Tips Mengatasi Gatal Gigitan Semut, Nyamuk & Sengatan Lebah

Mengatasi gigitan serangga - Gigitan semut, kecoa, nyamuk dan sengatan lebah atau serangga pada umumnya akan mengakibatkan rasa gatal, nyeri, sakit dan pada kasus seperti sengatan lebah bisa menyebabkan pembengkakanan. Walaupun rasa sakit bersifat sementara namun membuat rasa yang tidak nyaman dan terkadang disertai dengan rasa nyeri dan umumnya rasa sakit yang ditimbulkan tidak berbahaya selama gigitan serangga bukan pembawa penyakit seperti malaria yang dibawa nyamuk anopeles betina, demam berdarah oleh nyamuk aides aidepty atau serangga lain yang mengandung bisa (venom) seperti laba laba jenis tertentu.

Biasanya gatal, nyeri atau rasa sakit bisa disertai dengan pembengkakan akibat aksi histamines. Ada beberapa cara mengatasi untuk mengatasi rasa sakit, nyeri gatal dan pembengkakan ringan akibat gigitan serangga ini dengan pengobatan rumah sederhana dan almi. Beberapa solusi cepat yang bisa memberikan bantuan dan mengurangi rasa gatal, nyeri gatal-gatal dan bengkak pada kulit akibat gigtan serangga seperti nyamuk, semut, sengatan lebah, kecoa dan serangga lain.

mengatasi gigitan serangga

Kompres air dingin
Es batu adalah salah satu cara tercepat untuk mencegah pembengkakan dari permukaan pada kulit akibat gigtan serangga seperti semut, nyamuk dan sengatan lebah. Tindakan antihistamin yang menyebabkan pembengkakan dan memastikan bahwa antihistamin tidak muncul pada kulit adalah cara terbaik untuk menghentikan pembengkakan dan gatal-gatal yang timbul. Ambil es batu dan menerapkan di tempat gigitan. Hal ini akan bertindak sebagai anti histamin alami dan dioles gatal dan nyeri juga. Hal ini akan mengurangi rasa sakit, nyeri dan mencegah pembengkakan melebar di kulit anda.

Menggunakan cuka
Cuka mengandung antibakteri dan membantu dalam mencegah aksi bakteri di permukaan kulit yang nmungkin timbul karena menggaruk dengan kuku Anda sebagai reaksi gatal pada kulit akibat gigitan serangga ini. Oleskan  cuka langsung pada area gigitan serangga atau sengatan lebah dan ini juga akan membantu dalam mengendalikan gatal.

Pasta gigi
Pasta gigi memiliki efek pendinginan pada kulit karena adanya peppermint atau mentol atau kandungan cengkeh pada beberapa merk pasta gigig secara umum. Dengan mengoleskan pasta gigi pada area kulit yang terasa gatal, nyeri atau bengkak akibat gigitan serangga akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Kandungan mentol atau peppermint membantu dalam menenangkan kulit dan akan membuat kulit anda merasa nyaman.

Teh
Teh memiliki sifat anti-inflamasi karena mereka memiliki asam tanat di dalamnya. Dinginkan teh dan gunakan ampasnya untuk mengoles kkulit yang digigt serangga ataus engatan lebah, jika anda menggunakan kantong teh maka buka kantong teh dan gunakan ampas teh tadi di area kulit yang digigit serangga.

Garam
Garam membantu mencegah kulit anda dari infeksi dan pembengkakan di area kulit. Ambil garam dan dan campur dengan sedikit air. Gosokkan pada kulit secara menyeluruh pada area kulit yang digigt serangga atau sengatan lebah untuk mencegah pembengkakan dan gatal. Untuk menggunakan garam ini mungkin akan terasa pedih untuk sementara waktu namun dengan cara ini sangat efektif untuk mencegah pembengkakan dan infeksi pada kulit anda.

Alkohol
Alkohol dapat digunakan untuk mengatasi iritasi atau pembengkakan pada kulit akibat gigitan semut atau serangga untuk menekan aksi histamin dan mencegah pembengkakan. Oleskan sedikit alkohol pada area kulit yang digigit serangga atau bengkak dan diamkan sampai gatal dan bengkak reda sepenuhnya.

Lidah Buaya
Gel lidah buaya memberikan efek pendinginan pada kulit dan ini akan menahan gatal, nyeri dan pembengkakan dalam sekejap. Gel lidah buaya dapat diekstraksi dari tanaman lidah dan diterapkan pada kulit yang terkena.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengatasi Gatal Gigitan Semut, Nyamuk & Sengatan Lebah "

No comments:

Post a Comment