5 Tips Mengatasi Kulit Kepala Gatal & Ketombe

Hi girls..Kulit kepala gatal dan ketombe memang sangat menjengkelkan ya! Bukan hanya jengkel menggaruk kulit kepala yang gatalnya bukan main ditambah sel kulit kering yang rontok di baju kita hingga mengurangi kepercayaan diri jadi serba salah, gak digaruk gatal tapi kalau digaruk "saljunya" rontok trus gimana? Ketombe merupakan sel kulit kepala kering yang terkelupas, hal ini terjadi karena minimnya produksi minyak yang melembapkan kulit kepala. Cara yang efektif untuk mengatasi ketombe ya dengan rajin menjaga kebersihan kulit kepala anda dengan keramas. Namun keseringan keramas juga tentunya tidak baik untuk rambut karena bisa menyebabkan rambut kering, mudah rontok dan permasalahan rambut lainnya.

Nah jika kulit kepala dan ketombe yang membandel anda bisa mencoba alternatif lain yaitu dengan menggunakan bahan bahan herbal untuk mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe. Selain aman digunakan tentunya menggunakan bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe mampu menekan biaya perawatn rambut anda dan jika anda melakukannya secara teratur maka ketombe anda akan hilang. Berikut adalah beberapa bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe dengan cara yang efektif.

mengatasi ketombe dengan alami

Mengatasi Kulit Kepala Gatal & Ketombe

Cuka
Membilas rambut dengan cuka (baik menggunakan cuka sari apel atau cuka putih) mungkin terdengar seperti ide yang aneh, tetapi merupakan cara yang efektif untuk mengobati ketombe karena sebenarnya secara sederhana ketombe merupakansel-sel kulit mati dan mengelupas terlalu cepat dan menyebabkan iritasi dan rasa gatal. Cuka akan membantu mengatasi sel kulit mati dan kotoran yang ada dikulit kepala anda. Selain itu juga cuka juga bisa mengatasi jamur yang bisa menyebabkan tumbuhnya ketombe dikulit kepala dan cuka bertindak seperti fungisida. Campur air hangat dan cuka dalam cangkir. Tuang campuran di atas rambut Anda, gosok dengan lembut di kulit kepala sekitar selama beberapa menit, dan kemudian bilas menggunakan air bersih tanpa shampoo. dan lakukan sebelum tidur. Keesokan harinya mandi dan kermas menggunakan shampoo seperti biasa untuk menghilagkan bau cuka di rambut anda. Ulangi sekali setiap minggu atau dua minggu.

Lemon
Keasaman dalam kandungan lemon mengandung asam yang dapat membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab ketombe. Lemon membantu meregenerasi sel kulit, mengangkat kotoran dan tumpukan minyak serta kotoran serta menguatkan akar rambut. Pijat kulit kepala anda menggunakan 2 sendok makan air perasan lemon dan biarkan selama satu menit.

Minyak pohon teh
Suku asli australia yaitu suku Aborigin menggunakan daun tanaman pohon teh digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar, luka, gigitan hewan, dan sebagainya. Minyak yang diekstrak dari daun maupun bagian pohon teh ini memiliki sifat fungisida dan secara keseluruhan memiliki efek nyaman pada kulit terutama bila sakit atau gatal. Tuangkan 1 sendok makan minyak pohon teh ke dalam 1 cangkir air hangat dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Kocok. Setelah keramas, semprotkan campuran ke seluruh kulit kepala, pijat dan biarkan selama beberapa menit.

Gel lidah buaya
Gel lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kecantikan, maka tak heran banyak produk kecantikan yang beredar luasa dipasaran menggunakan gel lidah buaya ini sebagai bahan dasar utama. Selain membantu meringankan luka bakar ringan, juga dapat membantu memberikan bantuan dari ketombe. Gel ini bekerja karena konstituennya menghambat proses proliferasi sel kulit. Dengan kata lain memperlambat seberapa cepat sel tumbuh, dan karena ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati terlalu cepat, lidah dapat membantu mengembalikan hal ini ke kondisi normal. Oleskan gel Aloe Vera untuk kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut Anda. Setelah 15 menit, sampo dan cuci seperti biasa.

Garam
Garam merupakan bumbu paling umum yang sering kita lihat didapur kita, tapi apakah Anda tahu bahwa garam bisa juga membantu menyingkirkan ketombe? Garam merupakan kristal abrasif dan bekerja sebagai exfoliator alami, menyingkirkan tumpukan minyak dan kulit mati. Pijat lembut kulit kepala anda menggunakan 3 sendok makan garam yang telah dicairkan dengan sedikit air selama 2-3 menit. Keramasi rambut segera setelah selesai.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "5 Tips Mengatasi Kulit Kepala Gatal & Ketombe "

No comments:

Post a Comment