Tips Alami Menurunkan Panas Demam Pada Anak

Anak anak sering mengalami demam dan hal itu biasa terjadi. Anda dapat mencoba penyembuhan alami untuk menurunkan demam pada anak Anda. Anak yang demam akan mudah rewel karena merasa tidak nyaman dengan demam yang dideritanya. Demam adalah suatu keadaan suhu badan meningkat dari kondisi suhu tubuh yang normal, suhu meningkat dari keadaan normal yaitu melebihi 37C yang bisa disebabkan oleh penyakit atau peradangan.

Demam juga bisa merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya. Penanganan demam biasanya dengan diberikan obattipire misalnya golongan acetaminopen namun semua itu harus melalui petunjuk dokter.


Idealnya demam benar-benar dapat membantu tubuh anak Anda melawan infeksi. Tetapi jika suhu naik cukup tinggi hal itu akan membuat anak Anda benar-benar tidak merasa nyaman atau dehidrasi, maka dengan menurunkan demam dapat membantu menjaganya menjadi lebih nyaman. Ada beberapa cara alami yang bisa anda coba untuk membantu menurunkan panas tubuh anak anda karena demam dan berikut adalah tips yang bisa anda coba dirumah:

  • Tempatkan kompres dingin, yaitu kain lap basah yang anda masukkan dalam air dingin atau es, peras dan tempatkan di dahi anak Anda sementara dia bersandar.
  • Saat anak anda akan mandi, mandikan anak Anda dengan air hangat suam-suam kuku atau jika anak anda enggan untuk mandi maka gunakan spons mandi yang telah anda elupkan pada air hangat untuk membilas atau mengelap tubuhnya. Hal ini akan membantu peningkatan air menguap dari kulitnya, itu akan membantu mendinginkan dan menurunkan suhu tubuh anak anda. Jangan gunakan air dingin. Hal ini dapat membuat dia menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya meningkat.
  • Pastikan anak anda banyak mengonsumsi cairan dan makanan yang menyegarkan untuk membantu menurunkan demam anak anda seperti yogurt, susu hangat untuk membantu mendinginkan suhu tubuh dari dalam dan menjaga nya tetap terhidrasi.
  • Gunakan kipas angin dengan pengaturan rendah untuk membantu membuatnya merasa lebih nyaman.
  • Gunakan pakaian tipis dengan bahan kapas untuk membantunya merasa nyaman dan membantu menurunkan suhu tubuh. Jika dia menggigil karena kedinginan, memberinya selimut ringan sampai dia hangat lagi.
  • Tinggal di dalam ruangan atau tempat yang dingin dan sejuk. Atau jika Anda berada di luar, tinggal di tempat teduh.

Hubungi segera dokter jika anak Anda menderita demam dan berumur kurang dari 3 bulan. Untuk anak berusia 3 sampai 5 bulan, hubungi dokter jika suhu tubuhnya mencapai 40 derajat C atau lebih tinggi. Dan jika anak anda mengalami demam disertai dengan gejala serius lainnya, seperti kesulitan bernapas atau bintik pada kulitnya segeralah menghubungi dokter. Ini bisa menjadi tanda infeksi bakteri serius.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Menurunkan Panas Demam Pada Anak "

No comments:

Post a Comment