6 Manfaat Joging Yang Perlu Anda Ketahui

Hi ladies...Joging bersama keluarga, teman atau pasangan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Berolahraga sambil menghirup udara segar serta melihat pemandangan sekitar menjadikan aktifitas joging terasa menyenangkan. Tapi hal yang paling penting adalah manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari joging. Dalam dunia kesehatan sesorang disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya, namun olahraga yang berat kadang membuat kita bosan. Nah untuk mencapai kesehatan yang optimal anda tidak harus berolahraga berat seperti olahraga beban, anda cukup melakukan olahraga yang menyenangkan namun tetap membuat anggota tubuh anda bergerak seperti joging, atletik, berenang dll.

manfaat joging bagi tubuh anda
Img credit by Flickr.com
Ok kembali lagi ke topik pembahasan, joging memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa anda peroleh dari aktifitas ini, berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa anda peroleh jika anda teratur joging minimal 30 menit setiap harinya.

Manfaat Joging Yang Perlu Anda Ketahui

Mengatasi Insomnia
Insomnia merupakan gejala kesulitan untuk tidur di malam hari, banyak faktor yang menyebabkan hal ini dan tentu saja efeknya tidak baik untuk kesehatan anda, nah dengan teratur melakukan joging minimal 30 menit tiap harinya anda akan terbebas dari gejala kesulitan tidur atau insomnia. Sebuah studi dari Northwestern Medicine menemukan bahwa joging secara teratur dapat mengurangi dan menyembuhkan insomnia, serta membantu orang tertidur lebih cepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Joging yang teratur membuat tubuh sehat dan metabolisme tubuh meningkat dan dalam kaitannya untuk mengatasi insomnia, dengan teratur melakukan aktifitas joging hal ini akan melepaskan zat endorphin lebih banyak sehingga tubuh terasa rileks dan nyaman.

Mengurangi stres & depresi
Masih berkaitan dengan hal diatas, melakukan joging teratur akan membantu melepas zat endhorpin lebih banyak di otak sehingga tubuh maupun pukiran akan terasa rileks dan nyaman. Nah jika pikiran dan tubuh anda terasa rileks dan nyaman itu berarti mampu menekan stres dan depresi. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menyimpulkan bahwa latihan kardiovaskular seperti joging dapat meningkatkan suasana hati orang-orang dengan depresi ringan atau sedang.

Meningkatkan Kekuatan sendi Anda
Saat joging segela persendian tubuh baik tulang belakang, sendi paha dan kaki akan menopang berat badan. nah jika anda melatih hal ini terus menerus hal ini akan meningkatkan kekuatan persendian. Joging membantu meningkatkan kekuatan osteoarthritis pada sendi juga membantu untuk meningkatkan kekuatan sendi dan otot, dan dalam jangka panjang ini membantu untuk mencegah timbulnya osteoarthritis.

Meningkatkan kehidupan seks
Ya dalam kehidupan berkeluarga kehidupan seks memang penting. Dan dengan joging secara teratur hal ini akan meningkatkan kualitas seks pasangan. Penelitian yang dilakukan oleh Endocrine Society menemukan bahwa joging dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria, serta penurunan hipogonadisme, kondisi terkait dengan disfungsi ereksi dan gairah seks menurun. Selain hal itu dengan rutin dan teratur melakukan aktifitas joging hal ini juga mampu meningkatkan libido bagi pasangan anda karena dengan berlari hal ini mampu membakar lemak yang ada diperut sehingga peredaran darah yang menuju organ intim akan menjadi lebih lancar.

Menghambat Penuaan dini
Ya penuaan memang hal yang menakutkan bagi sejumlah wanita walaupun secara alami kita tidak bisa menolak hal ini, tidak ada obat yang mencegah penuaan yang bisa dilakukan adalah melakukan penuaan dini yang belum seharusnya datang. Arsip dari jurnal Internal Medicine menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan orang-orang tua yang secara teratur melakukan aktifitas joging umumnya memiliki umur lebih panjang daripda yang tidak melakukan aktifitas joging.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Seperti kita ketahui olahragawan, atlet umumnya cenderung menderita sakit karena penyakit, menderita virus dan infeksi. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang teratur melakukan aktifitas olahraga lebih kebal daripada mereka yang tidak banyak melakukan aktifitas olahraga, sehingga ketahanan tubuh mereka lebih kuat saat penyakit datang. Secara umum joging memiliki banyak efek untuk kesehatan seperti  membersihkan paru-paru dari bakteri di udara, menghentikan pertumbuhan bakteri melalui peningkatan suhu tubuh, dan meningkatkan sirkulasi sel pelindung seluruh tubuh.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Manfaat Joging Yang Perlu Anda Ketahui "

No comments:

Post a Comment