6 Manfaat Penting Cabai Untuk Kesehatan Anda

Cabai merupakan bumbu dapur yang sangat populer dikalangan pecinta kuliner pedas, akan terasa kurang jika berbagai masakan tidak menggunakan bumbu yang satu ini. Cabai atau dalam bahasa latin sering disebut dengan capsicum Annum merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang sangat populer untuk bumbu penyedap berbagai masakan pedas di Asia tenggara. Rasa yang pedas dan panas mampu memberikan rasa yang khas pada masakan. namun tahukah anda bahwa cabai memiliki manfaat penting untuk kesehatan anda secara umum. Cabai merupakan salah satu bumbu yang direkomendasikan sebagai salah satu jenis makanan yang perlu anda masukkan dalam menu makanan anda sehari-hari.

Manfaat Penting Cabai Untuk Kesehatan Anda
Img credit by Pixabay.com
Nah dari banyaknya manfaat cabai untuk kesehatan secara umum, maka kali ini saya akan sedikit merangkum beberapa manfaat dari cabai untuk kesehatan anda, berikut adalah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

Manfaat Penting Cabai Untuk Kesehatan Anda

Mencegah kanker
Menurut beberapa penilitian menyebut bahwa cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker. Maka tidak salah jika anda memasukkan bumbu ini dalam makanan anda untuk mencegah kanker secara khusus dan beberapa manfaat kesehatan lain secara umum.

Bagus untuk kesehatan kulit
Salah satu vitamin yang dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas adalah Vitamin C, dan pada cabai inipun terdapat kandungan Vitamin c yang cukup tinggi, kalau biasanya buah yang berasa asam mengandung Vitamin C cukup tinggi namun jenis bumbu pedas inipun juga mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, dan bahkan dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang untuk Vitamin C, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung. Vitamin C juga terbukti  meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, ketika anda terserang flu, anda bisa memnafaat cabai dengan cara dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dan menyembuhkan flu yang anda derita.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian menunjukan, dengan mengkonsumsi cabai mampu menurunkan berat badan dengan bantuan kandungan zat capsaicin yang berfungsi membantu proses penurunan berat badan (efektif juga untuk mencegah sel kanker). Capsaicin diketahui mempunyai sifat termogenik yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh manusia. Untuk itulah, bagi anda yang saat ini amat terobsesi untuk menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi cabai secara rutin bisa dijadikan pilihan sehingga proses pembakaran lemakpun akan lebih cepat. namun tentunya anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur agar pembakaran lemak bisa berlangsung secara efektif.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Cabai juga efektif dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, selain dapat membantu dalam pembakaran lemak dan menurunkan berat badan. kandungan yang membantu dalam mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah sifat antioksidan yang terdapat dalam cabai. Antioksidan bekerja dengan cara mengikat kadar kolesterol jahat dalam darah yang kemudian dinetralkan sehingga tidak akan berbahaya untuk tubuh manusia. Nah jadi semakin yakin kan untuk memasukkan cabai dalam menu makanan sehat anda.

Membantu proses detoksifikasi
Detoksifikasi adalah proses pembersihan racun/ material berbahaya, atau bahan kimia merugikan dari dalam tubuh. Nah salah satu cara pengeluaran racun dari dalam tubuh adalah melalui keringat, coba anda bayangkan jika anda perokok tentu saja keringat anda akan berbau keringat, nah hal inilah membuktikan bahwa keringat akan membantu mengeluarkan toksin bisa juga nikotin dari dalam tubuh anda dan mengeluarkannya melalui keringat. Saat anda memakan makanan pedas maka hal itu akan meningkatkan produksi keluarnya keringat. Hal itu berarti dengan memakan makanan pedas terutama cabai juga membantu tubuh anda untuk proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh anda.

Melegakan saluran pernafasan & pencernaan
Ya saat anda memakan pedas itu berarti akan memproduksi lendir berlebih di mulut anda, sekresi lendir ini mengandung banyak antibakteri yang mampu membunuh kuman maupun bibit penyakit, maka tidak heran jika anda terkena flu atau pilek dengan mengonsumsi makanan pedas dari cabai akan membantu melegakan pernafasan anda dan secara tidak langsung juga mampu mengobati pilek maupun flu anda. Ketika dikunyah dalam mulut, cabai akan secara langsung dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur dalam mulut. Cabai juga mampu membantu mengosongkan lambung serta secara cepat dapat menyingkirkan makanan yang masuk ke dalam tubuh dari dalam perut.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Manfaat Penting Cabai Untuk Kesehatan Anda "

No comments:

Post a Comment