5 Tips Alami Mengatasi Rambut Lepek (berminyak)

Rambut lepek atau berminyak merupakan hal yang wajar untuk iklim tropis Indonesia. Namun tentunya rambut yang terlalu lepek atau berminyak tentu tidak nyaman untuk kulit kepala. Ketika rambut Anda  satu atau dua hari setelah mencucinya namun terasa banyak kelebihan minyak dirambut, Anda mungkin memiliki rambut berminyak atau rambut lepek. Minyak adalah sekresi alami dari kulit kepala yang membantu menjaga kesehatan rambut. nah intinya rambut berminyak adalah hasil produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala.

Mengatasi Rambut Lepek (berminyak)

Rambut lepek atau berminyak dapat terjadi karena berbagai faktor seperti keturunan, perubahan hormon, stres yang berlebihan, terlalu banyak makan makanan berminyak dan perawatan rambut yang buruk. jika rambut lepek anda biarkan tanpa adanya perawatan lanjutan maka rambut anda lebih rentan terhadap ketombe dan gatal-gatal. Untuk mencegah rambut berminyak Anda perlu menjaga kulit kepala yang bersih. Namun, mencuci atau mengeramasi rambut setiap hari juga bukan ide yang baik. Bahan kimia yang terdapat pada shampoo dapat memperburuk masalah.

Mengatasi Rambut Lepek (berminyak)

Anda bisa mencoba beberapa perawatan rambut rumah dengan bahan bahan alami yang aman untuk kesehatan rambut anda sekaligus membantu mengurangi produksi minyak berlebih padfa kulit kepala yang membuat rambut anda lepek. Berikut adalah beberapa tips sederhana mengatasi rambut lepek:

Mengatasi rambut lepek dengan cuka sari apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, yang membantu mengontrol sekresi minyak berlebih pada rambut Anda. Selain hal itu cuka sari apel juga bekerja sebagai hair tonic ampuh yang membantu membuat rambut anda lebih lembut dan mengkilap.

  • Campur dua sampai tiga sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air.
  • Setelah keramas menggunakan sampo ringan, gunakan campuran cuka sari apel ini sebagai bilas.
  • Tunggu beberapa menit, dan kemudian mencucinya dengan air dingin.
  • Ulangi dua atau tiga kali seminggu.

Mengatasi rambut lepek menggunakan lemon

Lemon mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang membantu membuat rambut lebih sehat. Kandungan asam pada lemon membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan kontrol sekresi minyak.

  • Campur air perasan dua buah lemon dalam dua gelas air suling. Anda juga dapat menambahkan tiga sendok teh madu (opsional).
  • Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan rambut dan memijatnya dengan lembut selama beberapa menit.
  • Biarkan selama lima menit, dan kemudian mencucinya dengan air hangat.
  • Ulangi tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengatasi rambut lepek menggunakan Teh Hitam

Teh hitam memiliki zat yang dikenal sebagai asam tanat yang membantu mencegah penumpukan minyak berlebih di kulit kepala dengan mengencangkan pori-pori.

  • Tambahkan satu hingga dua sendok makan daun teh hitam dalam satu gelas air.
  • Didihkan selama 10 menit.
  • Saring daun teh dan biarkan larutan mendingin sampai suhu kamar.
  • Tuang campuran suam-suam kuku ini pada kulit kepala dan rambut.
  • Biarkan selama lima menit, bilas, dan kemudian mencuci rambut Anda dengan sampo ringan.
  • Ulangi dua atau tiga kali seminggu untuk menyingkirkan rambut berminyak.

Mengatasi rambut lepek menggunakan lidah buaya / Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera mengandung berbagai Vitamin, mineral dan enzim yang sangat membantu untuk menyingkirkan rambut berminyak. Lidah buaya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan mengontrol sekresi minyak dan kandungan nutrisi lain membantu menutrisi akar rambut dan menguatkannya.

  • Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dan satu sendok makan jus lemon kedalam shampoo ringan yang anda gunakan untuk mengeramasi rambut.
  • Cuci rambut Anda dan biarkan sampo untuk tetap pada rambut Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Mengatasi rambut lepek menggunakan masker Telur

Telur mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut Anda. Putih telur membantu mengontrol minyak rambut dan kuning telur yang kaya akan protein membantu memperkuat rambut.

  • Oleskan secara menyeluruh dari akar sampai ujung rambut telur yang sudah diaduk hingga berbuih pada rambut basah, dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dan cuci rambut Anda dengan sampo ringan. Ulangi sekali setiap dua minggu.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "5 Tips Alami Mengatasi Rambut Lepek (berminyak) "

No comments:

Post a Comment