4 Tips Menguji Kualitas Lipstick

Hello cantik...Banyak sekali produk kosmetik yang merambah pasar domestik tidak hanya produk buatan dalam negeri namun banyak juga merk brand kosmetik ternama dunia masuki pangsa pasar. Dengan jumlah pengguna kosmetik yang semakin besar dari hari ke hari maka peluang besar untuk memperoleh keuntungan dari penjualan kosmetik ini semakin besar. namun ada juga segelintir orang yang tidak bertanggung jawab melakukan cara cara yang berbahaya dalam memperoleh keuntungan yang besar dari kosmetik ini yaitu dengan memalsukan bahan bahan kosmetik dengan merk brand ternama, sehingga modal yang dikeluarkan sedikit dan keuntungan besar diterima.

Anda semua pasti akhir akhir ini pasti banyak mendengar dari media tv atau online banyak sekali penggrebekan tempat tempat pembuatan kosmetik palsu. Tidak terkecuali untuk kosmetik jenis lipstick. Untuk membeli lipstik dan kosmetik lainnya, sangat dibutuhkaan kecermatan, karena saat ini banyak sekali  bahan berbahaya yang terkandung di dalam lipstik maupun kosmetik yang dipalsukan. yah gara gara iming iming penawaran harga lipstick yang murah namun kesehatan anda dipertaruhkan. Berikut ini beberapa cara menguji lkeaslian lipstick agar anda tidak salah dalam membelinya:

menguji keaslian lipstick
Img credit by commons.wikipedia.org

Tips Menguji Kualitas Lipstick

Oleskan pada kulit anda
Ya setiap lipstick yang beredar dipasaran tentunya harus melalui ijin dari BPOM maupun dari kementerian perdagangan. Selain itu lipstick yang asli telah melalui berbagai uji coba laboratorium sehingga umumnya lipstick yang asli cocok untuk segala jenis kulit dan aman jika tertelan. Nah bagaimana dengan lipstick palsu tentu saja sangat berbahaya untuk kulit maupun jika sampai tertelan hal itu jika digunakan dalam jangka panjang bisa menimbulkan resiko kanker seperti kanker kulit. Untuk itu uji dengan mengoleskan lipstick di lengan tapi jangan telapak tangan (bagian kulit tersebut keras), nah jika anda merasa gatal, perih atau terasa panas dan tidak nyaman maka urungkan niat anda untuk membeli lipstick tadi.

Lihat dari harga lipstick tersebut
Namanya barang palsu paling umum pasti memiliki harga dibawah produk dengan merk brand asli, jadi jangan terpikat dengan harga murah namun kesehatan anda dipertaruhkan. Lipstick palsu umumnya juga diberi brand merk yang terkenal bahkan bungkus maupun kemasannya sama namun yang beda adalah komposisi bahan lipstick tersebut yang tentunya tidak aman bagi kesehatan anda. Jadi jika anda ditawarkan produk lipstick dengan brand merk terkenal namun harganya jauh dibawah harga umumnya maka dipastikan lipstick tersebut palsu.

Kondisi lipstick
Lipstick asli biasanya mencantumkan komposisi bahan yang digunakan, tanggal kadaluarsa, segel yang tertutup rapat dan dalam kondisi baik serta yang paling penting adalah memiliki cantuman izin BPOM. Sertifikasi ini member jaminan bahwa kita akan terhindar dari lipstick dengan bahan berbahaya seperti boraks, lotion nyamuk, rhodamin B, lem kayu serta kapur tembok.

Tes uji dengan Kabel Tembaga
Lalu peranyaannya adalah jika anda sudah terlanjur membeli lipstick namun anda ragu ragu menggunakannya bagaimana? Nah ini dia cara menguji keaslian lipstick atau lipstick yang tidak menggunakan bahan bahan berbahaya di dalam komposisi lipsick tersebut. Cara pengujiannya siapkan lempeng atau kabel tembaga terlebih dahulu. Ambil atau potong bagian kecil lipstick lalu haluskan, setelah halus oleskan lipstick yang telah dihaluskan tadi lalu oleskan pada lempeng tembaga atau kabel tembaga lalu usap menggunakan lap. Jika pada kabel tembaga ditemukan warna putih, berarti lipstik tersebut mengandung senyawa logam berat yang berbahaya, dan artinya lipstick tersebut palsu.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "4 Tips Menguji Kualitas Lipstick "

No comments:

Post a Comment