8 Keluhan Paling Umum Pada Wanita Hamil

Keluhan wanita hamil - Keluhan dimasa kehamilan memang wajar bagi seorang wanita. Semasa hamil, perubahan hormon dan perubahan bentuk badan bisa menyebabkan ketidaknyaman pada calon ibu. Untuk itulah mengapa dianjurkan bagi seorang wanita untuk selalu mengecek kondisi kesehatannya secara rutin dengan dokter terkait.

Jika keluhan keluhan tersebut wajar dan umum terjadi pada ibu hamil maka hal tersebut merupakan hal yang tidak perlu dirisaukan. Tetapi jika keluhan keluhan tersebut karena adanya faktor gangguan kesehatan maka perlu didiagnosis oleh dokter terkait agar ibu dan bayi yang dikandungnya aman tanpa masalah kesehatan dan dapat diketahui masalah kesehatan yang mungkin terjadi sejak awal. Apa saja keluhan yang paling umum dialami ibu hamil? Simak 8 keluhan dan solusinya!

keluhan yang dialami para wanita hamil

Keluhan Paling Umum Pada Wanita Hamil

Sakit pinggang dan punggung
Ini terjadi akibat Anda terlalu letih atau beraktivitas secara berlebihan. Ini adalah hal yang wajar semakin besar usia calon bayi yang anda kandung semakin besar efek tulang punggung dan pinggang menopang berat badan bayi yang mulai bertambah. Segera kurangi aktivitas dan jaga postur tubuh (tulang punggung selalu tegak dan jangan membungkuk).

Kelelahan
Seperti yang telah saya utarakan diatas bahwa semakin besar usia calon bayi yang anda kandung maka semakin besar kekuatan tulang punggung dan kaki anda menopang berat badan jabang bayi tersebut, dengan demikian secara alami anda akan mudah kelelahan tidak seperti saat anda belum mengandung. Faktor kelelahan ini akan semakin bertambah seiring usia kehamilan yang terus bertambah. Dan puncaknya terjadi di kehamilan trimester terakhir, sehingga Anda harus perhatikan kondisi tubuh dan sering-sering beristirahat, jangan mengerjakan aktifitas yang berlebihan demi kesehatan anda dan buah hati yang anda kandung. Rajin dan teratur cek kesehatan anda dan bayi yang anda kandung ke dokter kandungan terkait.

Berkunang-kunang
Faktor tubuh yang mudah kelelahan sehingga sangat umum terjadi bahwa wanita hamil lebih rentan terhadap anemia dimasa kehamilan dan tekanan darah rendah. Berkunang-kunang sering dialami ibu hamil yang tekanan darahnya cenderung rendah. Segera duduk dengan posisi kedua kaki diangkat atau berselonjor di atas tempat tidur, memperhatikan nutrisi yang anda konsumsi untuk mencegah anemia dimasa kehamilan dan selalu cek ke dokter untuk memeriksakan tekanan darah anda.

Bengkak
Bisa diatasi dengan menjaga diet (kurangi kopi dan teh, serta perbanyak minum air putih). Juga, beristirahatlah dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala (letakkan tumpukan bantal di bawah kaki).

Mual (meningkatnya asam lambung)
Mual dan serasa ingin muntah hal yang paling umum terjadi pada kehamilan. Perhatikan diet Anda (hindari makanan yang asam, pedas dan produk olahan susu) dan makan secukupnya (sedikit, namun sering).

Insomnia
Insomnia atau gejala kesulitan tidur paling umum terjadi dikeluhkan oleh sebagian besar ibu yang mengandung. Pijatan kehamilan sangat besar manfaatnya untuk menangani sulit tidur alias insomsia, sehingga anda merasakan nyaman dan rileks. Baca juga cara mengatasi insomnia dimasa kehamilan.

Kram kaki
Kram kaki merupakan keluhan yang wajar bagi ibu hamil, karena kaki menopang kekuatan berat badan ibu yang mengandung dan berat badan bayi yang dikandungnya. Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, olahan susu, salmon, atau sarden. Jika kram menyerang, duduklah dan luruskan kaki yang sakit. Tekuklah ujung-ujung jari kaki tersebut, lalu tariklah ke arah tubuh. Ulangi sampai kram hilang.

Morning sickness
Rasa mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan ini cukup mengganggu. Coba atasi dengan menambahkan parutan jahe di teh Anda, namun perlu diperhatikan agar anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "8 Keluhan Paling Umum Pada Wanita Hamil "

No comments:

Post a Comment