Cara Mudah & Sederhana Mengatasi Stres Dalam Hidup

Stres telah menjadi bagian hidup yang tak dapat terpisahkan. Stress merupakan tekanan pikiran yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kecemasan, masalah dll. Banyak permasalahn dalam hidup yang dapat menyebabkan tekanan pikiran atau stres seperti masalah hubungan, pekerjaan, penyakit yang tak kunjung sembuh, permasalahan hidup, ekonomi dll. Setiap orang akan bereaksi atau merespon dengan cara yang berbeda, ada yang bisa mengelola tingkat stress mereka dengan baik namun ada yang sebaliknya sehingga terkadang stres dapat memicu depresi bahkan lebih akut lagi yaitu gangguan mental.

Seperti dikutip dari situs kesehatan Zeenews ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melatih pikiran kita untuk bereaksi erhadap stres dengan lebih baik, itu berarti akan melatih pikiran kita untuk dapat mengelola tingkat stres dengan lebih baik juga. Sehingga kita tidak mudah depresi atau tekanan pikiran akut ketika kita mengalami stres, nah berikut adalah beberapa cara sederhana untuk meminimalkan tingkat stres dalam hidup:

Cara Mudah & Sederhana Mengatasi Stres Dalam Hidup

Cara Mudah & Sederhana Mengatasi Stres Dalam Hidup

Berolahraga secara teratur
Tubuh yang fit dan sehat secara signifikan mampu mengelola tingkat stres dengan lebih baik. Saat metabolisme meningkat maka secara otomatis tubuh sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dalam mereaksi terhadap segala penyakit yang datang menyerang, begitu juga saat metabolisme tubuh meningkat maka otak akan memicu lebih banyak endorphin (zat kimia dalam otak yang memicu perasaan bahagia dan kenyamanan) dengan begitu pikiran akan lebih tenang dalam menghadapi stres. nah untuk mendapatkan tubuh yang selalu fit dan sehat maka berolahraga secara teratur adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkannya.

Meditasi / Yoga
Meditasi secara umum adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. atau kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku. Salah satu hal terbaik yang dapat menjaga stres di teluk adalah meditasi. 30 menit meditasi terfokus setiap hari membantu orang untuk menjadi lebih tangguh ddalam menyikapi tekanan pikiran atau stres.

selain meditasi anda juga bisa berlatih yoga, teknik pernafasan dan beberapa teknik relaksasi lainnya agar pikiran anda lebih tenang dan menghindarkan anda dari stres atau tekanan pikiran.

Tidur dengan baik
Kurang istirahat atau kurangnya jumlah yang cukup untuk tidur dapat memicu stres. Selain stres kurang istirahat dapat memicu kecemasan, badan lemas, tidak fokus dan tubuh lemah sehingga mudah terserang penyakit. Memiliki jumlah yang cukup tidur sangat penting untuk menjalani hidup yang bebas stres. Idealnya tidur selama 7-8 jam adalah suatu keharusan untuk mengurangi tingkat stres dan mengelolanya dengan lebih baik.

Berpikir positif
Berpikir positif juga memainkan peran utama dalam menyingkirkan stres. Berpikir positif membantu Anda menghilangkan kecemasan pikiran dan membantu Anda tetap tenang dan bahagia. kecemasan, pikiran was was, khawatir berlebihan merupakan beberapa faktor yang dapat memicu meningkatnya stres anda. Selalu berpikiran positif akan membantu pikiran anda mengelola tingkat stres anda dengan lebih baik.

Pola makan sehat & seimbang
Makan makanan sehat juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Makan blueberry, salmon dan almond diyakini untuk membantu dalam memerangi stres dan membantu membuat pikiran anda lebih rileks. Minum secangkir teh hijau atau teh masala juga membantu untuk mengurangi tingkat stres.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Mudah & Sederhana Mengatasi Stres Dalam Hidup "

No comments:

Post a Comment