Tips Alami Mengatasi Mata Tembel Atau Bintitan

Posted By : Posted on - 1:20:00 PM with 1 comment
Mengatasi mata bintitan - Mata bintitan atau tembel pada mata adalah jenis infeksi umum pada mata. Ini terjadi akibat bulu mata yang akan tumbuh keluar terhambat oleh pori yang menutup dan akhirnya tunas bulu mata ini terjebak dibawah permukaan kulit dan terjadi infeksi. Sehingga infeksi ini terjadi di bawah permukaan kulit atau dasar bulu mata dan biasanya disertai dengan tonjolan atau pembengkakan pada mata. Tonjolan atau pembengkakan biasanya dipengaruhi oleh tingkat infeksi bisa saja kecil sebesar beras namun juga bisa membesar tergantung keparahan tingkat infeksi.

Kali ini saya akan share bagaimana cara mengatasi mata bintitan dengan bahan alami yang banyak tersedia dirumah dan tentunya aman digunakan. Jika dalam 3-5 hari gejala terus berlanjut segera konsultasikan dengan dokter terkait kemungkinan terjadi peradangan atau masalah kesehatan lain pada mata anda. Nah berikut cara alami mengatasi tembel mata atau mata bintitan:

Tips Alami Mengatasi Mata Tembel Atau Bintitan

Tips Alami Mengatasi Mata Bintitan

Susu Dan Kunyit
Kunyit adalah akar dari tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan herbal dan terkadang sebagai bumbu masakan tertentu memiliki unsur atau agen anti jamur di dalamnya. Minum susu sekali yang telah dicampur dengan setengah sendok makan bubuk kunyit dapat membantu dalam pengurangan efektif tembel mata. Hal ini juga mempercepat proses penyembuhan dan meredakan pembengkakan pada mata akibat bintitan.

Kompres dengan air hangat
Dengan mengompres mata dengan air hangat juga dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi pembengkakan pada mata bintitan. Ambil kain bersih dan mencelupkannya ke dalam air hangat suam-suam kuku. Peras dan kemudian tekan kain dan buat kompres pada area mata yang terkena Anda selama 10-15 menit. Ulangi proses ini 4-5 kali sehari. Kompres hangat membantu dalam menguras keluar nanah dari benjolan. Hal ini juga memberikan bantuan dari rasa sakit pada mata sekaligus mengurangi pembengkakan.

Peterseli
Bahan yang biasa digunakan untuk tambahan penyedap masakan ini juga dapat membantu mengatasi mata tembel atau mata bintitan dengan efektif. Ambil segenggam peterseli dan masak dalam 2 gelas air mendidih selama 10 menit hingga tersisa 1 gelas saja. Celupkan kain bersih di air yang hangat suam suam kuku dan menerapkan diatas mata anda dengan posisi mata tertutup. Berbaring dan bersantai selama sekitar 15 menit sampai selesainya proses. Peterseli membantu dalam membawa keluar bahan beracun dan mempercepat pengeluaran nanah dari mata bintitan. Yang pada gilirannya membantu dalam penyembuhan lebih  cepat.

Daun jambu biji
Daun yang terkenal karena keampuhannya dalam membantu mengatasi diare ini ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi mata bintitan. Prosesnya sama dengan daun peterseli, cukup masak 3-6 daun jambu biji dalam 2 gelas air mendidih hingga tersisa 1 geelas saja. lalu kompres dengan air jambu biji ini setelah hangat.

bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang sangat baik untuk mengobatimata bintitan. Caranya sangat mudah cukup potong atau iris bawang putih menjadi dua bagian lalu oleskan pada mata yang bintitan.

Teh
Mencelupkan kantong teh herbal ke dalam air mendidih dan kemudian setelah hangat perlahan-lahan tekan di atas mata Anda. Teh herbal membantu dalam membawa keluar nanah. Hal ini juga membantu dalam mengurangi infeksi.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Mengatasi Mata Tembel Atau Bintitan "

1 comment:

  1. Menarik, cara-cara di atas memang benar.. Tetapi harus di ingat bahwa jika mata sudah merah dan merasa pegal silahkan istirahatkan saja dulu, karena cukup berbahaya jika dipaksakan.

    ReplyDelete