5 Manfaat Ikan Tenggiri (Mackerel) Untuk Kesehatan

Hi Ladies...Ikan tenggiri atau dalam bahasa inggris disebut ikan mackerel merupakan jenis ikan yang mengandung banyak nutrisi tinggi seperti asam lemak omega 3 dan protein serta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Ikan ini merupakan ikan yang bernilai ekonomis yang cukup tinggi karena peminat ikan jenis ini cukup banyak dan rasa dagingnya yang lezat. namun selain rasa yang lezat ikan mackerel atau tenggiri ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehtan tubuh. Nah berikut adalah beberapa manfaat ikan tenggiri atau mackerel yang perlu anda ketahui:

manfaat ikan tenggiri untuk kesehatan
Img credit by Wikipedia.org
5 Manfaat Ikan Tenggiri (Mackerel) Untuk Kesehatan

Mencegah gejala rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan radang sendi merupakan gejala yang timbul akibat kekakuan otot pada sendi tulang sehingga menimbulkan nyeri pada persendian. Ikan tenggiri atau Mackerel mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu dalam menurunkan nyeri sendi dan kekakuan otot pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

Membantu mengatur perubahan suasana hati
Tingkat kesibukan dan aktifitas yang padat di era yang serba modern ini banyak menimbulkan orang yang menderita stress dan depressi. Nah jika anda tidak ingin menderita stress atau perubahan suasana hati ini maka teraturlah untuk mengonsumsi ikan mackerel atau ikan tenggiri. Studi penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi tingkat tinggi asam lemak omega-3 mampu menurunkan risiko yang lebih rendah untuk untuk mengidap depresi.

Hal ini terkait dengan kandungan ikan tenggiri yaitu DHA (Docosahexaenoic acid) yaitu senyawa aktif yang berguna sebagai antidepressan sehingga selain baik untuk penderita stress dan depressi namun juga sangat baik untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan perubahan suasana hati maupun gangguan otak seperti penyakit fromAlzheimer dan penyakit Parkinson.

Mencegah penyakit jantung
Ikan tenggiri merupakan makanan yang cocok bagi mereka yang menginginkan jantung sehat. Dengan kandungan asam lemak omega 3 masakan dari ikan tenggiri ini merupakan salah satu jenis makanan yang paling efektif untuk mencegah penyakit jantung. Ikan tenggiri tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fatty acid, tetapi juga juga rendah lemak jenuh. nah dari perbagai nutrisi yang baik untuk mencegah penyakit jantung, maka mengkonsumsi secara teratur makanan dari produk ikan tenggiri atau mackerel ini menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan aritmia.

Menurunkan risiko diabetes
Ikan tenggiri banyak dijumpai di perairan laut Indonesia, dan Indonesia terkenal dengan penghasil ikan mackerel ini dan kita harus bangga dengan hal itu. Ikan yang mengandung banyak nutrisi sehat mengandung lemak sehat,  asam lemak tak jenuh tunggal yaitu (MUFA) yang memainkan peran kunci dalam pencegahan, serta kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ikan ini secara teratur tidak hanya mengatur kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga menurunkan lemak visceral, sehingga menurunkan risiko diabetes. nah dengan mengonsumsi ikan mackerel ini anda juga tentu dapat menurunkan lemak tubuh anda dan sangat baik bagi anda yang dalam program penurunan berat badan.

Kontrol tingkat tekanan darah
Selain baik untuk mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes ternyata ikan ini juga sangat baik untuk mengontrol tingkat tekanan darah. Dengan mengonsumsi teratur ikan mackerel atau ikan tenggiri hal tersebut mampu menjaga tingkat tekanan darah anda terkendali. Nutrisi yang membantu dalam menjaga tingkat tekanan darah ini yaitu karena tingginya tingkat kalium yang terkandung dalam ikan ini membantu dalam menjaga tekanan darah.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "5 Manfaat Ikan Tenggiri (Mackerel) Untuk Kesehatan "

No comments:

Post a Comment