6 Tips Menurunkan Berat Badan Sehat, Cepat & Efektif

Berat badan merupakan masalah umum yang banyak dihadapi di zaman yang serba modern seperti sekarang ini. Masalah berat badan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti genetik, pola makan yang tidak sehat dan seimbang, stres, kurang beraktifitas atau berolahraga dll. Berat badan juga bisa memicu banyak masalah kesehatan seperti obesitas (kegemukan), stroke, penyakit jantung dan banyak penyakit lain. sebenarnya untuk mengontrol berta badan anda agar selalu ideal bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana yang saya yakin anda semua dapat melakukannya, nah berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat, aman dan efektif:

Tips Menurunkan Berat Badan Sehat, Cepat & Efektif

Tips Menurunkan Berat Badan Sehat, Cepat & Efektif

Berolahraga yang rutin dan teratur
Salah satu cara yang efektif pertama yang harus anda lakukan untuk menurunkan berat badan anda adalah dengan berolahraga secarat teratur. Olahraga yang rutin dan terjadwal akan banyak membantu membakar tumpukan lemak di tubuh anda dengan efektif. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat untuk menurunkan berat badan anda, olahraga bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan dan tentu saja membantu anda dalam program penurunan berat badan seperti joging, berenang, bersepeda, jalan cepat dll. Yang terpenting adalah lakukan secara teratur minimal 30 menit setiap hari dan timbang berat badan anda dan lihat hasilnya.

Kurangi stres
Banyak yang beranggapan bahwa stres dan keadaan hati yang buruk akan meningkatkan selera makan dan memicu peningkatan berat badan, dan hal itu memang benar adanya. Alasannya adalah ketika Anda stres, tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon ini menjadi penyebab utama meningkatnya nafsu makan sehingga membuat Anda dengan mudah menyantap makanan apa pun untuk menenangkan diri. Nah untuk membantu anda dalam program penurunan berat badan anda maka kelaola tingkat stres anda dengan baik, stres merupakan bagian dari hidup namun jika anda bisa meminimalkan tingkat stres hal itu akan banyak membantu anda dalam penurunan berat badan dan mencegah anda dari potensi peyakit yang mudah menyerang pada orang yang stres, karena pada umumnya saat stres sistem kekebalan tubuh akan menurun.

Cukup istirahat
Cukup istirahat khususnya pada malam hari akan meningkatkan metabolisme tubuh dengan demikian akan banyak membantu dan mempercepat proses pembakaran lemak ditubuh anda, selain itu jika anda begadang dan tidur larut hal ini justru akan berdampak untuk memakan makanan yang tidak sehat dan dalam porsi yang besar.

Perbanyak minum air putih
Air putih secara umum berguna untuk mengangkut tumpukan lemak, toxic, racun, bahan atau material berbahaya dari dalam tubuh anda dan membuangnya melalui keringat dan air seni. Nah jika anda minum banyak air putih minimal 8-9 gelas atau 1,5 L perhari hal itu akan banyak membantu anda dalam program penurunan berat badan anda.

Mengkonsumsi bahan herbal /rempah–rempah
Bahan bahan herbal atau rempah rempah memiliki banyak kandungan yang mampu membantu anda dalam pembakaran lemak tubuh, sebagai contoh saja capsaicin zat pemberi rasa pedas pada cabai dapat membantu membakar lemak pada tubuh anda dengan efektif, selain itu juga efektif dalam mencegah kanker dan radikal bebas. Selain hal itu herbal dan rempah rempah juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan diantaranya jahe, gingseng, kayu manis, kapulaga, kunyit, dan jintan dll.

Pola makan sehat dan seimbang
Mengurangi porsi makan bukan berarti anda harus mengurangi asupan makanan yang diperlukan tubuh untuk mengubanhnya menjadi tenaga untuk beraktifitas anda sehari hari, jika anda mengurangi jadwal makan atau mengurangi makanan yang seharusnya anda makan maka tubuh anda akan lemah, letih karena kekurangan asupan nutrisi untuk tubuh anda, namun mengurangi porsi makan lebih untuk mengurangi kadar kalori dan lemak pada makanan anda. Semakin sedikit lemak atau kalori yang masuk pada tubuh, maka semakin cepat berat badan untuk turun. Selain itu, Anda juga bisa mengganti makan yang mengandung lemak dengan sayur-sayuran dan buah buahan.

Hindari makanan & Minuman tidak sehat
Banyak makanan yang tidak sehat yang justru meningkatkan berat badan anda seperti junk food (makanan siap saji), mie instan, gorengan, makanan yang banyak mengandung gula, minuman beralkohol, bersoda dan berkarbonasi dan jenis makanan tidak sehat lainnya. Sebagai contoh saja kandungan sebotol kecil minuman bersoda mengandung kurang lebih 250 kalori dan semuanya berasal dari gula. nah jika anda ingin menurunkan berat badan anda dengan cepat dan efektif dan tentu saja menyehatkan maka hindari makanan-makanan tidak sehat tersebut.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Tips Menurunkan Berat Badan Sehat, Cepat & Efektif "

No comments:

Post a Comment