Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

Hi girls...Apakah periode menstruasi atau haid anda normal dan teratur, jika tidak anda harus membaca lebih banyak dari artikel ini tentang masa periode haid yang tidak teratur dan bagaimana cara mengatasinya dengan cara alami. Lalu apa sih yang dimaksud dengan menstruasi tersebut? Seperti dikutip dari wikipedia menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause dengan usia rata rata mulai dari 14 tahun sampai 50.

Menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti gangguan hormonal, pola makan yang tidak teratur dan sehat, perubahan gaya hidup atau pemakian obat obatan. Dikutip dari Beauty Health periode menstruasi yang tidak teratur melebihi dari 3 bulan bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang. Menurut para ahli, wanita sehat yang normal memiliki periode menstruasi dalam waktu 21 sampai 35 hari dan menjadi hal yang normal jika wanita memiliki siklus periode menstruasi antara 11 sampai 13 periode dalam setahun. Tapi akan menjadi gangguan kesehatan yang serius jika periode siklus menstruasi wanita kurang dari angka tersebut maupun melebihi angka tersebut. Nah berikut adalah beberapa faktor paling umum yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur:

  • Penurunan atau pertambahan berat badan secara drastis
  • Gangguan pola makan
  • Ketidakstabilan/ Ketidakseimbangan hormon
  • IBS (Irritable bowel syndrome)
  • PCOS (sindrom ovarium polikistik)
  • Mengidap penyakit gula atau kencing manis
  • Anemia dan stres
  • Trauma melahirkan
  • Keguguran
  • TB (Tuberculosis)

Nah faktor faktor diatas merupakan hal hal yang paling umum mempengaruhi periode menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur atau tertunda merupakan suatu kondisi kesehatan yang secara medis disebut sebagai oligomenore. Haid yang tidak teratur bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti nyeri atau kedutan pada payudara dan di perut bagian bawah, mual, merasa letih, lesu sepanjang waktu adalah beberapa masalah utama yang dihadapi kaum perempuan sebagai akibat haid tidak teratur.

Nah jika anda mengalami hal hal ini segera konsultasikan kepada dokter terkait dengan gangguan yang anda alami untuk mendapatkan perawatan segera, atau anda bisa menggunakan bahan bahan alami disekitar anda untuk mengatasi periode menstruasi anda yang tidak teratur menurut beauty health tips India, namun sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait dan anda harus menghentikan mengkonsumsi ramuan ini satu minggu sebelum masa menstruasi berlangsung.

Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

Pepaya
Mengkonsumsi pepaya yang masih mentah dapat membantu menormalkan menstruasi yang tidak teratur karena ia bekerja sebagai emmenagogue, membantu dalam kontraksi otot yang tepat di rahim Anda. Namun harus diingat bahwa pengobatan ini hanya dilakukan oleh wanita yang mengalami gangguan menstruasi yang tidak teratur terkait dengan menopause, jadi tidak disarankan bagi anda yang masih remaja atau menginjak dewasa. Bagi remaja atau wanita yang mengalami gangguan menstruasi boleh mengkonsumsi pepaya matang tapi jangan yang mentah karena getah pepaya mentah mengandung suatu enzim yang hanya boleh di konsumsi bagi mereka yang mengalami gangguan menstruasi yang terkait dengan menopause.

Akar pohon beringin
Akar pohon beringin juga mampopu untuk mengatasi siklus menstruasi anda yang tidak teratur. Caranya ambil akar pohon beringin yang masih segar lalu rebus dalam secangkir air selama sekitar 10 menit. Tambahkan 2-3 sdm susu sapi, gunakan rebusan ini sebelum anda tidur.

Buah Anggur
Buah anggur mengandung banyak manfaat bagi kesehatan anda, termasuk dapat menmbantu melancarkan siklus menstruasi anda yang tidak teratur. Sertakan buah anggur dalam konsumsi harian anda.

Peterseli
Mengonsumsi jus peterseli yang dikonsumsi setiap hari membantu melancarkan siklus periode menstruasi anda menjadi lebih teratur.

Wortel
Wortel merupakan jenis sayuran yang sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya Vitamin A yang baik untuk mata dan mencegah kanker, namun ternyata wortel juga mampu membantu mengatasi menstruasi anda yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi wortel mentah, dibuat jus atau salad sangat baik untuk memerangi menstruasi yang tidak teratur.

Lidah Buaya
Aloevera yang terkenal untuk produk produk kecantikan ini juga dapat membantu periode menstruasi anda yang tidak teratur. Secara medis Aloe vera mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi dan membantu dalam mendapatkan aliran menstruasi yang teratur. Cara membuatnya adalah dengan mengupas kulit luar lidah buaya yang agak keras lalu ambil gel didalam daun lidah buaya tersebut. Campur gel dengan 1 sdm madu. Konsumsi ramuan ini sebelum makan pagi.

Air tebu
Meminum air tebu 1-2 minggu sebelum masa menstruasi anda berlangsung akan membuat menstruasi anda lebih lancar dan teratur.

Jahe
Jahe dianggap sangat bermanfaat untuk mengatur siklus menstruasi. Selain itu, juga membantu dalam menangani nyeri haid. Cara menggunakan jahe untuk menstruasi yang tidak teratur? Rebus 1 sdm jahe segar dalam secangkir air selama 5 menit. Tambahkan sedikit gula dan minum campuran tiga kali sehari setelah makan Anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mengatasi Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur "

No comments:

Post a Comment