Mengenal & Mencegah Penurunan Fungsional Otak (Dementia)

Demensia merupakan jenis gangguan masalah kesehatan yang sering daialami oleh orang yang lanjut usia, menurut situs web Wikipedia Demensia atau disebut dementia atau senility merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia bukan berupa penyakit dan bukanlah sindrom namun gangguan masalah kesehatan yang disebabkan oleh penurunan fungsional otak atau fungsi kognitif.

Pikun merupakan gejala umum demensia, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu mereka lambat laun kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional, sering hal tersebut menjadi tidak terkendali. Banyak penyakit/sindrom menyebabkan demensia, seperti stroke, Alzheimer, penyakit Creutzfeldt-Jakob, Huntington, Parkinson, AIDS, dan lain-lain.

Mencegah Penurunan Fingsional Otak (Dementia)
img credit by Pixabay.com
Demensia mengacu pada penurunan global dalam kapasitas kognitif sedemikian rupa sehingga mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Demensia termasuk tdak hanya terbatas pada gangguan kehilangan memori atau kepikunan saja. beberapa penurunan fungsi seperti kesulitan bahasa, kemampuan komunikasi, persepsi, penilaian dan penalaran. Demensia dapat berupa reversible atau irreversible - demensia reversible memiliki onset akut dan dapat disembuhkan dengan mengetahui 'penyebab'. Demensia ireversibel memiliki onset lebih lama dan tidak memiliki obat meskipun upaya dapat dilakukan untuk mengelolanya. Alzheimer (pikun) adalah penyebab utama untuk Demensia ireversibel.

Mencegah Penurunan Fingsional Otak (Dementia)
Tidak ada satu cara untuk 'mencegah' demensia, tapi yang bisa anda lakukan adalah memperkecil peluang untuk mencegah atau menghilangkan faktor risiko. beberapa cara untuk mencegah demensia adalah:

  • Olahraga secara teratur dan rutin
  • Pola makan yang sehat dan seimbang
  • Stimulasi mental
  • Cukup istirahat atau tidur
  • Hindari Stress atau kondisi emosional yang tidak stabil
  • Bersosial yang aktif

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mengenal & Mencegah Penurunan Fungsional Otak (Dementia) "

No comments:

Post a Comment