Tips Alami Merawat & Mengobati Luka Memar

Setiap orang pasti akrab dengan yang namanya luka memar. Luka memar biasanya terjadi akibat anggota tubuh yang berbenturan dengan benda keras. Lalu apa sih yang dimaksud luka memar tersebut? Memar (istilah medis adalah contusions) merupakan luka atau cedera jaringan lunak. Kerusakan umumnya terjadi di bawah kulit dan terlihat melalui jaringan kulit, yang biasanya ditandai dengan warna keunguan atau kebiruan. Setelah beberapa hari, daerah atau area yang terjadi luka memar akan berubah menjadi kehitamam dan biru dan sekitar seminggu kemudian, sering terlihat kuning atau kehijauan sebelum memudar ke coklat dan kemudian menghilang. Kebanyakan luka memar ringan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar dua minggu tanpa pengobatan.


Apa yang menyebabkan memar dan bagaimana hal itu bisa terjadi?
Cedera pada jaringan lunak yang menyebabkan pembuluh kapiler atau pembuluh darah kecil di bawah jaringan kulit pecah. Sel darah merah kemudian bocor keluar dari kapiler dan mengumpulkan di bawah permukaan kulit, sehingga luka memar akan terlihat kebiruan karena gumpalan darah yang membeku dan keluar dari jaringan kapiler. Anda mungkin bisa dengan mudah menderita luka memar karena kemungkinan permukaan kulit lebih tipis. Dinding pembuluh darah yang tipis (biasanya dipengaruhi oleh faktor usia juga), sehingga menjadi begitu rapuh sehingga kulit anda mudah memar ketika berbenturan dengan benda padat lai walaupun benturan terjadi tidak begitu keras.

Kekurangan vitamin K (ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua) juga dapat menyebabkan luka memar terjadi dengan mudah. Kekurangan vitamin C juga bisa mempengaruhi hal tersebut. Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen dan senyawa lain yang mempengaruhi kulit dan kemampuan pembuluh darah untuk menahan dampak yang menyebabkan memar.

Bagaimana mengobati luka memar dengan cara alami
Kebanyakan memar sembuh tanpa pengobatan. Anda dapat membantu menurunkan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit dengan menerapkan kompres dingin di daerah luka. nah berikut adalah beberapa langkah mengoati luka memar seperti yang dikutip dari Dr Weil di situsnya drweill.com:

  • Bersihkan area yang terjadi benturan agar terbebas dari bakteri atau kuman yang mungkin bisa menginfeksi
  • Terapkan kompres dingin, seperti es batu yang dibungkus handuk. Semakin cepat Anda mendapatkan kompres dingin ke area cedera, semakin cepat Anda akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
  • Selanjutnya anda bisa mengambil salah satu opsi untuk membantu menghentikan pembengkakan dan membantu mempercepat penyembuhan seperti dibawah ini:
  • Lidah buaya, dari tanaman asli sukulen Afrika ini membantu menenangkan iritasi kulit. Gunakan gel daun lidah buaya untuk dioleskan ke seluruh permukaan memar.
  • Menghilangkan bengkak dengan buah pala. Potong buah pala menjadi 2 bagian lalu gosokkan potongan pala tersebut di area luka, lakukan pagi dan sore hingga bengkak dan rasa nyeri hilang.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Merawat & Mengobati Luka Memar "

No comments:

Post a Comment