Tips Alami Mengatasi Kerusakan Rambut & Rambut Rontok

Mengatasi kerusakan rambut dan rambut rontok - Setiap orang pasti mendambakan memiliki rambut yang sehat, berkilau dan indah tentu saja karena rambut merupakan mahkota kepala penunjang penampilan anda. Sayangnya kerusakan rambut dan rambut rontok telah menjadi masalah yang paling umum dan paling sering terjadi saat ini. Rambut rontok terjadi karena kerusakan folikel rambut maupun akar rambut yang tidak kuat sehingga menyebabkan rambut rentan patah maupun tercabut dari kulit kepala. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, tentu saja rambut rontok secara berlebihan tiap hari dan jika dibiarkan terus menerus maka bisa menyebabkan kebotakan rambut. Rambut rontok merupakan hal yang wajar terjadi untuk menggantikan rambut yang rusak dan memperbaharuinya dengan tunas rambut baru, namun jika rontok berlebihan dan terjadi secara terus menerus tentu saja tidak baik bagi keindahan rambut anda.

Mengatasi kerusakan rambut & rambut rontok

Menurut para ahli kecantikan rambut, suatu hal yang wajar atau normal kehilangan sekitar 100 helai rambut dalam sehari, namun jika kerontokan rambut melebihi jumlah tadi maka kemungkinan rambut anda bermasalah. beberapa faktor yang sering menyebabkan kerontokan rambut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh secara umum.
  • Penggunaan bahan kimia berlebihan produk rambut seperti pewarna rambut dan styling perawatan rambut seperti catok.
  • Kebiasaan makan yang tidak tepat dan tidak sehat
  • Hormon tidak seimbang
  • Obat-obat tertentu yang mempengaruhi kesehatan rambut
  • Ketombe, alopecia dan gangguan kulit kepala lainnya
  • Stres atau tekanan pikiran.

Setelah anda mengetahui enyebab umum yang sering menimbulkan kerusakan rambut dan rambut rontok maka dibawah ini adalah beberapa perawatan rambut untuk menghentikan rontok rambut yang terjadi:

  1. Saat anda harus menyisir rambut anda maka gunakan sisir bergigi jarang karena idealnya digunakan mencegah kusut rambut dengan lembut dan kemudian sisir bergigi halus sesuai kebutuhan gaya rambut seseorang. Hal ini akan mengurangi risiko rambut patah dan rambut rontok saat menyisir.
  2. Cara terbaik untuk mengurangi kerontokan rambut adalah tidak menyisir rambut anda ketika basah karena hal ini menyebabkan peluang lebih besar dari rambut patah dan jatuh. Biarkan kering atau semi-kering sebelum menyisir.
  3. Jangan menggosok rambut Anda dengan penuh semangat dengan handuk. Ini hanya akan menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan pada rambut.
  4. Jaga kebersihkan sisir Anda setiap minggu. Jangan mencuci rambut anda dengan air panas karena akan mengurangi kelembapan rambut sehingga rambut anda kering.
  5. Gunakan perawatan minyak yang terlebih dahulu dipanaskan adalah salah satu jawaban terbaik untuk mengatasi masalah rambut rontok! Minyak alami seperti kelapa, zaitun, canola, jojoba, wijen dll dapat digunakan untuk memijat kulit kepala untuk melawan rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Anda harus menghangatkan minyak pilihan Anda dengan pemanasan; memastikan bahwa itu tidak terlalu panas tapi tertahankan, lembut pijat kulit kepala Anda dengan menggunakan jari-jari Anda lalu diamkan selama sekitar 1 jam dan bilas menggunakan sampo ringan.
  6. Cobalah untuk beralih ke shampoo yang bebas dari sulfat, silikon dan paraben untuk menghindari bahan kimia yang merusak rambut, membuat rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.
  7. Cuci rambut Anda setidaknya setiap 3 hari dengan pembersih yang lembut rambut atau sampo untuk menghapus semua akumulasi debu, kotoran, minyak dan bakteri.
  8. Hindari perawatan kimia pada rambut terlalu sering, blow dry berlebihan, catok, pelurus rambut dan mewarnai dapat menyebabkan rambut rontok.
  9. Hindari mengikat rambut anda terlalu kuat, gaya rambut seperti ekor kuda ketat, kuncir atau kepang setiap hari dapat menyebabkan rambut rontok.
  10. Makan sehat untuk meminimalkan dan mencegah rambut rontok. Memberikan pentingnya diet seimbang untuk melawan rambut rontok karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah rambut rontok. Kekurangan nutrisi dalam tubuh adalah penyebab utama rambut rontok. Makanan yang kaya zat besi yang kaya zinc, vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin E, omega-3 asam lemak dan protein harus dikonsumsi untuk mengatasi kerusakan rambut ini, menambahkan kelembaban pada rambut Anda untuk kulit kepala sehat, lebih minim terjadinya rambut rontok dan bercabang. Sehingga rambut anda akan lebih tebal, kuat yang bersinar dengan kesehatan yang baik. Ini adalah tips jangka panjang dan cara yang efektif untuk menyembuhkan rambut rontok.
  11. Wortel, gandum, biji-bijian, beras merah, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, kacang, ubi jalar, biji labu, tiram, kacang-kacangan seperti kenari dan almond, minyak biji rami, ikan seperti salmon dan tuna yang kaya asam lemak Omega-3; telur, kacang-kacangan, yogurt, keju rendah lemak. Jangan lupa untuk minum banyak air sepanjang hari untuk flush semua racun berbahaya dari tubuh Anda.
  12. Masker rambut dengan bahan bahan alami merupakan pilihan yang sangat tepat dan berguna untuk mengontrol rambut rontok tanpa mengekspos rambut Anda untuk setiap jenis bahan kimia berbahaya. Bahan bahan herbal yang digunakan untuk membantu memperkuat, memelihara dan memperindah rambut Anda. Berikut beberapa masker rambut yang direkomendasikan oleh pakar kecantikan rambut:

Teh hijau dan telur
Ambil 1 kuning telur dalam mangkuk bersih; tambahkan 2 sendok makan teh hijau segar. Aduk atau campur dengan baik sampai tercampur sempurna terlihat konsistensi berbusa dan lembut. Cara menggunakan masker rambut ini adalah dengan mengoleskannya mulai dari ujung sampai akar rambut dan lakukan pemijatan di kulit kepala. Kenakan topi mandi atau hair cup  dan diamkan selama sekitar 30 menit dan bilas dengan baik oleh sampo dan kondisioner seperti biasa.

Lidah buaya atau aloe vera
Aloevera atau lidag buaya merupakan bahan herbal alami yang banyak digunakan untuk produk perawatan rambut. Lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh folikel rambut seperti Vitamin E, C, D dan nutrisi lain yang baik untuk rambut. Cara menggunakannya cukup menggunakan gel yang terdapat dalam daun lidah buaya dan gunakan sebagai masker rambut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Mengatasi Kerusakan Rambut & Rambut Rontok "

No comments:

Post a Comment