Kenapa Anda Harus Menyusui Bayi Anda Dengan ASI ?

Hello Bunda...banyak dari ibu yang enggan menyusui bayi mereka dengan berbagai alasan, mungkin karena aktifitas pekerjaan atau hal lain, Namun ASI atau air susu ibu sangat baik lho dan memiliki banyak manfaat kesehatan untuk bayi yang tidak bisa didapatkan dari jenis susu lain, dari banyaknya manfaat ASI untuk bayi kali ini kita akan membahas beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menyusui bayi anda dengan ASI. Nah berikut adalah 9 manfaat ASI atau air susu ibu bagi bayi:

9 manfaat ASI
Img credit by Flickr.com
9 manfaat penting ASI

Nutrisi awal terbaik bagi bayi
ASI adalah makanan terbaik untuk membantu bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang. ASI memiliki nutrisi yang sempurna bagi bayi anda berisi jumlah yang sempurna protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Selain banyak nutrisi yang terkandug dalam ASI, air susu ibu ini juga lebih mudah mudah dicerna daripada susu formula untuk bayi Anda sehingga nutrisi yang terkandung dalam ASI ini mudah terserap oleh usus bayi anda dengan cepat.

Mengandung Antibodi yang kuat
Perlu anda ketahui bahwa ASI mengandung antibodi yang kuat dan berharga untuk membantu mencegah penyakit dan dapat mengurangi risiko bayi terhadap alergi. Setelah lahir susu pertama Anda (1-3 hari), mengandung senyawa antibodi yang sangat kuat yang disebut dengan Coloustrum atau dalam bahasa Indonesia disebut Kolostrum, menawarkan perlindungan awal penting dan membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dengan melapisi sistem pencernaan bayi Anda. Perlindungan awal ini bahkan lebih penting jika bayi Anda lahir prematur.

Meningkatkan Kekuatan otak bayi
Nah ini dia bun yang sangat penting, ada beberapa studi menunjukkan manfaat ASI sangat baik untuk tumbuh kembang otak bayi anda. Ada bukti kuat bahwa anak-anak yang disusui air susu ibunya memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi pada tes IQ, nah jika anda menginginkan bayi anda memiliki umbuh kembang otak mereka dengan baik maka susuilah bayi anda dengan ASI.

Nyaman dan Portable
ASI selalu aman, segar dan memiliki suhu yang tepat untuk dikonsumsi bayi anda kapan saja. ASI bisa siap untuk bayi di saat itu juga, dan Anda tidak perlu memanaskan, merebus air, atau mensterilkan botol. Hal ini membuat menyusui waktu malam jauh lebih mudah. Karena ASI selalu dengan Anda, bepergian dan berbelanja dengan bayi Anda akan menjadi lebih sederhana, dengan tidak ada peralatan untuk membawa atau pendinginan yang diperlukan.

Pas untuk kebutuhan bayi
Ukuran payudara Anda tidak masalah. Berukuran besar atau kecil, mereka akan menghasilkan susu untuk bayi Anda. Payudara mulai mempersiapkan dan menghasilkan air susu untuk bayi anda saat awal kehamilan dan mampu menghasilkan Kolostrum (susu pertama) dari sekitar 24 minggu kehamilan. Begitu bayi lahir, hormon mulai mengaktifkan payudara untuk membuat lebih banyak produksi susu untuk bayi Anda. Selain itu puting payudara ibu memudahkan mulut bayi anda mendapatkan susu lebih efektif, hal ini menghindarkan mulut dan lidah bayi yang sangat lembut untuk iritasi yang biasa didapatkan karena menyusu dari dot atau botol penyusu.

Menghindarkan anda dari masalah kesehatan
Penelitian menunjukkan bahwa menyusui memberikan ukuran perlindungan terhadap kanker payudara, kanker ovarium dan tulang lemah di kemudian hari. Tubuh Anda menggunakan kalori untuk memproduksi susu, sehingga ASI dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara bertahap diperoleh selama kehamilan. ASI eksklusif juga dapat menunda kembalinya menstruasi selama setidaknya beberapa saat.

Kedekatan Psikologi dengan bayi anda
Kedekatan dan kenyamanan menyusui memperkuat ikatan batin maupun fisik dengan bayi Anda, sebagai salah satu bagian dari semua hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun kedekatan, rasa aman, hubungan cinta dengan bayi anda.

Menutrisi bayi anda dengan lebih baik
Penelitian menunjukkan bahwa ASI sangat penting bahwa itu adalah satu-satunya makanan atau minuman bayi Anda perlu untuk 6 bulan pertama kehidupan. Dimulai pada 6 bulan bayi usia membutuhkan berbagai makanan selain ASI, yang terus memberikan nutrisi dan perlindungan. Banyak ibu terus menyusui sampai bayi mereka berusia dua tahun atau lebih, seperti yang direkomendasikan oleh Health Canada - setiap jumlah ASI selalu baik untuk bayi.

Menghemat biaya
Ya dengan menyusui bayi anda sendiri hal itu bisa menghemat banyak biaya. Ya menyusui menghemat uang.

Tidak mengganggu aktifitas anda
Bayi Anda dapat memiliki semua manfaat susu Anda, bahkan jika Anda berencana untuk kembali bekerja atau melanjutkan kuliah atau karir andas. Anda dapat menghasilkan atau mengeluarkan susu dengan tangan atau dengan pompa payudara dan meninggalkannya dengan pengasuh bayi Anda untuk memberi makan bayi. ASI juga dapat dibekukan untuk penggunaan di masa depan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Kenapa Anda Harus Menyusui Bayi Anda Dengan ASI ? "

No comments:

Post a Comment