7 Tanda Penting Untuk Kehamilan Sehat Yang Perlu Anda Tahu

7 tanda penting kehamilan sehat - Kehamilan yang sehat dipengaruhi oleh wanita hamil yang juga sehat. Kesehatan seorang ibu hamil bisa didapatkan mulai dari berat badan normal dan sehat, diet seimbang dan bergizi, dan olahraga teratur. Kehamilan yang sehat juga akan mempengaruhi kesehatan janin yang anda kandung, melakukan komunikasi intens dan teratur dengan ahli kandungan merupakan cara yang bijaksana untuk mengecek kondisi kehamilan dan memastikan bahwa selama proses mengandung sampai melahirkan akan berjalan secara normal dan sehat.

Kehamilan yang sehat tentu diimpikan bagi mereka yang sedang mengandung, dengan harapan selama proses kehamilan tersebut kesehatan ibu dan janin merupakan prioritas utama. Seperti dikutip dari situs kesehatan Time of India berikut adalah beberapa tanda penting untuk kehamilan yang sehat.

 Tanda Penting Untuk Kehamilan Sehat

Tanda Penting Untuk Kehamilan Sehat

Berat badan
Untuk mendapatkan kehamilan sehat selam proses kehamilan tersebut, seorang dokter biasanya akan merekomendasikan peningkatan 13 sampai 15 kilo selama kehamilan, terutama jika calon ibu hamil mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal sebelum kehamilan. Namun, jika wanita sudah memiliki kelebihan berat badan sebelum kehamilan terjadi, maka dokter biasanya cenderung menyarankan mendapatkan relatif kurang berat badan.

Kadar hormon
Progesteron dan estrogen, dua hormon yang mempengaruhi tanda kehamilan sehat. Umumnya menurut para pakar kandungan menyebut bahwa seorang wanita hamil dapat menghasilkan sampai dengan 400 mg progesteron, bila dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil sehat yang memproduksi sekitar 20 mg progesteron. Hormon-hormon ini mengatur endometrium untuk implantasi, maka menjaga wanita dari menstruasi, dan menjaga rahim dari kontraksi selama kehamilan. jadi kedua hormon ini merupakan tanda penting untuk kehamilan sehat.

Fungsi utama hormon estrogen adalah untuk membangun jaringan. dalam hal kehamilan sehat ini hormon estrogen membantu memperkuat rahim.

Ukuran perut
Ukuran perut ibu hamil merupakan juga tanda kehamilan sehat bagi ibu hamil, idealnya dokter kandungan akan mengukur pertambahan ukuran perut untuk memastikan berat calon janin yang dikandung oleh ibu hamil, pengukuran rutin perut ibu untuk memastikan bahwa pertumbuhan dan perkembangan bayi berkembang pada tingkat yang sehat.

Gerakan janin
Gerakan janin merupakan anda yang menunjukkan kehamilan sehat bagi ibu hamil. Gerakan janin memastikan bahwa bayi menerima cukup oksigen dan memastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat dan baik. Hal ini disarankan oleh dokter untuk menghitung gerakan janin selama kehamilan sebagai cara untuk melacak seberapa sehat kehamilan Antara 6 sampai minggu ke-10 kehamilan, ibu cenderung mulai merasakan gerakan janin.

Tingkat tekanan darah dan kadar gula normal
Tekanan darah dan kadar gula dalam darah juga menjadi perhatian utama yang pelu diperhatikan bagi para calon ibu sebelum mereka memutuskan untuk hamil. Indikator utama dari kehamilan yang sehat, tekanan darah dan kadar gula harus dipantau dari menit pertama yang Anda memutuskan untuk hamil. Pemantauan ini harus didasarkan pada trimester berbeda, ketika tekanan darah dan kadar gula ibu berfluktuasi selama kehamilan. Tingkat tekanan darah adalah sedikit di sisi yang lebih tinggi selama kehamilan, bila dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil sehat. Lonjakan intens tekanan darah bahkan dapat menyebabkan kondisi yang disebut preeklamsia, yang dapat memaksa dokter untuk memulai persalinan prematur.

Rahim dan plasenta
Masalah dalam rahim dan plasenta bahkan dapat menyebabkan keguguran pada beberapa kasus. Untuk menjaga kehamilan yang sehat maka harus dilakukan pemeriksaan rutin dengan mengunjungi dokter atau ahli terkait untuk pengecekan rahim dan plasenta. Plasenta harus melekat dengan baik pada dinding rahim, karena detasemen atau solusio dini yang dapat menyebabkan kondisi serius yaitu keguguran.

Pertumbuhan janin
Tingkat di mana janin tumbuh dapat menentukan pertumbuhan bayi, maka kesehatan wanita hamil. Hal ini dapat diperiksa dengan memeriksa berat wanita hamil atau selama USG. Kurangnya pertumbuhan janin bisa menjadi tanda kekurangan oksigen di dalam rahim dan dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi plasenta juga.

Nah diatas merupakan artikel tentang 7 tanda penting kehamilan sehat, sekali lagi untuk memastikan kehamilan anda berjalan dengan baik dan sehat maka pastikan rajin dan teratur mengecek kesehatan anda dan janin anda di dokter terkait.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "7 Tanda Penting Untuk Kehamilan Sehat Yang Perlu Anda Tahu "

No comments:

Post a Comment