Tips Mengatasi Mimisan & Mengetahui Penyebabnya

Apakah anak anda pernah mimisan jika iya bagaimana cara anda mengehntikan perdarahan akibat mimisan tersebut, nah kali ini Cantik & Sehat akan memberikan tutorial bagaimana cara menolong atau mengatasi mimisan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Namun sebelum membahas bagaimana cara mengatasi mimisan ini sebaiknya anda perlu mengetahui definisi dan penyebab umum mimisan tersebut. Epitaksin atau yang lebih kita kenal dengan mimisan atau pendarahan yang keluar dari hidung yang disebabkan karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Nah ketika pembuluh darah kecil pada hidung ini pecah maka akan mengakibatkan keluarnya darah yang keluar dari lubang hidung yang kita kenal dengan mimisan.

Tips Mengatasi Mimisan

Penyebab Mimisan
Mimisan tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja namun bisa terjadi pada anak-anak bahkan balita. Beberapa faktor bisa menyebabkan mimisan pada seseorang dan yang paling umum adalah benturan pada hidung sehingga menyebabkan pendarahan pada lubang hidung, namun penyebab lain juga bisa menyebabkan mimisan dan berikut adalah beberapa penyebab mimisan yang sering terjadi.

Kerusakan atau penyakit organ dalam
Pada kasus ini anda tidak dianjurkan untuk menolong sesorang yang mimisan disebabkan karena faktor ini, sebaiknya langsung anda bawa kerumah sakit atau medis yang benar benar mengetahui dan kompeten dalam bidang ini untuk segera mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Mimisan ini disebabkan kerusakan yang disebabkan oleh benturan keras seperti kecelakaan atau penyakit berbahaya yang menyerang organ dalam dan akan terjadi pendarahan yang akan keluar melalui hidung, telinga mulut bahkan pada mata.

Penyakit berbahaya seperti tumor juga bisa mnyebabkan mimisan pada penderitanya. Tumor di rongga hidung atau didunia medis lebih dikenal dengan angiofibroma juga bisa mnyebabka mimisan yang terlalu sering. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau remaja dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

Cuaca terlalu Panas
Cuaca panas bisa juga menyebabkan mimisan dan ini sering terjadi jika terlalu lama dibawah sinar terik matahari. Pada saat cuaca di sekitar kita panas, maka kelembabanpun berkurang maka terjadilah bagian setrum mengering. Dan pada kondisi tersebut setrum akan mudah terjadi iritasi dan menyebabkan pendaharan dan akan keluar melalui lubang hidung.
    
Saat Demam Berdarah
Dalam keadaan infeksi sistemik seperti demam bedarah anak juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain. Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan karena demam berdarah sangat berbahaya karena itu pertanda stadium berat.

Anda dapat mengatasi mimisan yang disebabkan oleh benturan, mimisan karena cuaca panas, atau penyebab lain yang tergolong ringan dengan tips berikut ini, namun jika mimisan disebabkan oleh penyebab lain yang tergolong berbahaya seperti kecelakaaan, penyakit dalam atau hal lain sekali lagi langsung hubungi medis untuk mendaptkan pertolongan yang tepat dan cepat. Berikut mengatasi mimisan ringan dengan cara yang sederhana.

Cara Mengatasi Mimisan
  • Jika anda menolong orang mimisan atau bisa anda sendiri usahakan jangan tidur terlentang sebab aliran darah ke hidung bertambah deras dan darah dapat tertelan ke belakang. Dudukkkan penderita mimisan hal ini berguna untuk memposisikan hidung lebih tinggi dari posisi jantung.
  • Bernafas dari mulut karena saat mimisan rongga hidung akan berdarah dan jika anda paksakan untuk bernafas dari hidung maka kemungkinan darah tersebut bisa terhirup dan masuk ke saluran pernafasan anda. Bungkukkan badannya ke depan sedikit, lalu beri instruksi agar bernafas dari mulut.
  • Tekan cuping hidung selama kurang lebih lima menit.
  • Untuk membantu mengurangi pendarahan pada hidung anda bisa mengkompresnya dengan air es atau air dingin hal ini berguna untuk memperlambat aliran darah ke hidung.
  • Bila setelah lima menit mimisan belum berhenti, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit. Dan sampai disini biasanya mimisan akan berhenti, namun jika pendarahan atau mimisan terus terjadi bawalah penderita ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
  • Jangan lupa, akan lebih baik setelah melakukan pertolongan pertama, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengatasi Mimisan & Mengetahui Penyebabnya "

No comments:

Post a Comment