6 Tips Alami Mengatasi Pilek, Flu & Hidung Tersumbat

Pilek, flu dan demam merupakan penyakit yang biasa menyerang saat kekebalan tubuh menurun. Perubahan cuaca, cuaca dingin, keletihan sering juga menyebabkan pilek. Pilek memang menjengkelkan karena seringkali disertai dengan demam, hidung tersumbat dan sakit kepala sehingga kita merasa tidak nyaman untuk beraktifitas.

Kali ini saya akan sedikit share seperti dikutip dari situs kesehatan Webmd tentang bagaimana cara mengatasi pilek dan hidung tersumbat dengan cara alami. Memang obat penghilang pilek banyak tersedia dipasaran namun jika anda lebih menyukai cara alami yang bebas bahan kimia anda dapat menggunakan cara ini. Penggunaan obat obatan kimia secara jangka panjang tentu berefek buruk terhadap kesehatan anda.

6 Tips Alami Mengatasi Pilek, Flu & Hidung Tersumbat

Dengan menggunakan cara ini akan memberikan anda bantuan untuk mengurangi gejala atau memperpendek durasi gejala tersebut. Brikut adalah beberapa pengobatan rumah secara alami yang dapat membantu Anda mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Mengatasi lendir yang menyumbat
Seringkali disaat pilek hidung anda akan terasa tersumbat oleh produksi lendir yang berlebih di sistem pernapasan anda. Nah untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat maka anda harus sering mengeluarkan lendir dihidung anda dengan cara menghembuskan lendir itu keluar dari hidung anda. Tekan jari di satu lubang hidung hembuskan angin lewat satu lubang hidung lainnya untuk membantu mengeluarkan lendir. Cuci tangan Anda setelah meniup hidung Anda.

Perbanyak beristirahat
Saat anda beristirahat maka hal tersebut dapat membantu kekebalan tubuh anda melawan flu dan pilek. Hal itu cukup memberikan lebih banyak energi pada sistem tubuh anda untuk melawan virus atau membantu mempercepat penyembuhan dari pilek atau flu. Jadi jika anda merasa gejala awal pilek atau flu beristirahat adalah cara yang tepat dan cepat untuk mengatasi flu dan pilek.

Berkumur
Berkumur dapat membantu mengatasi rasa sakit tenggorokan dan memberikan bantuan sementara. Coba satu sendok teh garam dilarutkan dalam air hangat, empat kali sehari. Untuk mengurangi gatal di tenggorokan Anda, cobalah kumur / konsumsi menggunakan teh hangat yang mengandung zat tanin untuk membantu mengatasi radang dan memberikan rasa nyaman di tenggorokan. Atau berkumur kental menggunakan campuran madu dan cuka sari apel, obat alami yang populer dalam mengatasi sakit tenggorokan akibat batuk, pilek maupun flu.

Atau anda bisa menggunakan bahan lain yaitu dengan panaskan daun raspberry atau jus lemon dalam dua cangkir air panas dan campurkan dalam satu sendok teh madu. Biarkan sampai dingin dan buatlah berkumur. Madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 1.

Kurangi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula atau berminyak
Saat anda pilek atau flu dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula dan minyak justru akan memperparah gejala pilek dan flu anda. Saat flu dan pilek menyerang kurangi makanan dan minuman seperti gorengan, mie instan, permen, soda dll.

Minum air hangat
Air hangat membantu meredakan sekaligus memberikan rasa lega ditenggorokan akibat flu atau pilek. Air hangat juga meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran meradang yang melapisi hidung dan tenggorokan. Anda bisa menggunakan air putih hangat, jahe hangat, teh hangat atau madu hangat dan ingat jangan menambahkan gula untuk itu.

Menggunakan uap untuk mengatasi hidung tersumbat
Siapkan baskom atau mangkuk yang cukup besar lalu tuangkan air panas. tempatkan wajah anda diatas mangkuk dan menghirup uapnya dengan menutup kepala anda menggunakan handuk. hal ini akan membantu mengatasi hidung tersumbat. Selalu ingat jaga jarak aman antara air panas dengan wajah anda. Atau anda bisa menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air panas dan biarkan hingga hangat dan tempatkan pada hidung anda.

Mengatasi kesulitan tidur akibat hidung tersumbat
Untuk membantu agar hidung tidak tersumbat saat tidur gunakan bantal yang agak tinggi atau anda bisa menggunakan 2 bantal untuk menopang kepala anda agar hidung tidak tersumbat. Ini akan membantu dengan drainase saluran hidung. Pastikan untuk tidak menempatkan bantal terlalu tinggi karena bisa menyebabkan leher anda sakit.

Ingat, kondisi yang serius dapat menyamar sebagai flu biasa dan infeksi ringan bisa berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius. Jika Anda memiliki gejala yang parah atau gejala yang tidak kunung sembuh segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dengan segera.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Tips Alami Mengatasi Pilek, Flu & Hidung Tersumbat "

No comments:

Post a Comment