Tips Agar Lebih Kuat Menjalani Kerasnya Hidup

Menjalani hidup - Kita harus menyadari bahwa kehidupan aliran air, kadang hidup kita tenang, kadang bergejolak deras kita tidak bisa menghindari setiap masalah yang datang dalam hidup kita. Sebagai manusia biasa kita hanya bisa berharap agar kehidupan berjalan lancar namun seringkali apa yang kita harapkan berbeda jauh dengan apa yang kita bayangkan. Terkadang kita berada dititik dimana seakan beban berat menghimpit tubuh kita bahkan untuk sekedar bergerak saja sangat sulit.

Nah kali ini say akan share bagaimana tips supaya anda tetap kuat dan bersabar menghadapi gejolak hidup yang kadang membuat kita tertekan. Tips yang akan menguatkan anda ketika hidup berjalan tidak seperti yang anda bayangkan.

kuat menjalani hidup

Tips Agar Lebih Kuat Menjalani Kerasnya Hidup

Positive Thinking
Percayaah bahwa hal hal yang membuat kamu lebih kuat dalam mengarungi hidup adalah kesulitan, hambatan, bahkan masalah yang akan membentuk anda menjadi lebih kuat atau bahkan bisa menjatuhkan anda kedalam jurang penderitaan. Setiap pengalaman hidup yang bisa secara positif anda selesaikan hal itu akan membuat anda semakin kuat menghadapi masalah yang serupa, namun bagi mereka yang sibuk menyalahkan diri atas kegagalan yang mereka terima dan bukannya untuk mencari solusi bagaimana memecahklan keadaan tersebut tentu saja masalah akan membuat mereka terjatuh. Rasa sakit dan kekecewaan akan membuat hidupmu lebih istimewa. Coba anda bayangakan jika hidupmu lurus-lurus saja? Dari rasa sakit kamu akan mengerti indahnya keberhasilan yang sedang kamu usahakan. Kamu mulai bisa becermin dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang membuat rencana hidupmu berantakan.

Hal itu memang mudah diucapkan tapi memang hal yang sangat sulit untuk melakukannya bukan? Namun percayalah walaupun sulit, tetaplah optimis dan berpikiran positif. Ingatlah selalu ada alasan dari setiap kejadian yang terjadi padamu, dalam hal ini percayalah bahwa rasa sakit dan rasa kecewamu adalah tahapan hidup yang akan mendewasakanmu. Segala hambatan, rintangan, masalah akan membuatmu semakin dewasa bagi anda yang mau belajar dari kegagalan dan selalu berpikiran positif.

Jika ada gelap pasti akan ada terang
Yah ungkapan itu memang benar adanya, kehidupan itu akan selalu seperti roda yang berputar (bukan roda yang berhenti lho hehehe...) kadang kita berada di puncak keberhasilan namun terkadang kita juga pernah berada di jurang kegagalan. Tak peduli betapa deras, hujan akan selalu berhenti. Setiap tetes air mata dan luka akan mengering. Dan selama kamu masih menyadari ada matahari yang selalu terbit dan terbenam setiap harinya, di satu waktu kamu akan sembuh dan menemukan bahwa hidupmu masih baik-baik saja. Jika saat ini kamu merasa hidupmu sulit dan seluruh dunia menertawakanmu, maka tegarlah. Semua itu hanyalah fase hidup yang akan terlewati seiring dengan waktu. Karena kamu harus ingat bahwa yang tidak pernah berubah dari hidup kita adalah perubahan itu sendiri.

Berhenti mengeluh dan menyalahkan diri sendiri
Dengan mengeluh dan menyalahkan diri sendiri hanya akan menguras energimu untuk melakukan hal yang lebih baik. Coba anda bayangakan apa yang mungkn bisa anda dapat jika hanya dengan berkeluh kesah, bersedih meratapi diri dsb. Perlu anda ingat masalah tidak akan pernah selesai jika anda hanya meratapi atau menyalahkan diri anda sendiri bahkan sampai keluar air mata darah sekalipun masalah tetap tidak akan bisa anda selesaikan tanpa anda berusaha. Tak perlu membuang waktumu dengan berkeluh kesah. Itu tidak akan membuat hidupmu bertambah baik. Justru kamu akan kehilangan kesempatan untuk menikmati kehidupan. Kalau kamu kehilangan mimpi, itu bukan berarti akhir dari hidupmu. Bangun dan carilah mimpi yang baru.

Berubah dan belajarlah dari masa lalu dan bukan menyesalinya. Jangan biarkan gelapnya masa lalu, meredupkan cerahnya masa depan yang menantimu. Berhentilah mempertaruhkan masa depanmu dengan meratapi hal yang telah berlalu. Jika anda memiliki kesalahan belajarlah dari kesalahan tersebut dan mencoba bangkit dari keterpurukan anda dengan hal hal yang positif bukannya meratapi diri sendiri.

Jadikan pelajaran hidup
semua orang sukses didunia ini adalah mereka yang bisa belajar dari kesalahan yang pernah dibuatnya. Mereka akan menjadikannya sebagai cambukan untuk berbuat yang lebih baik lagi. Tidak ada seorangpun didunia ini bisa menghindar dari masalah ketika masalah itu datang kepadanya. Halangan, musibah, maupun kejadian tak terduga yang terjadi di luar rencanamu itu adalah sebuah tantangan yang ingin menguji sejauh mana kekuatan dan ketegaranmu. Apakah kamu bisa menghadapi masalah dengan baik, atau hanya akan meratapi atau menangisinya di pojok kamarmu. Buktikan kamu memang kuat dengan menyembuhkan luka dan rasa sakitmu hingga menjadi bekas luka yang bisa kamu tunjukkan pada dunia.

Orang itu dikatakan kuat, bukan karena dia tidak pernah jatuh atau gagal. Orang yang kuat adalah mereka yang akan selalu bangkit dan meneruskan kehidupan sekalipun hidup terus menekan dan memaksa mereka menyerah.

Sealalu menyadari bahwa anda lebih beruntung
Hal yang paling efektif untuk membuat anda mensyukuri nikmat Tuhan ini dan bisa membuat anda lebih kuat adalah menyadari bahwa anda masih diberi kelebihan yang mungkin orang lain tidak memilikinya. Cobalah anda bayangkan jika saat ini anda mengeluh karena gaji anda sedikit, bayangkan bagaimana orang lain yang menganggur yang hidup mati matian hanya untuk mendapatkan sekedar sesuap nasi, atau jika saat ini anda berpikir bahwa anda tidak memiliki sepatu baru bermerk seperti yang teman teman anda miliki, coba bayangkan keadaan orang lain yang memiliki cacat lahir pada kakinya, biarpun orang cacat ini super kaya tapi apa pernah terbesit dalam bayangan anda bahwa orang cacat ini kehilangan kesempatan untuk memakai sepatu karena ia tidak memiliki kaki. Lalu bagaimana dengan anda, apakah anda tetap akan meratapi hidup ini?

Jika di atas langit masih ada langit, maka tetap selalu ada orang lain yang lebih menderita daripada dirimu. Suatu waktu mampirlah ke panti asuhan dan lihatlah anak-anak di sana yang masih bisa tertawa walaupun mereka tidak memiliki kedua orang tua. Lihat sekelilingmu dan kamu pasti akan menemukan orang-orang yang memiliki nasib yang lebih buruk daripada nasibmu saat ini. Jika kamu punya rumah untuk pulang, kedua orang tua yang masih menanyakan kabarmu, atau secangkir kopi untuk mengawali hari, maka percayalah bahwa kamu jauh lebih beruntung daripada yang kamu kira.

Ikhlaskan
Merelakan hal yang telah hilang darimu memang terdengar simpel. Tapi hanya orang yang tidak bijak yang akan mengabaikan hal yang dimilikinya untuk sesuatu yang telah hilang darinya. Jadi daripada kamu menangisi apa yang telah hilang darimu, mending ikhlaskan saja dan lebih berfokus dengan apa yang saat ini kamu miliki. Jangan sampai kamu menyesal untuk kedua kalinya karena kamu kehilangan sesuatu yang sebenarnya bisa kamu jaga.

Teruskan hidup ini
Beberapa hal di dunia ini memang bisa kamu usahakan, tapi ada juga yang telah tertakdirkan dan tak akan bisa kamu ubah sekeras apapun usaha yang kamu lakukan. Hidup, mati, dan jodoh adalah beberapa hal yang telah ditetapkan dan digariskan sejak awal kamu menjalani hidup dan menjadi manusia.

Kamu tidak akan pernah menolak kematian yang datang padamu atau orang-orang terdekatmu, kamu tidak berhak mencabut hidup orang lain dan kamu tidak akan pernah bisa bersama dengan orang yang tidak tertakdirkan untukmu. Tak peduli berapa kuatnya kalian bertahan, pada akhirnya kalian akan tetap terpisahkan dan menjalani jalannya masing-masing. Move on dan terus menjalani hidupmu adalah jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan saat kehidupanmu tidak berjalan sesuai rencana. Jangan takut untuk kembali mencoba, tak perlu ragu untuk kembali jatuh cinta, bermimpi dan kembali menata kehidupanmu. Jangan biarkan kenyataan pahit dan kerasnya hidup menggelapkan dan mengeraskan hatimu.

Saat kamu merasa pintu kebahagiaan tertutup untukmu, temukan pintu kebahagian yang baru dengan membuka mata, telinga dan hatimu. Jangan pernah berhenti mencoba apa yang ingin kamu lakukan. Banyak jalan menuju titik tujuanmu sebenarnya. Jika sebuah jalan membuatmu tersesat, yang harus kamu lakukan hanya mencoba untuk mencari jalan lain, bukan malah tenggelam dan berputar-putar di jalan yang sama.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Agar Lebih Kuat Menjalani Kerasnya Hidup "

No comments:

Post a Comment