Tips Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Lancar & Teratur

Siklus menstruasi yang tidak sama antar setiap wanita merupakan hal wajar yang terjadi. Ada yang memiliki siklus menstruasi yang pendek seperti 21 hari normal 28 hari atau siklus menstruasi yang panjang seperti diatas 30 hari. Ada variasi yang berbeda antara siklus menstruasi pada wanita kata Marcelle, perawat praktisi ob-gyn dan pendiri Women berbasis Maine Yarmouth. Yang penting adalah ketika siklus menstruasi terjadi dengan pergeseran normal. Bahkan kemudian, siklus tidak teratur sesekali tidak perlu dikhawatirkan, katanya. Yang terpenting adalah bahwa siklus tidak teratur pada menstruasi wanita tidak berlangsung secara berkepanjangan, perbedaan siklus menstruasi bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti makanan dan stres.

Tips Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Lancar & Teratur

"Menstruasi Sehat merupakan indikasi keadaan pikiran dan tubuh yang sehat," kata Bobby Clennell, penulis The Women Yoga Book (Rodmell, 2007). Keseimbangan adalah kunci, kata Alicia Stanton, MD, seorang dokter integratif dan salah satu penulis Hormone Harmony (Library Hidup Sehat, 2009). Pada awal siklus Anda, estrogen membantu sel telur berkembang, telur berovulasi kemudian membentuk kista korpus luteum, yang membuat progesteron. Estrogen membantu menebalkan lapisan rahim, dan menstabilkan lapisan untuk implantasi embrio. Jika Anda tidak hamil, progesteron akan dikeluarkan melalui siklus menstruasi selama beberapa hari ke depan. Atau setidaknya itulah cara yang seharusnya bekerja. Ketika tidak, beberapa penyebab umum adalah tersangka utama.

Jika siklus menstruasi Anda tiba-tiba mulai datang lebih awal dan sering selama beberapa siklus berturut-turut (katakanlah, setiap 20 hari, bukan biasa 28 Anda), atau bahkan menjadi lebih panjang itu sering merupakan tanda bahwa tubuh Anda tidak memproduksi cukup progesteron untuk menyeimbangkan estrogen, kata Stanton.

Penyebab umum Siklus menstruasi tidak teratur

  • Polycystic ovarian syndrome (PCOS). Sekitar 1 dari 15 wanita memiliki gejala PCOS, kondisi ketidak seimbangan hormon yang terkait dengan resistensi insulin. PCOS terjadi ketika folikel telur membentuk tetapi mereka tidak melepaskan dan mengeluarkannya, jika keluar biasanya disertai perdarahan kadang-kadang berat, Stanton menjelaskan. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala PCOS atau resistensi insulin, penting untuk menjaga berat badan anda tetap ideal dan menghindari kelebihan berat badan. "Wanita yang memiliki banyak lemak perut memiliki banyak estrogen," kata dia.
  • Perimenopause. Tanda-tanda-termasuk ketidakseimbangan menopause awal dan kegagalan ovulasi-bisa mulai di akhir usia 30-an dan menyebabkan perdarahan berat. Stres kronis memperburuk ketidakseimbangan, karena kelenjar adrenal mengarahkan produksi kortisol terhadap respon stres daripada menggunakan kortisol sebagai blok untuk progesteron.
  • Kondisi kesehatan atau infeksi
  • Masalah struktural, seperti endometriosis, polip rahim dan fibroid, fungsi tiroid rendah, penggunaan antibiotik berkepanjangan, dan bahkan infeksi seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.
  • Kadar hormon yang rendah
  • Makanan juga faktor terbesar yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar atau tidak teratur. Kekurangan gizi yang paling umum yang terkait dengan stres mencakup asam lemak esensial (seperti omega-3), vitamin B (terutama B6), dan mineral (terutama magnesium dan zinc).
  • Menopause dini. "Jika Anda berada di usia 30-an Anda dan tiba-tiba memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau jarang, pastikan untuk memeriksakan kadar hormon anda," kata Stanton. Riwayat keluarga, penyakit, dan prosedur medis tertentu dapat menyebabkan beberapa perempuan mengalami menopause dini sebelum usia 51.

Cara untuk menjaga siklus menstruasi teratur dan lancar

  • Mengurangi lemak tubuh melalui pola makanan sehat dan olahraga.
  • Mengelola tingkat stres dengan lebih baik. Stres merupakan salah satu penyebab paling umum yang sering menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan lancar.
  • Cobalah yoga. Sebelum memasuki periode menstruasi Anda, lakukan latihan yoga seperti pose segitiga dan setengah bulan untuk menciptakan ruang dan kemudahan di daerah pinggul. Postur yoga restoratif seperti berbaring dapat mengembalikan energi dan membuat nyaman organ perut. Yoga juga membantu menstabilkan keluaran hormonal dan mengatur aliran darah.
  • Makan makanan yang sehat. Hindari makanan berkalori tinggi seperti makanan olahan dan ymakanan yang mengandung banyak gula berlebih. Konsumsi protein tanpa lemak (bersama dengan sayuran dan biji-bijian) setiap dua sampai tiga jam. Ini akan membantu menstabilkan gula darah dan mengurangi permintaan kortisol.
  • Cukup istirahat atau Tidur. Cukup mendapatkan istirahat atau cukup tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam.
  • Hindari makanan siap saji. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan cepat atau siap saji, Anda tidak memberikan tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan. Jika Anda makan secara sporadis, kehilangan makanan dan diet terus-menerus - Anda dasarnya mengirimkan tubuh Anda ke mode bertahan hidup. Tubuh Anda berpikir itu kelaparan dan menutup sistem yang tidak perlu.
  • Ubah gaya hidup anda. ubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat akan membantu menjaga siklus menstruasi anda teratur. Rutin berolahraga, pola makan yang sehat dan seimbang, hindari stres dan kebiasaan buruk lain akan membantu menjaga siklus menstruasi anda menjadi lebih baik.

Ketika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa serius ketidakteraturan menstruasi Anda. Jika siklus menstruasi terjadi dalam jangka panjang atau lama atau lebih dari satu tahun, tidak ada pendarahan selama berbulan-bulan pada satu waktu, terlalu banyak pendarahan, siklus menstruasi yang sangat menyakitkan dan setiap gangguan kesehatan lain pada umumnya membutuhkan perawatan profesional yaitu dari medis atau dokter terkait.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Lancar & Teratur "

No comments:

Post a Comment