Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, Kaki & Tubuh

Kulit yang tampak lebih putih dan cerah seringkali dianggap lebih eksotis bagi kebanyakan pria maupun wanita. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk memutihkan kulit dengan berbagai cara bahkan menggunakan bahan kimia atau produk kimia berbahaya digunakan sebagai perawatan untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan cerah. Tentu saja bahan bahan kimia dalam produk perawatan kulit akan berbahaya bagi kesehatan kulit jika digunakan dalam jangka panjang dan dapat menimbulkan berbagai resiko kesehatan yang ringan seperti iritasi, ruam pada kulit hingga resiko berat pada kulit seperti kanker kulit.

Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, Kaki & Tubuh

Sebenarnya ada banyak bahan alami disekitar kita yang dapat kita gunakan untuk membuat kulit lebih cerah dan putih. Bahan alami tersebut tentu lebih aman digunakan sebagai perawatan pemutihan kulit wajah, tangan, kaki, leher maupun anggota tubuh lain dibanding menggunakan bahan perawatan kulit berbahan dasar kimia. Kulit gelap dan kusam dapat disebabkan oleh banyak faktor yang menyebabkannya, dan berikut adalah beberapa faktor paling umum yang menyebabkan kulit gelap atau kusam:

  • Overexposure matahari atau terlalu banyak terkena terik sinar matahari yang mengandung sinar UV A & B
  • Polusi lingkungan seperti banyak terpapar debu, asap dan radikal bebas
  • Kondisi kesehatan medis / genetik
  • Masalah kulit seperti kulit kering, terlalu berminyak dll
  • Stres
  • Asupan makanan yang dikonsumsi
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Penggunaan produk kosmetik berbasis kimia / tidak cocok dengan jenis kulit
Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, Kaki & Tubuh

Banyak orang yang bekerja dan berusaha keras untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan cerah sehingga pasaran dibanjiri dengan krim pemutih kulit dan lotion. Namun produk tersebut memiliki bahan kimia berbahaya yang pada akhirnya dapat merusak kulit Anda. Nah berikut adalah beberapa cara alami yang bisa anda coba dirumah untuk mendapatkan kulit tubuh yang lebih putih atau cerah dan tentunya lebih aman untuk kesehatan kulit:

Lemon
Sifat asam yang terkandung dalam lemon memiliki sifat pemutihan alami untuk kulit dan jumlah tinggi vitamin C di dalamnya mendorong pertumbuhan sel baru dan membantu mengangkat sel kulit mati dikulit, dengan begitu kulit tubuh anda akan kelihatan lebih putih dan cerah. Selain hal itu lemon juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sangat baik untuk kulit sehingga melindungi kulit anda dari radikal bebas.

  • Oleskan dan ratakan air perasan jeruk lemon dengan mencelupkan bola kapas dalam jus lemon segar dan menerapkannya langsung pada wajah Anda.
  • Anda juga dapat menggosok irisan tipis lemon langsung di atas kulit tangan, kaki , wajah atau leher anda dan diamkan selama setidaknya satu jam dan kemudian cuci wajah Anda dengan air.
  • Lakukan ini 2-3 kali dalam seminggu
  • Atau anda bisa menggunakan cara ini dengan mencampur tiga sendok teh jus lemon dan satu sendok teh bubuk kunyit. Oleskan campuran ini pada kulit dan biarkan selama setengah jam. Mencucinya dengan air. Lakukan ini sekali sehari.
  • Atau, aduk satu sendok teh setiap jus lemon, susu bubuk dan madu. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya.

Pastikan untuk tidak menempatkan atau menggunakan lemon di kulit dengan luka terbuka. Sifat asam dari jus lemon dapat menyebabkan nyeri pada luka terbuka. Juga, jus lemon mungkin tidak cocok untuk kulit sensitif atau jika Anda alergi terhadap lemon. Lemon ini berguna untuk mencerahkan, memutihkan dan menyamarkan bekas luka juga.

Memutihkan kulit menggunakan lidah buaya atau Aloe Vera Gel
Lidah buaya atau aloevera banyak digunakan untuk produk kesehatan dan kecantikan. Biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk perawatan rambut, kulit dan kesehatan lainnya. Lidah buaya dapat mencerahkan kulit yang disebabkan hiperpigmentasi (perubahan warna kulit karena produksi pigmen kulit berlebih) dan mengembalikan warna asli kulit Anda. Hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab utama dari warna kulit tidak merata.

Lidah buaya membantu regenerasi sel-sel baru dan membangun kembali jaringan yang rusak, yang penting untuk kesehatan kulit. Selain hal itu lidah buaya juga mampu membantu menenangkan dan membuat kulit lebih nyaman dengan efek dingin. Gel lidah buaya sederhana ini juga dapat menyamarkan dan mencerahkan bintik-bintik gelap dan meningkatkan warna kulit Anda secara keseluruhan. Cara pemakaian dan penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Potong lapisan luar daun lidah buaya lalu ambil gel daun lidah buaya yang memiliki substansi seperti jelly.
  • Oleskan gel secara menyeluruh pada kulit tangan, wajah, kaki, leher maupun tubuh Anda.
  • Biarkan selama sekitar 30 menit, dan kemudian mencucinya dengan air.
  • Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama dua minggu dan jika anda melakukan perawatan kulit ini secara teratur maka anda akan melihat perbedaannya di kulit anda setelah 6 minggu pemakaian.

Mencerahkan kulit menggunakan Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain. Selain hal itu pepaya juga dapat digunakan dalam berbagai perawatan kecantikan dan juga dapat digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan secara alami warna kulit Anda. Pepaya diyakini mengandung sifat pemutihan alami dan berbagai nutrisi di dalamnya akan membuat kulit Anda lebih cantik dan sehat.

  • Makan pepaya secara teratur akan membuat kulit anda lebih cantik dan sehat karena sifat pembersihan alami dalam pepaya akan membersihkan kulit dari kotoran yang dapat menyebabkan kulit gelap.
  • Gosok bagian dalam kulit pepaya di wajah, tangan, kaki, leher maupun tubuh Anda yang memiliki kulit agak gelap. Biarkan hingga kering. Lalu basuh dengan air dingin dan lap menggunakan handuk kering. Ini akan memberikan kulit Anda halus dan lembut juga lebih putih. Anda dapat menerapkan perawatan kulit ini dan melakukan ini setiap hari.
  • Atau anda bisa menggunakan pepaya sebagai masker caranya hancurkan pepaya matang dan mencampurnya dengan satu sampai 2 sendok makan jus lemon segar. Pijat campuran ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali untuk melihat perubahan terlihat dalam warna kulit Anda.

Kunyit mampu mencerahkan dan memutihkan kulit
Kunyit sering digunakan sebagai obat herbal. Kunyit juga sering digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan warna kulit. Kandungan nutrisi dalam kunyit yaitu curcumin membantu membangun jaringan melanin untuk mempertahankan warna kulit. Juga, kunyit memiliki sifat antiseptik dan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan pada kulit Anda.

  • Campur bubuk kunyit dan susu bubuk murni yang telah diencerkan untuk membuat pasta tebal. Oleskan pasta pada kulit Anda. Biarkan hingga kering dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Ketika dialkaukan secara teratur, obat sederhana ini benar-benar efektif untuk memutihkan kulit.
  • Atau anda bisa menggunakan ramuan alami ini dengan mencampurkan dua sendok teh tepung gram, satu-setengah sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh jus lemon. Oleskan masker ini dan biarkan selama 20 sampai 25 menit atau sampai kering. Bilas kulit Anda dengan air hangat.

Memutihkan kulit dengan Yogurt
Yoghurt merupakan produk olahan yang dihasilkan dari susu, memiliki banyak nutrisi yang tidak hanya baik untuk kulit namun untuk kesehatan secara umum. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt memiliki sifat pemutihan alami jika diterapkan pada kulit.

  • Oleskan yoghurt dan ratakan dengan lembut yoghurt ke kulit Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu untuk melihat perubahan yang signifikan dalam kulit Anda.
  • Atau, campurkan satu sendok makan yogurt segar dengan satu-setengah sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air. Lakukan setiap hari ini untuk meningkatkan warna kulit Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan sedikit jus lemon dan beberapa oatmeal untuk yoghurt untuk membuat pasta tebal, dan menerapkannya sebagai masker wajah. Obat ini juga akan membantu menjaga kulit Anda kenyal dan lembab.

Mencerahkan kulit menggunakan Jeruk
Segala jenis jeruk sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahan yang paling penting dalam perawatan kulit adalah kandungan vitamin C nya yang tinggi. Plus, jeruk memiliki sifat pemutihan yang dapat mencerahkan warna kulit Anda. Banyak penelitian membuktikan bahwa konsumsi rutin jus jeruk segar dapat sangat meningkatkan tekstur & kekenyalan kulit. Untuk mencerahkan kulit Anda, jeruk dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda.

  • Campurkan dua sendok makan jus jeruk dan sejumput kunyit bubuk. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher sebelum tidur. Anda juga dapat menerapkannya pada tangan dan kaki. Mencucinya setelah 20 sampai 30 menit. Lakukan ini setiap hari.
  • Menggiling kulit jeruk kering menjadi bubuk. Campurkan satu sendok makan dari kulit bubuk dengan satu sendok makan yogurt polos untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada kulit Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air. Hal ini akan membantu meringankan bintik-bintik dan tanda lain di wajah Anda. Lakukan ini seminggu sekali atau dua kali, tapi tidak lebih dari itu.

Memutihkan kulit dengan scrub tepung beras
Tepung beras merupakan salah satu bahan terbaik untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Tepung beras mengandung berbagai nutrisi yang membantu menjaga kulit Anda lebih cantik dan sehat. Menggunakan bahan herbal ini akan membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda sementara tetap mempertahankan kelembaban alami kulit Anda.

  • Campur tepung beras dengan sedikit air atau air mawar untuk membuat pasta tebal.
  • Oleskan pada wajah, tangan, dan kaki.
  • Biarkan sampai mengering. Kemudian mencucinya dengan air.

Menjaga kelembapan kulit menggunakan Madu
Madu membantu memutihkan dan mencerahkan kulit dengan memberikan kelembapan alami pada kulit. Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang kurang mendapatkan kelembapan alami sehingga warna kulit tidak merata. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan dan menyamarkan bintik-bintik hitam karena faktor usia dan bekas jerawat.

  • Oleskan madu murni pada wajah Anda, biarkan selama beberapa menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Obat sederhana ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit Anda terlihat lebih terang dan lebih segar dari sebelumnya. Lakukan ini sekali sehari.
  • Untuk membuat masker pencerah kulit, menggabungkan satu sendok teh setiap madu dan jus lemon, satu sendok makan susu bubuk, dan satu-setengah sendok teh minyak almond. Campuran mereka dengan baik dan menerapkannya dengan lembut pada kulit. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, Kaki & Tubuh "

No comments:

Post a Comment