Tips Mengusir & Membunuh Tikus Di Rumah

Tikus adalah ihewan pengerat yang sering kita temukan di rumah kita. Hewan ini memiliki banyak jenis seperti tikus got, tikus rumah, tikus sawah yang sering menimbulkan banyak kerugian bagi kita. Selain merugikan tikus juga merupakan hewan carrier atau jenis hewan yang mampu membawa penyakit dan menularkannya, penyakit ini menyebar melalui urine. Penggunaan bahan kimia untuk membunuh tikus maupun rodentisida bisa menimbulkan risiko serius bagi anak-anak, hewan peliharaan, hewan liar lainnya, dan lingkungan.

Tips Mengusir & Membunuh Tikus Di Rumah

Tikus merupakan jenis hewan nokturnal yaitu jenis hewan yang aktif mencari makanan pada malam hari, hewan yang sering mengerat kayu atau material lain untuk menjaga gigi mereka tetap tajam an tidak tumbuh terlalu panjang dan siklus reproduksi yang terbilang cepat (mulai usia 6 minggu). Anda dapat membunuh dan mengusir tikus tanpa harus menggunakan bahan kimia beracun, yang membuatnya bisa berbahaya bagi lingkungan, anggota keluarga maupun hewan peliharaan. Pastikan untuk menjaga makanan dengan baik, menghilangkan sumber air yang menjadi sumber hidupnya, memutus siklus hidup tikus dan tidak membiarkan sesuatu hal yang menarik tikus untuk mendatangi dan tinggal dirumah anda.

Membunuh & Mengusir Tikus Di rumah

Menggunakan racun tikus
Kebanyakan rodentisida atau racun untuk membunuh tikus yang beredar di pasar saat ini adalah anti-koagulan. Racun ini bekerja untuk menghambat kemampuan tubuh untuk pembekuan darah, yang mengakibatkan pendarahan pada tikus. Beberapa racun tikus tersebut adalah Warfarin, brodifakoum, diefenacoum, dan flocoumafen. Selain bekerja sebagai pembekuan darah, racun akan membuat tikus sangat haus. Mereka kemudian meninggalkan rumah untuk mencari air dan mati. Tapi racun racun tersebut bisa membahayakan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing jika memakannya.

Menggunakan perangkap tikus untuk membunuh dan menangkapnya
Ada beberapa jenis perangkap yang bisa anda gunakan untuk membunuh dan menangkap tikus. Beberapa perangkap tikus ini bekerja untuk membunuh dan bekerja menggunakan umpan, dan mekanisme pegas yang kuat terkunci kawat bawah, akan menjerat dan menjepit leher hewan pengerat sampai mati. Perangkap lain kan bekerja hanya untuk menangkapnya saja mekanisme atau cara kerjanya sama dengan untuk membunuh namun perangkap ini hanya untuk menangkapnya saja, mereka akan tertarik umpan didalam perangkap dan ketika mereka masuk dan mengambil umpan pintu akan menutup dan mereka terjebak didalam perangkap tersebut. Ada juga perangkap yang bertujuan untuk menangkap tikus dengan mekanisme kerja seperti lem, tikus akan tertangkap karena kaki dan bulunya menempel pada lem.

Memutus siklus hidup tikus
Dengan menjaga setiap ruangan tetap bersih akan menjaga rumah anda tidak menarik hama tikus untuk datang. Pastikan semua ruangan bersih, terang dan tidak membiarkan makanan terbuka.

Minyak peppermint akan mengusir tikus
Untuk kita, kebanyakan orang akan menyukai bauan yang timbul dari minyak pepermint karena harum, menyegarkan dan beraroma herbal. namun untuk tikus bebeauan tersebut sangat dibenci oleh tikus, dengan menempatkan beberapa minyak peppermint disetia sudut rumah atau ruangan yang banyak terdapat tikus mereka akan takut untuk mendekat.

Tikus, sementara tempat dekat sebagai mengesankan sebagai mengatakan, anjing, masih memiliki rasa yang cukup akut penciuman yang mengalahkan kita sendiri. Jadi sementara kita menemukan bau peppermint yang menyegarkan, tajam, dan menyenangkan, tikus merasa luar biasa dan ofensif. Ini bukan obat terbaik untuk mencegah tikus, tapi itu membuat pujian bagus untuk program PHT yang solid.

Memeelihara hewan predator tikus
Ada beberapa jenis hewan predator alami yang memangsa tikus seperti elang, burung hantu, kucing, anjing, ular dll. nah jika anda ingin rumah anda terbebas dari tikus maka peliharalah hewan yang umum sebagai hewan peliharaan namun mampu membuat tikus kabur seperti kucing atau anjing. Kucing merupakan predator (pemangsa) alami tikus selain hewan lain seperti elang, racoon, ular dan predator lain dan cocok sbeagai hewan peliharaan. Pelihara kucing namun bukan kucing hias, karena kucing hias biasanya tidak suka memangsa tikus. Pemangsa tikus paling efektif adalah kucing kampung. Dengan memelihara kucing niscaya rumah anda akan terbebas dari hewan pembawa penyakit ini.

Hewan lain yang paling tidak disukai tikus adalah jangkrik. Hewan yang memiliki derik yang lantang ini sangat tidak disukai tikus karena suaranya yang gaduh. Pelihara jangkrik dan tempatkan di tempat-tempat yang banyak tikusnya atau sering dilalui tikus.

Bauan yang mengusir tikus
Seperti yang saya jelaskan pada poin teratas bahwa tikus sangat membenci dengan aroma yang menyengat seperti parfum atau minyak peppermint. Namun anda bisa menggunakan bahan herbal utnuk mengusir tikus dengan aroma yang sangat dibenci tikus seperti minyak cengkeh, bawang putih, bubuk merica dll. Menempatkan bau-bauan yang menyengat di tempat tempat yang sering dilalui tikus atau sarangnya. Bahan bahan alami yang memiliki bau menyengat dan bisa mengusir tikus adalah sebagai berikut:

  • Kulit Durian
  • Daun Mint
  • Kapur barus
  • Parfum dengan bau yang menyengat
  • Buah mengkudu
  • Dll

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengusir & Membunuh Tikus Di Rumah "

No comments:

Post a Comment