13 Jenis Makanan Penurun Kadar Gula Darah (Diabetes)

Penderita diabetes dianjurkan harus memperhatikan asupan makanan yang mereka konsumsi, hal ini untuk menghindari lonjakan tingkat gula dalam darah. Banyak faktor yang harus diperhatikan bagi para penderita diabetes untuk menjaga kestabilan tingkat gula darah mereak dan makanan merupakan salah satu yang harus dikontrol oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, olahraga rutin, pola makan yang benar, istirahat yang cukup serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah.

Makanan Penurun Kadar Gula Darah (Diabetes)

Makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kestabilan gula darah, dan untuk mengonsumsinya anda harus memperhatikan benar bahwa makanan tersebut tidak mengandung banyak gula yang justru dapat menyebabkan lonjakan tingkat gula dalam darah. Lonjakan gula dalam darah akan menyebabkan komplikasi masalah kesehatan bagi para penderita diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi berbahaya seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke. Maka, jangan pernah mengabaikannya. Mulailah jaga kesehatan Anda dengan pola hidup dan makanan sehat. nah kali ini saya akan share tentang beberapa jenis makanan yang mampu membantu menjaga kestabilan gula darah dan mampu mengurangi lonjakan gula darah agar tetap stabil:

Makanan Penurun Kadar Gula Darah (Diabetes)

Pare (Karela)
Labu pahit atau masyarakat sering menyebutnya dengan Pare (karela) merupakan jenis makanan yang dapat membanu menurunkan tingkat gula darah. Sering mengonsumsi pare dapat menjaga kestabilan tingkat gula darah anda, namun sangat penting untuk diperhatikan agar anda jangan mengonsumsi pare bersamaan dengan obat penurun tingkat gula darah. Jika anda mengonsumsi pare dan obat penurun tingkat gula darah maka anda akan berisiko mengalami reaksi Hipoglikemia yaitu kondisi dimana tingkat kadar gula darah menurun secara drastis dan dapat menyebabkan koma diabetik pada penderitanya walau hanya dalam beberapa jam saja.

Buahan yang mengandung fruktosa bukan glukosa
yah salah satu penyebab peningkatan kadar gula dalam darah disebabkan oleh glukosa, untuk itu pastikan anda mengonsumsi buah yang mengandung fruktosa bukan glukosa. Namun penting untuk diperhatikan tidak semua jenis buah mengandung fruktosa, beberapa jenis buah malah mengandung glukosa tinggi yang tentu saja tidak baik untuk kadar gula darah anda seperti pisang, durian, nangka, sirsak, mangga dll. Nah pastikan anda mengonsumsi buah yang mengandung fruktosa bukan glukosa. Beberapa buah buahan yang membantu menurunkan kadar gula darah dang mengandung fruktosa adalah buah pir, apel, alpukat dan jeruk. Pastikan anda mengonsumsi buahan ini untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Biji-bijian
Biji-bijian dapat menurunkan risiko diabetes dan membantu meningkatkan gula darah puasa. The Dietary Guideline AS menyarankan konsumsi 3–5 porsi biji-bijian per hari untuk orang dewasa. Biji gandum terutama kaya akan beta-glucan.

Bawang putih
Bawang putih memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

Brokoli
Brokoli maupun sayuran berwarna hijau gelap sangat ampuh dalam mencegah kanker, bahkan jenis sayuran ini juga ampuh dalam menjaga kestabilan tingkat gula darah. Brokoli kaya akan serat dan mengandung lutein yaitu senyawa semacam karetenoid yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan gula darah. Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur maka akan mencegah terjadinya lonjakan gula dalam darah anda.

Kayu manis
Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Kayu manis bisa membantu Anda menggunakan lebih sedikit gula dalam masakan (termasuk dalam minuman kopi Anda). Karena ini menambah rasa alami, juga terkandung di dalamnya antioksidan.

Wortel
Wortel sangat kaya akan kandungan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran yang sangat menyegarkan ketika dibuat jus ini ternyata juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, karena selain mengandung Vitamin A wotel juga kaya akan serat yang sangat bagus untuk menstabilkan gula darah ini. Kandungan dalam wortel membantu menghambat pelepasan glukosa dalam aliran darah sehingga sangat baik untuk menurunkan tingkat gula darah anda.

Havermut
Havermut juga mengandung serat beta-glucan yang terbukti membantu menstabilkan gula darah. Havermut memberikan manfaat tambahan bagi mereka dengan diabetes atau pra-diabetes, juga mengurangi kadar kolesterol LDL dan membantu menurunkan berat badan. Satu porsi havermut di pagi hari adalah cara mudah untuk memasukkan gandum ke dalam asupan harian.

Bayam
Bayam kaya magnesium yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh. Kebetulan, orang dengan diabetes tipe 2 sering memiliki tingkat rendah serum magnesium. Bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti beta-karoten, lutein, asam folat, vitamin K, magnesium, mangan, kalsium, dan kalium.

Buah mengkudu
Ya banyak obat obatan penurun kadar gula darah yang menggunakan bahan dasar dari buah ini, ya buah mengkudu sangat baik untuk berbagai macam kesehatan secara umum. Bahkan semenjak ratusan tahun lalu di Tahiti buah mengkudu yang bernama Noni ini sudah digunakan sebagai obatan herbal untuk menurunkan tingkat gula dalam darah. Buah mengkudu setidak nya memiliki kandungan zat Iridoid dan 230 senyawa lain yang baik untuk kesehatan secara umum, jadi pertimbangkan untuk measukkan buah mengkudu ini sebagai obatan herbal untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda.

Cabai
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

Kedelai
Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

Teh
Teh hijau mengandung EGCG, sementara teh hitam memiliki tannin, theaflavin, dan EGCG juga. Semuanya berperan dalam meningkatkan aktivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "13 Jenis Makanan Penurun Kadar Gula Darah (Diabetes) "

No comments:

Post a Comment