Tips Membunuh & Mengusir Kecoa Di Dalam Rumah

Serangga yang satu ini memang dianggap sebagian orang sebagai hewan pengganggu. Ada yang menganggapnya jijik, menggelikan, menyebalkan dan lain sebgainya. Namun yang pasti serangga yang satu ini adalah salah satu hewan carrier (Pembawa penyakit) yaitu sama seperti lalat yang membawa bakteri di kakinya dan menyebarkannya di makanan yang tidak tertutup. Serangga yang satu ini memang sulit dibasmi karena memang siklus perkembangbiakannya yang pesat. Namun ada beberapa cara yang akan kita bahas di bawah ini untuk mengusir kecoa secara alami, berikut tipsnya.

Tips Membunuh & Mengusir Kecoa Di Dalam Rumah

Mengusir & Membunuh Kecoa Di Rumah

Mengusir Kecoa
Cara mengusir kecoa ternyata cukup mudah, siapkan bahan berikut pilih salah satu saja. Iris bahan-bahan tersebut dalam wadah bisa menggunakan gelas lalu tempatkan gelas tersebut di tempat yang banyak kecoanya atau sering dilewati kecoa. Bau yang terdapat di bahan-bahan tersebut sangat tidak disukai kecoa, jika bahan bahan tersebut habis atau kering cukup ganti dengan yang baru. Bahan-bahan tersebut adalah jeruk lemon, mentimun, daun salam, kapur barus, lavender. Cara ini juga sering digunakan untuk mengusir tikus di dalam rumah.

Membunuh Langsung Kecoa
Dengan membunuh langsung kecoa saat melihatnya diharapkan dapat memutus siklus hidup kecoa tersebut. Injak atau menggunakan alat jika anda merasa jijik atau geli. Namun jika anda takut mendekatinya anda bisa menggunakan air sabun atau air detergen yang bisa anda semprotkan di tempat-tempat yang banyak kecoanya.

Memutus Siklus Hidup Kecoa
Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air maka tidak mengherankan jika kita sering menemukan kecoa di toilet atau kamar mandi rumah kita. Selain pasokan air yang diperlukan kecoa untuk hidup, bau busuk juga bisa menarik kecoa untuk datang kerumah seperti sampah, ruangan yang pengap, ruang dapur yang banyak terdapat sisa sisa makanan dll. Pastikan untuk membersihkan apapun yang bisa dijadikan makanan dan minuman kecoa. Rumah yang bersih dan rapi akan membantu meminimalkan populasi kecoa. Pastikan pula untuk meletakkan sampah atau sisa makanan di luar rumah agar tidak menjadi sumber makanan kecoa. Simpan makanan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan terbuka terlalu lama. Selain melenyapkan sumber makanan, cara lain untuk membasmi kecoa adalah dengan memastikan tidak ada pasokan air untuk minum kecoa.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of Florida, kecoa dapat hidup selama dua minggu tanpa makanan dan air, tetapi mereka bisa bertahan hingga 42 hari dengan hanya minum air. Air dari pipa yang bocor umum digunakan oleh kecoa sebagai sumber air. Tempat di bawah wastafel adalah tempat favorit lain bagi kecoa. Jadi pastikan tempat-tempat tersebut kering sehingga memutus pasokan air bagi kecoa. Jaga kebersihan di tempat tempat yang sering banyak kecoanya, dengan lingkungan bersih kecoa tidak akan mendekat.

Perangkap Kecoa dan Predator Alam
Selain cara-cara diatas, metode lain untuk membunuh kecoa adalah dengan memasang perangkap non racun di sekitar rumah. Salah satu jenis perangkap bekerja seperti perekat yang menjebak kecoa sehingga tidak sempat masuk ke dalam rumah. Kecoa juga memiliki sejumlah besar predator alami. Kadal, burung, tikus, kodok, dan katak semua menjadikan kecoa sebagai santapan. Pastikan untuk tidak mengganggu habitat predator alami agar populasi kecoa tetap terkontrol.

Selain Cara-cara diatas, dibawah ini beberapa cara alternatif untuk membasmi kecoa secara alami :

Melati untuk mengusir kecoa dirumah
Cara lain adalah dengan memakai bunga melati dan garam, letakkan saja disamping lemari ataupun sudut-sudut ruangan, atau jika kamar mandi bisa taruh di samping kloset, Bau dari melati bisa mengusir kecoa dan membuat ruangan menjadi wangi, selain melati kita bisa menggantinya dengan biji bunga lavender.

Daun lada untuk mengusir kecoa
Dengan daun lada kita juga dapat membasmi kecoa, penggunannya sama dengan daun salam. Diiris tipis kemudian ditaburin pada ruangan dimana kecoa sering lalu lalang. Dan jika daunnya sudah mengering dan berubah warna, cukup diganti dengan daun yang baru supaya kecoanya bisa lebih cepat pergi.

Lada untuk mengusir kecoa
Selain dapat mengusir kecoa secara alami, bisa juga dipakai untuk mengusir semut. Ambil lada sesuai dengan kebutuhan lalu tumbuk sampai didapat bubuk yang halus, jika sudah halus tinggal ditambah air sampai menjadi semacam pasta. Kemudian ambil kuas lalu oleskan ramuan ke daerah-daerah yang sering menjadi tempat berkumpulnya kecoa dan semut. Cara ini paling pas untuk mengusir yang ada di lemari dan meja makan, kita tinggal oleskan saja pada kaki-kaki meja atau lemari.

Kapur barus untuk mengusir kecoa
Kecoa tak suka bau wangi/segar. Jadi letakkan kapur barus di tempat-tempat yang biasa dilalui kecoa. Dapat diletakkan utuh atau di gerus.

Lavender untuk mengusir kecoa
Letakkan segenggam biji bunga lavender di wadah dan tempatkan di kamar mandi atau laci. Baunya akan mengusir kecoa dan menyegarkan ruangan.

Demikianlah tips dan cara mengusir kecoa di dalam rumah, semoga bermanfaat.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Membunuh & Mengusir Kecoa Di Dalam Rumah "

No comments:

Post a Comment