Tips Tetap Bugar, Fit Dan Sehat di Usia 40 an

Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kekebalan tubuh kita akan mengalami penurunan setelah usia 40 an. Untuk itulah jika saat ini anda masih muda maka jagalah kesehatan anda dengan baik sehingga saat anda nanti menginjak usia 40 an tubuh anda sudah terbiasa dengan pola hidup sehat tinggal kita mempertahankan kesehatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Menjaga kesehatan tubuh dan tetap bugar adalah cara terbaik untuk mempertahankan diri terhadap masalah gangguan kesehatan baik dan penyakit lainnya.

Oleh karena itu pastikan anda selalu menjaga pola makan yang teratur, sehat dan seimbang, cukup tidur dan istirahat dan tetap aktif sepanjang hari dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan mencegah ari kondisi masalah gangguan kesehatan yang tidak diinginkan seperti penyakit tertentu yang sering menyerang saat usia 40 an seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan berbagai jenis kanker. Tidak peduli seberapa sibuk pekerjaan atau aktifitas Anda, usia menginjak 40 adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kesehatan Anda untuk menjaga diri tetap fit dan sehat dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap sehat di usia 40-an:

Tips Tetap Bugar, Fit Dan Sehat di Usia 40 an

Tips Tetap Bugar, Fit Dan Sehat di Usia 40 an

Meningkatkan asupan makanan yang berserat
ya makanan memagang peranan penting untuk kesehatan seseorang, agar anda tetap fit dan bugar konsumsilah jenis makanan sehat dan mengandung banyak nutrisi yang dibuuthkan oleh tubuh seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak dan biji-bijian. Saat metabolisme Anda mulai melambat yakni saat anda menginjak usia 40 an, makan makanan yang kaya akan serat membantu mengurangi kalori dan meningkatkan kesehatan Anda. Menurut pakar kesehatan, diet tinggi serat juga dapat memoderasi pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit hingga 60 persen.

Olahraga secara teratur
Seperti yang kita ketahui bahwa ketika anda mulai menginjak usia 40 an, otot kita mulai menyusut dan mulai kehilangan sekitar 1 persen dari massa otot per tahun. Massa otot menurun dapat menyebabkan metabolisme lebih melambat. Tubuh kita juga menjadi kurang fleksibel seperti saat kita masih muda. Oleh karena itu pastikan anda selalu teratur berolahraga tiap hari minimal selama 30 menit, olahraga ringan seperti yoga, bersepeda, jalan santai, senam, joging dapat membantu meningkatkan baik dalam menjaga massa otot dan fleksibilitas.

Ketahui Histori penyakit turunan di keluarga anda
Ketika Anda mencapai 40, penting untuk mengetahui tentang sejarah kesehatan keluarga Anda karena faktor genetik dapat memainkan peran penting dalam risiko untuk masalah kesehatan tertentu. Untuk itu pastikan anda mencegah penyakit keturunan yang mungkin bisa diturunkan kepada anda melalui genetik atau keturunan dengan melakukan perubahan gaya hidup yang tidak sehat dimulai dari sekarang.

Kesehatan mata
Saat seseorang menginjak usia 40 an, penglihatan Anda dapat mulai menurun pada usia 40 an. Pastikan untuk mengecek kesehatan mata anda di dokter atau pakar medis terkait untuk menjaga dan mengecek masalah kesehatan mata anda, sehingga terjadi masalah kesehatan pada mata anda dapat segera mendapatkan perawatan dengan cepat dan segera untuk mencegah anda dari kehilangan penglihatan. Terlepas dari kacamata yang dirancang untuk membaca serta jarak untuk melihat dengan jelas, mengenakan kacamata hitam dapat mencegah kerusakan lebih lanjut karena terlalu banyak paparan sinar matahari dapat meningkatkan katarak. Sebuah kondisi yang dikenal sebagai degenerasi makula terkait usia, juga disebut AMD, adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada seseorang saat usia menginjak 50 tahun.

Teratur cek kesehatan
Selain kesehatan mata anda juga harus teratur cek kesehatan anda secara teratur ke dokter terkait. Pemeriksaan kesehatan rutin atau prosedur pemeriksaan harus dipertahankan sesuai rekomendasi dokter. Tergantung pada sejarah keluarga Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan dan faktor personal risiko, prosedur skrining, tes rutin dan pemeriksaan fisik dapat bervariasi antara individu. Melakukan hal ini akan membantu menilai risiko yang mungkin bisa timbul untuk masalah kesehatan, memonitor atau mengecek untuk berbagai penyakit dan mendorong atau mengonsultasikan dengan tepat untuk gaya hidup yang lebih sehat.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Tetap Bugar, Fit Dan Sehat di Usia 40 an "

No comments:

Post a Comment