Cara Membuat Masker Rambut (Kondisioner) Alami Rambut

Penggunaan bahan bahan kimia untuk perawatan serta perawatan rambut yang tidak tepat seperti cat rambut, pelurusan rambut, sering menggunakan produk styling rambut (pengering rambut, pelurus rambut), polusi, paparan sinar matahari dll dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Setiap orang pasti menginginan rambutnya terlihat sehat, mengkilap, lembab dan kuat tidak peduli pria maupun wanita. Nah kali ini say aingin berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara membuat kondisioner atau masker rambut alami untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

Kita semua pasti menginginkan rambut kita seperti model yang ada di Tv yang rambutnya terlihat hitam, panjang, halus, kuat dan lembab. Ya tentu saja rambut mereka akan kelihatan cantik karena memang mereka model dan tentunya mereka menghabiskan banyak biaya perawatan rambut untuk perawatan rambut karena itulah aset mereka. nah kita semua tentu tidak memiliki banyak waktu atau biaya untuk merawat rambut kita agar kelihatan lebih cantik seperti rambut mereka.

Cara Membuat Masker Rambut (Kondisioner) Alami Rambut

Membuat kondisioner atau masker rambut yang akan kita bahas kali ini adalah untuk perawatan rambut serta kulit kepala secara umum.  Perawatan rambut adalah sama pentingnya dengan meminyaki dan menjaga kebersihan rambut karena produk styling, efek pengering panas, bahan kimia, paparan sinar matahari, polusi yang dapat merusak rambut, dan kondisioner rambut alami membantu dalam memperbaiki kerusakan rambut ini. Kondisioner rambut dan masker rambut yang tepat akan membantu mencegah masalah rambut rontok dengan menyediakan vitamin dan protein untuk folikel rambut. Selain itu, kondisioner rambut akan membantu membuat rambut lebih bersinar alami dan lembab untuk mencegah kekeringan pada rambut.

Beberapa masalah rambut yang paling umum yang memerlukan perawatan rambut yang tepat adalah seperti dibawah ini:

Rambut bercabang
Split rambut atau rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut kehilangan kutikula pelindung, dan rambut akan rusak terbagi menjadi dua atau bahkan tiga ujung. Bahkan cabang rambut akan tumbuh mencapai tiga sentimeter panjangnya. Hal ini terjadi karena minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala gagal mencapai ujung rambut sehingga ujung rambut akan menjadilebih kering dan rapuh dan menyebabkan rambut bercabang. Rambut yang sering terpapar atau terkena panas terlalu banyak dari produk styling, sinar matahari, dan pengering rambut juga rentan terhadap kerapuhan dan rambut bercabang.

Rambut rontok
Biasanya seseorang kehilangan 80-100 rambut setiap hari adalah hal yang wajar karena rambut juga membutuhkan pertumuhan rambut baru dan menggantikan rambut lama yang tua. Namun jika ambut rontok terjadi melebihi jumlah tersebut tiap hari maka hal tersebut menjadi masalah pada rambut anda. Dalam kasus tertentu rambut rontok diperburuk karena alasan tertentu seperti penggunaan berlebihan alat pemanas untuk meluruskan atau mengeriting, reaksi bahan kimia hadir dalam produk styling buatan, pewarna rambut dan perubahan hormonal.

Ketombe
Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang paling umum terjadi pada sebagian besar orang dengan kulit kepala tidak sehat. Ini adalah kondisi abnormal kulit yaitu pngelupasan kulit kepala yang ditandai dengan rasa gatal. Meskipun, itu bukan penyakit serius tetapi tentu saja hal itu sangat memalukan dan mampu menurunkan rasa kepercayaan diri. Ketombe disebabkan oleh berbagai masalah rambut seperti kebersihan yang buruk, seboroik Dermatitis, kulit kering, stres, diet yang tidak tepat, penggunaan berlebihan produk rambut.

Ranbut mengembang dan susah diatur
Banyak wanita yang menderita masalah rambut yang mengembang dan susah diatur. Masalah ini disebabkan karena kurangnya kelembaban pada rambut, mencuci rambut terlalu sering, bahan kimia dalam shampoo, stres dan pola makan yang buruk. Untuk mempertahankan kelembaban di rambut sebaiknya mencuci rambut Anda pada interval menggunakan sampo pelembab ringan diikuti dengan conditioner. Cobalah untuk menggunakan masker rambut alami untuk rambut mengembang dan susah diatur. Cobalah untuk membatasi penggunaan alat-alat styling rambut. Memakai hair cup ketika berenang dikolam renang karena umumnya kolam renang akan mengandung bahan kimia untuk penjernih air.

Rambut kusam & berminyak
Rambut berminyak disebabkan oleh produksi berlebih zat lilin yang disebut sebum dari kelenjar sebaceous yang memberikan penampilan rambut kusam. Untuk mengendalikan minyak di rambut, gunakan kontrol minyak sampo ringan, dan menerapkan kondisioner setidaknya satu inci dari kulit kepala Anda.

Nah jika anda mengalami masalah-masalah seperti diatas maka tidak ada salahnya anda membuat kondisioner atau masker rambut alami yang akan membantu permasalahn rambut diatas sehingga rambut anda akan kelihatan sehat dan cantik. Nah berikut adalah beberapa masker rambut atau kondisioner alami yang dapat anda buat sendiri dirumah untuk membuat rambut anda kelihatan lebih cantik, kuat dan sehat.

KOndisioner alami pisang, madu dan minyak zaitun
Kondisioner alami terbaik untuk lembut dengan banyak nutrisi yang baik untuk rambut anda. Pisang membantu meminimalkan penyusutan rambut, minyak zaitun meresap ke dalam rambut untuk memasok pelembab alami rambut dan madu membantu menjaga kelembapan dan membuat rambut anda lebih bersinar. Obat ini dapat digunakan sekali setiap minggu untuk hasil terbaik.

Bahan: Pisang, Madu dan minyak zaitun

Cara pembuatan haluskan pisang matang lalu tambahkan dengan 2 sendok teh madu, dan 2 sendok teh minyak zaitun. Haluskan semua bahan dalam blender untuk membuat pasta halus. Terapkan untuk rambut dan biarkan selama setengah jam. Memakai hair cup atau penutup rambut untuk menghindari masker rambut tersebut menetes. Bilas dengan air.

Kondisioner dari telur, Yogurt dan mayones
Nutrisi dalam telur membantu meningkatkan minyak alami di kulit kepala sehingga mengurangi kekeringan dan ketombe, selain hal itu kandungan nutrisi dalam telur akan membantu memperkuat folikel rambut. Hal ini juga mencegah rambut rontok. Yogurt membantu untuk membuat rambut lembut dan berkilau. Sebaiknya digunakan dua kali setiap minggu untuk hasil terbaik.

Bahan: Telur, Yogurt dan mayones

Cara pembuatan
Campur semua bahan dalam mangkuk dan mengocok semua bahan dengan baik yaitu 1 sendok makan yogurt tanpa rasa, 1 sendok mayones dan 1 butir telur. Setelah tercampur sempurna oleskan pada rambut dari akar ke ujung. Memakai topi mandi atau hair cup dan biarkan kering selama 40 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Jangan gunakan air hangat untuk mencuci. Dan bilas dengan sampo ringan.

Kondisioner minyak Kelapa dan Madu
Minyak kelapa membantu mencegah uban dan menjadikan rambut lebih hitam secara alami. Madu membantu dalam melembabkan helai rambut, minyak kelapa murni juga membantu mencegah untuk hilangnya keratin. Hal ini akan membantu dalam melembabkan dan memperkuat folikel rambut dari akar ke ujung. Sebaiknya digunakan 2 sampai 3 kali setiap minggu untuk hasil yang paling efektif.

Bahan: 2 sendok makan Minyak Kelapa dan 2 sendok makan Madu

Cara pembuatan dan penggunaan
Campur bahan dalam mangkuk kaca dan memanaskan campuran secara tidak langsung dengan menempatkannya dalam mangkuk air hangat. Menerapkannya secara menyeluruh pada rambut basah dan kulit kepala. Biarkan selama setengah jam dan bilas dengan air.

Kondisioner dari kayu manis, madu dan susu
Madu adalah pelembab alami yang efektif yang membantu menjaga kelembaban pada kulit dan rambut. Kondisioner alami ini kaya protein dalam susu seperti kasein yang membantu menjaga kelembaban dan membuat rambut lebih mengkilap dan bersinar. Kayu manis membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan akar rambut sehingga membuat rambut lebih kuat dan sehat. Sebaiknya digunakan dua kali setiap minggu untuk hasil terbaik.

Bahan: 2 sendok makan kau manis bubuk, 2 sdm Madu dan 2sdm Susu bubuk dan 1 butir telur

Cara pembuatan dan penggunaan
Campur semua bahan dalam mangkuk kaca dan memanaskannya sedikit dengan menempatkannya dalam mangkuk air hangat. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama setengah jam. Cuci dengan air diikuti dengan sampo ringan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Membuat Masker Rambut (Kondisioner) Alami Rambut "

No comments:

Post a Comment