4 Tips Sederhana Mengatasi Bau Badan

Bau badan atau body odor memang sangat mengganggu aktifitas anda, anda jadi merasa tidak percaya diri berdekatan dengan banyak orang karena takut orang lain menyingkir karena bau badan. Padahal aktifitas anda mengharuskan anda untuk berkumpul dengan banyak orang setiap hari seperti bekerja, kuliah, belajar atau aktifitas lain. Mau menggunakan deodoran untuk mengatasi bau badan tetapi takut karena banyak deodoran mengandung bahan kimia, lalu bagaimana solusinya?

Bau badan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti asupan makanan yang anda konsumsi, pemakaian baju atau pakaian yang pengap, produksi keringat berlebih (mudah berkeringat), perubahan hormonal dan lain lain. Untungnya kali ini kita akan membahas tips bagaimana mengatasi bau badan secara alami, sehingga anda mampu mengatasi bau adan anda secara alami tanpa takut menggunakan deodoran yang mengandung bahan kimia berbahaya.  Berikut adalah beberapa cara alami mengatasi bau badan dengan cara yang cukup mudah.

Tips Sederhana Mengatasi Bau Badan
Img credit by sindhidunya.com

Perhatikan asupan makanan anda
Makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi bau keringat yang keluar dari tubuh anda, jadi perhatikan asupan makanan yang anda konsumsi setiap hari untuk mencegah bau badan anda. Berikut adalah beberapa asupan makanan yang mencegah bau badan.

Makanan Kaya Serat
Sayuran dan buah yang mengandung zat anti oksidan yang cukup tingggi serta kaya akan serat yang akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan mencegah bau badan anda.

Makanan yang mengandung zat besi
Makanan yang mengandung zat besi baik untuk mengurangi bau badan. Makanan seperti labu, biji-bijian, kacang, yogurt, daging dan juga seafood merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung zt besi tinggi yang cukup untuk tubuh.

Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang dibutuhkan tubuh kita baik dalam sistem pencernaan, air liur dsb. Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik baik seperti produkolahan dari susu, keju dan yogurt secara teratur akan membantu mengontrol bakteri dengan baik. Ini juga akan sangat membantu mengontrol bau badan.

Vitamin B
Tubuh membutuhkan asupan magnesium dan juga vitamin B komplek yang akan membantu memfilter berbagai makanan yang masuk dalam tubuh. Ini akan sangat membantu tubuh agar tak sampai berbau kurang sedap.

Air
Seperti kita ketahui bahwa air putih mampu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dehidrasi bisa memicu bau badan. Minum air yang banyak agar racun dalam tubuh bisa larut bersama air seni. Ini merupakan metode yang paling natural alias alami untuk meminimalisir bau tubuh yang kurang sedap. Pastikan Anda minum paling tidak 8-9 gelas perhari atau 1,5 liter air dalam sehari. Selain menjaga agar bau badan kurang sedap tak muncul, ini juga akan membantu agar kulit terlihat lembab dan cantik.

Menjaga kebersihan tubuh anda
Bau badan seperti kita ketahui adalah akumulasi antara keringat dan bakteri yang memicu bau badan. Bau badan bisa terjadi jika pola hidup kita tidak teratur, diantaranya karena kita jarang mandi. Maka dari itu jika anda ingin terbebas dari bau badan, mandilah secara teratur 3 kali sehari.

Mengatasi Bau Badan dengan bahan herbal
Daun sirih memiliki banyak manfaat alami untuk tubuh kita salah satunya adalah sebagai opencegah bau badan. Daun sirih mengandung antioksidan dan antibakteri sehingga sangat baik untuk mengatasi bau badan. Sediakan kurang lebih 30 lembar / secukupnya daun sirih. Campur dengan air 1 secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Setelah itu, mandilah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Anda juga dapat mengonsumsi air rebusan daun sirih untuk mengatasi bau badan ini, cukup masukkan 1 lembar daun sirih lalu tuangkan ar panas mendidih dan diamkan sampai dingin lalu anda minum air sirih ini.

Jeruk Nipis
Ambil 1 buah jeruk kemudian potong dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih dan kapur. Selanjutnya anda oleskan pada bagian tubuh yang dipercaya sebagai sumber bau badan seperti ketiak.

Cengkeh
Cengkeh merupakan salah satu bagaiana dari rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk mengusir bau badan. Caranya , ambilah beberapa kuntum buah cengkih kemudian rendam dengan air hingga buah cengkih tersebut mengembang. Setelah itu airnya diminum. Jika mau, anda juga bisa menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Atau anda juga bisa mengoleskan air rendaman cengkih pada ketiak anda.

Kemangi
Daun kemangi memiliki aroma yang cukup wangi. Konsumsi daun kemangi secara rutin dipagi dan sore hari maka anda akan terhindar dari bau badan

Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai rasa pedas dan hangat. Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat. Namun kita juga dapat menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi bau badan. Kita juga dapat meminum wedang jahe secara teratur agar terhindar dari bau badan. Selain itu kita juga bisa mengosok-gosokan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau abdan.

Gunakan Pakaian yang mengurangi keringat
Pakian yang pengap, tidak ada sirkulasi dalam tubuh membuat timbulnya bau badan. Pakaian yang berbahan katun yang dapat membuat keringat menguap secara alami. Hindari penggunaan pakaian sempit dengan bahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak. Pakai juga kaos kaki yang nyaman dan dapat menyerap keringat.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "4 Tips Sederhana Mengatasi Bau Badan "

No comments:

Post a Comment