Tips Mengambil Keputusan Yang Baik & Tegas

Hello ladies...Pilihan dalam hidup yang terkadang sulit, menawarkan kelebihan dan kekurangan dan membingungkan kadang membuat kita sulit untuk membuat keputusan. Namun mau tidak mau namanya keputusan harus tetap diambil, dan setiap keputusan pasti memiliki satu sisi yang baik dan satu sisi yang tidak baik. Setiap pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang sebaik apapun keputusan yang kita buat tetapi tetap saja hal itu belum tentu dapat memuaskan salah satu pihak.

Membuat keputusan itu tidak semudah yang kita bayangkan, namun tetap harus anda ambil walaupun jika keputusan yang berada di tangan kita dapat berimbas bagi kehidupan orang lain. Munculnya bermacam-macam saran dari orang terdekat malah dapat membuat kita semakin terjebak dan terombang-ambing dalam menentukan pilihan. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi tips tentang bagaimana menyingkirkan keraguan dalam membuat keputusan dan anda bisa tegas mengambil keputusan yang tepat.

Img by Flickr.com
Mengambil Keputusan Yang Baik & Tegas

Buang ketakutan Anda
Setiap mau mengambil keputusan tentu saja anda akan berpikir banyak hal dari dampak kemungkinan yang bisa terjadi saat anda salah mengambil keputusan, dan tentu saja hal itu membuat rasa ketakutan di diri anda muncul. Seperti yang telah saya jelaskan diatas sesulit apapun keputusan itu mau tidak mau anda harus tetap mengambilnya dan setiap pengambilan keputusan tentu saja memiliki efek baik buruk maupun efek baik. jadi daripada anda takut membuat keputusan lebih baik buang ketakutan anda dan mulailah berpikir bagaimana cara mengambil keputusan yang baik, mulai berpikir mengatasi masalah yang mungkin muncul dan mencoba mencari penyelesaian masalahnya dan setelah anda benar benar mendapatkan solusi terbaik ambil keputusan itu.

Perasaan ragu dalam mengambil keputusan seringkali disebabkan oleh rasa takut. Rasa takut terjadi karena kita cemas pada dampak dari pilihan kita. Daripada terus memelihara rasa takut, lebih baik tanyakan pada diri sendiri mengenai kemungkinan terburuk apa yang akan terjadi jika kita mengambil keputusan itu. “Jika memang hal buruk terjadi, lalu apa yang harus saya lakukan? Bagaimana cara mengatasinya?.” Dengan mengetahui penyebab dari rasa takut dan mencari cara mengatasinya  maka kita sudah menghilangkan kekuatan rasa takut yang menghalangi kita dalam mengambil keputusan.

Lupakan keinginan menyenangkan semua orang
Setelah menghilangkan rasa takut dalam diri, mungkin kita sudah bisa menentukan keputusan yang terbaik untuk diri kita. Namun, keinginan dan harapan dari banyak orang di sekitar kita seringkali mengaburkan keputusan yang benar-benar kita inginkan. Kadang kita merasa harus membuat orang lain terkesan dan memuaskan mereka, padahal di dalam hati kita sudah tahu pilihan apa yang terbaik. Cobalah untuk berhenti mengkhawatirkan pendapat orang lain sehingga keputusan yang terbaik akan jelas terlihat di dalam pikiran kita.

Setiap keputusan terbaik sekalipun jika melibatkan banyak orang tentu saja da yang puas dan ada yang tidak, jadi yakinlah pada diri anda sendiri untuk membuat keputusan yang terbaik setelah anda menimbang berbagai masukan, saran dan apapun yang telah anda pikirkan dengan matang.

Jangan terburu-buru
Membuat keputusan jangan sampai terburu buru atau karena kondisi emosional anda yang tidak stabil (dalam kondisi emosional) hal itu justru hanya akan memperburuk. Jadi pastikan saat anda mengambil keputusan sebaiknya pikirkanlah dahulu dengan baik dan jangan terburu buru agar pengambilan keputusan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik. Meskipun seolah-olah Anda harus memutuskan dengan segera, sesungguhnya sebagian besar keputusan tidak memerlukan jawaban sesegera mungkin. Dengan menunda keputusan, Anda akan mendapat lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan berbagai gagasan. Menunda juga bisa membuat fakta-fakta terkait pilihan Anda menjadi lebih lengkap.  Jika keputusan bisa menunggu, maka tundalah mengambil keputusan.

Tentukan pro dan kontra dari tiap pilihan
Perasaan ragu juga disebabkan oleh terlalu banyak berpikir. Ada kondisi saat berpikir sebanyak ratusan kali pun juga tidak menghasilkan suatu keputusan. Daripada memikirkan semua pilihan dalam waktu bersamaan, lebih efektif jika kita membuat daftar pro dan kontra dari masing-masing pilihan yang ada. Meski terdengar sederhana namun menulis setiap aspek dari segi baik dan buruk akan membantu Anda memilih keputusan yang terbaik.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengambil Keputusan Yang Baik & Tegas "

No comments:

Post a Comment