5 Kebiasaan Buruk Saat Makan Yang Harus Dihindari

Makan merupakan aktifitas penting bagi tubuh untuk menerima asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi atau makan makanan yang tepat dan sehat akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh yang baik untuk beraktifitas dan melakukan banyak kegiatan sehari hari. Namun terkadang kita melupakan bagaimana cara makan yang baik, atau sering melakukan kebiasaan buruk saat makan. Tentu saja hal ini berefek buruk bagi tubuh anda secara umum, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk saat makan yang harus anda hindari:

kebiasaan buruk saat makan

Kebiasaan Buruk Saat Makan

Makan Dalam porsi Besar
Jika anda terlalu lapar atau seharian bekerja keras sehingga banyak kehilangan tenaga maka hasrat untuk memakan dalam jumlah besar menjadi meningkat, dan hal itu memang masih menjadi kewajaran. namun bagaimana jika anda merasa ingin terus makan dalam jumlah besar padahal anda tidak membutuhkan tenaga yang banyak untuk bekerja keras nah itu merupakan hal yang tidak wajar. Dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar tentu saja tidak baik bagi kesehatan tubuh anda karena menimbulkan resiko obesitas atau kegemukan.

Makan sambil banyak bicara
Makan dengan banyak bicara selain bisa tersedak, perut kembung namun hal ini juga tidak baik untuk kesehatan anda alasannya adalah dengan anda berbicara tentu saja makanan yang anda kunyah menjadi tidak lembut dan hal ini meningkatkan kinerja usus anda untuk mencerna makanan dengan lebih keras. Itu berarti bisa menimbulkan masalah penceraan yang kurang baik.

Makan terlalu cepat
Makan yang terlalu cepat atau buru buru mungkin karena jadwal anda terlalu padat atau sibuk juga kebiasaan buruk yang harus anda hindari. Dengan makan terburu buru maka hal ini akan menekan udara diperut anda sehingga sering menyebabkan begah atau perut kembung. Nah jika ini terjadi maka tentu saja dapat mengakibatkan gangguan pada perut. Selain menimbulkan begah atau perut kembung, saat anda memakan makanan anda dengan terburu buru maka kemungkinan untuk mengunyah makan menjadi tidak sempurna. Kebiasaan seperti ini tentunya akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan sangat keras yang akhirnya bisa berujung pada gangguan pencernaan.

Makan terlalu larut
Di era yang semakin modern dan sibuk ini kadang orang melupakan jadwal makan mereka yang teratur sehingga terkadang mereka menunda jadwal makan mereka dan akan makan jika sudah sampai rumah. Ini penyebab kenapa orang akan banyak makan saat larut malam, tapi tahukah anda bahwa makan terlalu larut malam tidak baik untuk kesehatan anda.
  • Makan terlalu larut malam biasanya bukan makanan yang bergizi karena anda tidak sempat membuatnya jadi anda memakan seadanya saja mungkin jajanan, junk food (makanan sap saji) mie atau makanan instan lainnya.
  • Mengurangi kualitas tidur, saat anda makan terlalu larut lalu anda tertidur maka usus akan bekerja terus menerus untuk mencerna makanan anda, itu berarti anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik karena anda akan lebih sering terbangun.
  • Makan terlalu larut juga memiliki resiko tinggi obesitas karena makanan akan diubah menjadi lemak namun tidak anda bakar sebagai tenaga karena anda tidur bukan beraktifitas.

Makan hanya ketika lapar
Biasanya orang akan makan hanya karena mereka lapar, namun ini adalah anggapan yang salah karena tubuh tidak hanya memerlukan tenaga hanya saat bekerja bukan? Nah biasanya hal ini dilakukan saat makan pagi atau sarapan, orang akan enggan sarapan ketika mereka terburu buru bekerja, belum lapar, sudah telat atau alasan lain. Padahal sarapan sangat baik untuk tubuh anda, menyediakan banyak tenaga untuk anda memulai beraktifitas dan menjaga anda tetap fit dan fokus.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "5 Kebiasaan Buruk Saat Makan Yang Harus Dihindari "

No comments:

Post a Comment