Tips Efektif Mengatasi Kulit Terbakar (Tan, Sunburn)

Sinar matahari sangat baik untuk kesehatan baik kesehatan secara umum maupun untuk kesehatan kulit anda, namun ini berlaku hanya mulai dari jam 6-10 pagi karena di waktu ini sinar matahari banyak mengandung Vit D dan memiliki manfaat sebagai antibakteri atau mampu membunuh kuman maupun bibit penyakit di tubuh anda. nah selepas jam-jam itu matahari akan mengandung sinar UV (ultraviolet) A dan B, sinar Uv seperti diketahui dapat menimbulkan efek erbakar pada kulit (sunburn), kusam, gelap dan yang berbahaya adalah meningkatkan resiko kanker pada kulit.

cara mengatasi kulit terbakar terik sinar matahari
Img credit by en.wikipedia.org
Nah kali ini saya akan share bagaimana mengatasi kulit terbakar akibat panas sinar matahari jika anda terlalu lama di bawah sinar terik matahari, sunburn atau tan atau kulit gelap akibat terik sinar matahari bisa diatasi dngan menggunakan bahan bahan alami untuk membuat kulit anda terasa nyaman dan tentunya mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala, berikut adalah beberapa bahan alami untuk mengatasi Sunburn:

Tips Efektif Mengatasi Kulit Terbakar Terik matahari

Lidah buaya & susu
Bahan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bahan yang satu ini memili banyak manfaat kesehatan maupun untuk kecantikan. Selain kecantikan rambut lidah buaya atau aloe vera juga bisa digunakan untuk mendinginkan kulit terbakar karena terik sinar matahari. Lidah buaya sangat efektif  membantu mendinginkan kulit akibat terbakar panas matahari. Cara pemakaiannya adalah potong daun lidah buaya lalu bersihkan, setelah bersih simpan dalam kulkas selama beberapa saat. Setelah dingin ambil gel dalam daun lidah buaya mneggunakan sendok atau anda bisa menggunakan blender dan campurkan dengan segelas kecil susu cair. Lemak yang terkandung di dalam susu dapat membantu melembutkan kulit kering akibat terbakar panas matahari, mendinginkan sekaligus mencerahkan kulit.

Sedang gel aloe vera berguna untuk mempercepat peremajaan kulit sehingga kulit anda akan terasa segar, halus dan lembap. Balurkan campuran bahan tersebut pada seluruh tubuh, diamkan selama kurang lebih 20 menit. lalu bilas menggunakan air es atau air dingin yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Air Teh
Teh memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal beas pada kulit apalagi anda menggunakan teh hijau, kandungan tannic acid di dalam teh dapat membantu memulihkan radang kulit. Cukup kompres area kulit anda yang terbakar terik sinar matahari dengan mencelupkan kain halus juga bisa menggunakan kain katun dan oleskan pada area kulit yang terbakar. Hindari penggunaan produk sunburn yang mengandung benzocaine karena dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan.

Tomat, Mentimun, dan Kentang
Bahan bahan yang bisa anda temukan di dapur ini mengandung segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Bahan bahan ini memiliki efek dingin yang mampu membuat nyaman kulit anda yang terbakar terik sinar matahari. Pertama hal yang harus anda lakukan adalah dengan menyimpan mentimun, tomat, atau kentang di dalam kulkas. Setelah dingin, iris  bahan bahan tersebut dan letakkan pada kulit yang terbakar. Atau anda bisa menghaluskannya menggunakan blender untuk hasil yang maksimal, haluskan terlebih dahulu menggunakan blender, lalu oleskan pada kulit. Lakukan cara   ini selama 20 menit, bersihkan dengan air dingin.

Madu
Nah langkah terakhir setelah anda melakukan salah satu cara diatas adalah dengan mengoleskan pelambap alami pada kulit yaitu dengan menggunakan madu. Oleskan madu (madu murni) pada area kulit yang terbakar setelah anda melakukan perawatan pada poin diatas (pilih salah satu cara saja) dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih dan dingin.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Efektif Mengatasi Kulit Terbakar (Tan, Sunburn) "

No comments:

Post a Comment