7 Tips Efektif Bangkit dari Kegagalan Hubungan (Move On)

Kegagalan dalam suatu hubungan merupakan hal yang sangat menyakitkan dan saya rasa semua orang tidak akan menyangkal hal itu. Dalam suatu hubungan setiap orang pasti menginginkan hubungan yang harmonis dan akhir yang bahagia. Namun ketika sesorang "jatuh ditengah jalan" bisa menjadi hal yang  sulit untuk mencintai seseorang lagi setelah putus cinta yang menyakitkan atau perceraian. Kegagalan dalam sebuah hubungan seringkali menjadi penyebab "trauma hubungan" sehingga kedepannya seseorang akan berpikir 5 kali untuk menjalin hubungan baru dengan seseorang.

Trauma dalam kegagalan suatu hubungan sedikit banyak akan mempengaruhi secara psikologis, Anda jadi merasa takut, tidak nyaman, tidak percaya, takut gagal lagi dan perasaan semacam itu menjadi hal yang sangat umum. Namun ada hal yang perlu anda pikirkan adalah dunia tidak akan berakhir hanya karena kegagalan anda dalam suatu hubungan, hidup harus berlanjut dengan lebih baik dan toh anda tidak akan dapat mengulang kembali masa-masa yang telah terlewati, bangun keyakinan anda dalam menjalani hidup dan membangun hubungan dengan lebih baik lagi. nah berikut beberapa tips untuk bangkit dari kegagalan dalam hubungan:

Tips Efektif Bangkit dari Kegagalan Hubungan (Move On)
Img credit by Pinterest.com
Tips Efektif Bangkit dari Kegagalan Hubungan (Move On)

Kesadaran diri
Anda harus menyadari bahwa semua hal akan berjalan sesuai takdir yang ditentukan, kita tidak bisa menghindar atau lari dari kenyataan tersebut. Dengan menyadari bahwa semua hal tidak selalu sesuai dengan keinginan kita merupakan cara efektif bagi anda untuk belajar bangkit dari kegagalan hubungan anda.

Lepaskan masa lalu anda
Jika anda sudah menyadari bahwa hal hal tidak selalu berjalan sesuai keinginan anda maka kini iba waktunya bagi anda untuk melepaskan masa lalu anda. Kegalalan adalah kesuksesan yang tertunda, jika anda gagal kali ini bukan berarti menjadi indikator bahwa anda juga akan gagal pada hubungan yang selanjutnya. Bersiaplah melepaskan masa lalu yang membuat anda terpuruk, maafkan diri anda, maafkan pasangan yang meninggalkan anda, jalani hidup yang seharusnya anda lakukan dengan lebih baik lagi. Ingatlah jika anda berpikiran bahwa anda gagal mendapatkan pasangan yang menurut anda baik saat ini bukan berarti di kemudian hari anda tidak bisa mendapatkan seseorang yang lebih baik lagi dari yang sekarang. Buang masa lalu anda, dan mulailah melanjutkan hidup anda.

Jangan sesali masa lalu
Ya setiap kegagalan dalam hubungan pasti meninggalkan kenangan yang pahit, tetapi anda tidak perlu menyesali atau meratapi kejadian yang telah berlalu. Jika anda ratapi pun semua hal tidak bisa anda ulang kembali. Jangan jadikan masa lalu sebagai penyesalan walaupun anda membutuhkan "spion" untuk menengok kebelakang hanya untuk belajar dari masa lalu bukan untuk meratapinya. Ini akan membantu untuk membuat hubungan berikutnya lebih baik. Ini juga salah satu langkah pertama yang melepaskan hubungan masa lalu Anda.

Mencintai diri sendiri
Setelah anda bisa melepaskan masa lalu dari kehidupan anda kini saatnya anda semakin mencintai diri anda, orang orang terdekat anda, keluarga karena saya yakin orang orang tersebut menginginkan anda kembali ceria seperti dulu. Jika anda belum sanggup membuka hubungan baru maka cintai diri anda dahulu berikan banyak waktu dengan keluarga, teman-teman atau sahabat anda. Anda pasti bisa, buktikan bahwa pasangan anda salah meninggalkan anda. Tunjukkan anda mampu berdiri dan memulai kehidupan dengan lebih baik lagi.

Nikmati kesendirian Anda
Seperti yang dijelaskan pada poin diatas jika anda belum siap untuk hubungan baru maka nikmati kesendirian anda. "Kesendirian" bukan berarti anda harus merenung dikamar sendiri atau melakukan segalanya sendiri, namun sendiri dalam arti bukan dengan pasangan anda. Habiskan banyak waktu dengan orang-orang yang benar benar mengerti anda, siapa orang-orang itu? Tidak ada seseorang yang paling mengerti diri anda selain orang tua, saudara dan sahabat anda. Berkumpulah dengan mereka, menghabiskan banyak waktu dengan mereka, pergi ke tempat tempat yang indah bersma mereka atau sekedar berkumpul dan makan bareng mereka. Hal ini akan memunculkan kmebali mood atau gairah anda yang telah lama hilang.

Coba perlahan
Setelah anda menemukan kembali mood anda, cobalah untuk membuka kembali hati anda untuk seseorang yang baik.  memang dibutuhkan banyak waktu untuk menghilangkan rasa sakit dari hubungan yang gagal. Nikmati berkumpul dengan teman-teman Anda, bertemu orang baru, dan membuka pertemanan baru. Secara perlahan namun pasti anda akan menemukan seseorang yang siap untuk mengisi hati anda kembali.

Masuk ke hubungan baru
Setelah Anda memulai hubungan baru, pastikan Anda melupakan yang lama. Jangan membandingkan pacar baru dengan mantan Anda. Jangan membawa beban emosional dari hubungan masa lalu ke hubungan saat ini. Juga, jangan menganggap pasangan Anda akan mengkhianati seperti yang dilakukan mantan pacar Anda. Anda harus percaya pada diri anda harus percaya dengan pasangan anda dan mulailah hubungan baru dengan hal hal baik, maka anda juga akan mendapatkan akhir yang baik juga.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "7 Tips Efektif Bangkit dari Kegagalan Hubungan (Move On) "

No comments:

Post a Comment