Tips Alami Mengatasi Sembelit / Kesulitan BAB

Sembelit terjadi karena terjadi iritasi usus besar yang umumnya akan mengganggu dalam masalah buang air besar (BAB yang tidak lancar), karena tinja atau kotoran yang akan dikeluarkan mengeras. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan kelainan pada sistem pencernaan di mana seseorang (atau mungkin juga bisa dialami pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi atau kasus sembelit yang parah disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah jika dibiarkan dan tidak segera mendapatkan perawatan yang tepat dan segera dapat menyebabkan atau berpeluang meningkatkan resiko kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Sembelit atau kesusahan buang air besar yang tidak lancar karena pengerasan tinja bisa diatasi dengan bahan bahan alami sederhana yang dapat anda temukan disekitar rumah anda, jika dalam 3 hari sembelit berlanjut segera hubungi dokter terkait untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa bahan alami untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar karena pengerasan tinja:

Tips Alami Mengatasi Sembelit / Kesulitan BAB

Tips Alami Mengatasi Sembelit / Kesulitan BAB

Lemon
Lemon mengandung antioksidan dan antibakteri yang kuat dan ini berarti akan sangat berguna untuk membantu mengatasi sembelit sebagai agen pembersih usus dari bakteri atau kuman berbahaya. Selain sebagai agen pembersih lemon juga membantu melunakkan tinja yang keras sehingga mudah dikeluarkan dari usus anda. Cara pemakaiannya cukup mudah dan sederhana, minum segelas air hangat dengan air perasan lemon dan sedikit garam di dalamnya, konsumsi di pagi hari.

Minum banyak air putih
Cairan tubuh yang didapat dari konsumsi air putih membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan tentunya juga membantu dalam mengatasi sembelit. Pastikan untuk minum banyak air putih minimal 8-9 gelas perhari untuk membantu mengatasi sembelit.

Jangan pernah menahan BAB
Buang air besar merupakan hal alami yang terjadi karena mengindikasikan bahwa kotoran atau tinja dalam tubuh atau usus sudah penuh dan harus dibuang, jadi jika anda mengalami rasa ingin BAB jangan ditahan. Hal inilah yang sering menyebabkan sembelit atau pengerasan tinja didalam usus karena kotoran atau tinja tidak langsung dikeluarkan sehingga menumpuk diusus dan mengeras.

Mengonsumsi makanan kaya serat atau Fiber
Mengkonsumsi makanan kaya serat dapat mengatasi sembelit. Jadi, jika anda mengalami semelit disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kuantitas tinggi serat seperti kacang-kacangan kering, plum, buah ara dll, serat dalam makanan bertindak seperti spons sehingga mencegah crams dan kembung perut.

Konsumsi buah pepaya
Nah terakhir jika anda mengalami sembelit atau susah buang air besar ada bisa mengonsumsi buah pepaya matang, buah ini membantu " mencuci perut" dan memperlancar bauang air besar.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Mengatasi Sembelit / Kesulitan BAB "

No comments:

Post a Comment