Tips Menurunkan Berat badan Secara Efektif

Hi girls... Menjaga berat badan anda ideal merupakan cara terbaik untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan pada tubuh anda. Menurunkan berat badan identik dengan menghilangkan timbunan lemak pada bagian bagian tubuh yang terjadi penimbunan lemak. Kenapa program penurunan berat badan sangat penting untuk kesehatan anda? Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau biasa disebut sebagai obesitas memiliki risiko tinggi terhadap berbagai gangguan kondisi kesehatan yang terkait dengan obesitas (kegemukan) seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung dll.

Selain beberapa resiko gangguan kondisi kesehatan yang serius, kegemukan juga bisa menyebabkan sesak nafas, nafas terengah-engah, mudah capek, kesulitan bergerak dan yang utama adalah penurunan kepercayaan diri pada penderita kegemukan atau obesitas. Obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja namun juga sering dialami anak anak. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami masalah obesitas seperti:

menurunkan berat badan secara efektif
Img credit by Pixabay.com

  • Gaya hidup
  • Konsumsi alkohol/ obat obatan tertentu
  • Pola makan tidak sehat seperti makanan siap saji (junk food), berminyak, mie instan dll
  • Stres
  • Genetik
  • Hormon yang tidak seimbang
  • Kurang beraktifitas
  • Kehamilan

Menurunkan Berat badan Secara Efektif
Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab kegemukan, anda bisa mengatasi atau menurunkan berat badan anda dengan tips alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah secara aman dan efektif.

Berolah raga
Berolahraga adalah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan anda secara efektif. dengan berolah raga akan membakar tumpukan lemak di tubuh anda dan mengubahnya menjadi energi yang anda butuhkan. Olahraga tidak harus yang berat, namun anda bisa berolahraga dengan cara yang menyenangkan seperti jogging, jalan cepat di taman, berenang, senam atau olahraga semacamnya. Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit / hari akan membantu membakar lemak dan kalori tubuh.

Pola makan sehat & seimbang
Makanan yang anda konsumsi juga mempengaruhi tingkat obesitas. Beberapa jenis makanan yang menyebabkan kegemukan diantaranya makanan siap saji (junk foo), megandung banyak gula, makanan berlemak seperti gorengan dll. Atur jadwal makan anda secara teratur dengan jenis makanan yang sehat dan seimbang seperti buah dan sayuran. Anda juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi beras merah karena kaya serat dan rendah kandungan gula. Berikut adalah jenis makanan yang disarankan jika anda sedang dalam program penurunan berat badan:

Madu hangat
Salah satu makanan yang mampu mengurangi lemak di tubuh Anda adalah untuk minum madu yang dicampur air hangat.
  • Tambahkan satu sendok makan madu dalam segelas air hangat.
  • Minum segelas air ini segera setelah Anda bangun di pagi hari.
  • Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh air perasan lemon.

Jus lemon dan bubuk lada hitam
  • Segelas air panas tambahkan 4 sendok makan air perasan lemon dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata.
  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk lada hitam dan aduk rata.
  • Minum setiap hari di pagi hari untuk hasil yang efektif.

Kubis
Kubis adalah salah satu sayuran yang dikenal untuk membakar lemak tubuh secara efektif. Hal ini akan efektif untuk membakar lemak jika anda makan dalam keadaan masih segar (mentah).

Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu dalam menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh Anda. Ganti minyak kelapa atau minyak nabati anda untuk memasak menggunakan minyak ini.

Jus wortel
Selain bagus untuk kesehatan mata, jus wortel sangat efektif dalam mengurangi lemak dari tubuh Anda.

Mentimun
Mentimun merupakan jenis makanan yang memberikan efek menenangkan dan pendinginan di dalam tubuh. Mentimun memiliki kadar air yang cukup tinggi dan membantu dalam mengurangi lemak dalam tubuh Anda secara alami. Mentimun memiliki kadar air 90 persen dan juga memiliki antioksidan yang kuat dan sejumlah vitamin seperti Vitamin A, C dan E yang membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh.

Peterseli
Peterseli adalah sayuran berdaun yang sarat dengan antioksidan dan memiliki luteolin yang membantu dalam menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Pastikan bahwa Anda menambahkan peterseli dalam diet harian Anda baik dalam salad atau sebagai rasa makanan untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Beras merah
Beras merah merupakan jenis makanan yang ideal untuk mengganti nasi putih yang rendah karbohidrat. Beras merah kaya akan kandungan serat dan rendah karbohidrat. Selain itu beras merah juga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lebih lama dan karenanya Anda akan makan lebih sedikit sepanjang hari. Beras merah juga bermanfaat untuk membantu dalam mengatur metabolisme tubuh, buang air besar dan sarat dengan vitamin B dan E dan magnesium.

Teh Hijau
Akan lebih baik bagi Anda untuk mengganti kopi dengan teh hijau karena memiliki antioksidan alami serta akan membantu dalam mengurangi nafsu makan Anda. Mengkonsumsi dua atau tiga cangkir teh hijau setiap hari untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme Anda. Katekin dalam teh hijau membantu dalam berfungsinya jantung dan juga mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Salmon
Ganti konsumsi daging berlemak anda dengan ikan salmon. Mengonsumsi ikan salmon akan membantu dalam mengurangi berat badan Anda karena kaya akan asam lemak omega-3.

Buah berry
Segala jenis buah berry sangat baik untuk pencernaan karena mudah dikonsumsi dan juga mengandung banyak antioksidan.

Perbanyak minum air putih
Seperti anda ketahui air putih mampu melunturkan lemak, toxic, racun berbahaya serta zat kimia dari tubuh anda dan membuangnya melalui keringat dan air seni. Minum air putih minimal 8-9 gelas (1,5 L) air putih setiap hari.

Hindari kebiasan buruk
Kebiasaan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan berat badan seperti stres, ngemil dimalam hari, konsumsi minuman beralkohol, begadang dll. Selain dapat menimbulkan obesitas terbukti hal tersebut merugikan kesehatan anda secara umum.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Menurunkan Berat badan Secara Efektif "

No comments:

Post a Comment