuk masa depan. Jika bersama-sama bisa dilakukan, dan merasa ada saling kecocokan dan benar-benar dapat memvisualisasikan hidup Anda bersama-sama, Anda mungkin akan menemukan jatuh cinta kepada orang yang tepat.

Perbedaan Cinta Dan Nafsu
Berikut adalah beberapa contoh tentang perbedaan antara cinta dan nafsu secara umum:

  • Orang yang benar benar mencintai anda akan menghargai dan menerima kekurangan anda apapun kelebihan maupun kekurangan anda, sedang orang yang hanya nafsu dengan anda akan menerima segala kelebihan pada anda terutama hal fisik dan tidak menerima kekurangan anda.
  • Orang yang benar benar mencintai anda akan banyak menghabiskan waktu dengan anda dengan berkomunikasi yang intens,orang yang hanya bernafsu dengan anda akan banyak meghabiskan banyak waktui dengan anda ddalam bentuk bermesraan.
  • Seseorang yang benar benar mencintai anda akan bersemangat membicarakan hubungan kalian, memecahkan masalah kalian dan hal lain tentang kalian berdua, orang yang hanya memiliki nafsu dengan anda akan lebih banyak diam ketika anda ajak bicara tentang hubungan kalian namun akan bersemangat jika berbicara soal yang terkait dengan aktifitas seksual.
  • Orang yang benar benar mencintai anda akan bersemangat jika anda ajak menemui keluarga, teman teman anda...orang ang hanya bernafsu dengan anda hanya mau bepergian berdua apalagi mengunjungi tempat tempat yang sepi.
  • Orang yang benar benar mencintai anda lebih banyak berbicara tentang logika, orang yang bernafsu biasanya lebih banyak berbicara tentang fantasi.
  • Orang yang benar benar mencintai anda akan lebih memotivasi anda untuk hal yang lebih baik seperti memperingatkan anda jika anda salah, mengingatkan anda jika anda berbohong dll... orang yang bernafsu dengan anda biasanya tidak peduli apapun aktifitas anda selama hal itu menyenangkan mereka.
  • Orang yang benar mencintai anda tidak akan mengomentari apapun yang anda pakai selama hal itu tidak aneh dan terlihat rapi, orang yang bernafsu biasanya akan mengomentari apa yag anda pakai baik pakaian, aksesoris maupun apapun.
  • Orang yang benar mencintai anda tidak berhenti memikirkan anda dan selalu memberikan perhatian. orang yang bernafsu hanya memberikan pehatian jika ada didekat anda.
  • Orang yang benar mencintai anda tetap akan memujimu cantik walaupun anda berkeringat, tanpa make up atau kotor, orang yang bernafsu mengatakan anda hot atau seksi.
  • Orang yang benar mencintaimu selalu mengagumi anda bagaimanapun keadaan anda, orang yang bernafsu hanya mengagumi anda ketika anda tampil cantik atau seksi.
  • Orang yang benar mencintaimu akan membuat anda merasa lebih baik dan dapat membantu Anda melakukannya, orang yang bernafsu akan membuat anda merasa anda cantik atau hot maupun seksi (walaupun kenyataannya tidak).
  • Saat anda sudah menikah orang yang benar mencintaimu akan tetap memelukmu erat walaupun anda baru saja berhubungan intim, orang yang bernafsu akan segera mandi dan pergi bekerja tanpa mengatakan sesuatu.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cinta Atau Sekedar Nafsu, Ketahui Hal Itu? "

No comments:

Post a Comment