Gejala Kesulitan Tidur, Atasi dengan 4 Tips Sederhana Ini !

Gangguan kesulitan tidur atau insomnia banyak terjadi di zaman yang serba modern ini, rutinitas pekerjaan, penyakit dan stress merupakan penyebab utama dalam gejala kesulitan tidur ini. Jika anda mengalami gejala sulit tidur hal itu akan mempengaruhi kualitas tidur anda, tidur anda menjadi tidak nyenyak karena sering terbangun atau karena anda tidur terlalu larut. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari. Tidur adalah bagian penting dari kehidupan untuk menjaga kesehatan fisik, mental dan emosional yang baik. Selain itu selama tidur akan membantu memproduksi hormon pertumbuhan (bagi anak dan remaja) dan memulihkan proses penyembuhan dan mengembalikan tenaga yang hilang yang digunakan untuk beraktifitas sehari-hari.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas serta depresi. Nah untuk mendapatan kualitas tidur yang baik dan mengatasi gejala kesulitan tidur kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar tidur anda nyenyak dan anda tidak mengalami gejala kesulitn tidur, berikut tips mengatasi gejala kesulitan tidur dan tips untuk istirahat malam yang baik:

4 Tips membantu mengatasi kesulitan tidur
Img credit by Flickr.com
4 Tips membantu mengatasi kesulitan tidur

Jadwal rutin dan teratur
Jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang baik, selalu lakukan jadwal untuk pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini akan membantu memperkuat siklus tidur dan tentunya meningkatkan metabolisme tubuh Anda serta meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Jika anda tidak tidur sesuai jadwal atau sering berubah waktu tidur maka siklus anda tidur akan menjadi terganggu, anda mudah terbangun dimalam hari atau tidur terlalu larut karena anda tidak mengantuk sehingga tentu saja ini akan berakibat buruk untuk kualitas tidur anda.

Makanan
Ya asupan makanan merupakan faktor yang juga tidak boleh anda lupakan. Makanan yang anda konsumsi memainkan peran penting dalam tidur. Pastikan bahwa Anda tidak pergi ke tempat tidur baik terlalu lapar atau kekenyangan. Saat anda terlalu lapar kemungkinan anda akan terbangun dimalam hari karena rasa lapar, sedang jika anda kekenyangan hal ini akan mempengaruhi tidur anda, anda akan merasa tidak nyaman karena perut terlalu penuh dan usus anda tidak akan berisitrahat untuk mencerna makanan. Ada beberapa jenis makanan yang disarankan jika anda mengalami gejala kesulitan tidur, beberapa jenis makanan ini berguna untuk menginduksi tidur atau membantu anda cepat tertidur. Beberapa jenis makanan yang mengandung zat-zat alami ini termasuk nasi merah, keju, almond, selada, coklat, teh hijau, susu, tuna, salmon, jus ceri, dll

Hindari stimulan
Stimulan merupakan bahan yang membuat anda tetap terjaga dan tidak merasakan ngantuk, beberapa stimulan seperti kafein pada kopi, nikotin pada rokok, alkohol pada minuman keras harus dibatasi sebelum waktu tidur karena ini dapat mengganggu tidur di malam hari.

Tempat tidur yang nyaman
Terlepas dari menjaga kamar tidur Anda bersih dan rapi, pastikan bahwa tempat tidur Anda nyaman dan cukup luas untuk membiarkan Anda melakukan peregangan dan membuat anda nyaman. Penelitian telah mengklaim bahwa peralatan tidur yang baik dan bersih dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik. Pastikan kamar anda bersih baik ruangan atau peralatan tidur yang anda gunakan seperti sprei, kasur, bantal selimut dll. Pastikan juga ruangan anda tidak berisik dan tenang untuk membantu anda cepat tertidur. Anda juga bisa membantu rasa kantuk anda datang dengan aroma terapi atau wewangian alami dan sedikit meredupkan cahaya lampu dikamar anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Gejala Kesulitan Tidur, Atasi dengan 4 Tips Sederhana Ini ! "

No comments:

Post a Comment