Inilah 8 Cara Sederhana & Alami Usir Nyamuk

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah anda salah satunya menggunakan semprotan nyamuk. Namun semprotan nyamuk yang ditujukan untuk membunuh serangga penghisap darah ini sering meninggalkan residu kimia yang bisa menempeldiselimut, sofa maupun peralatan lain dirumah anda yang bisa berbahaya bagi kesehatan keluarga. Nyamuk merupakan serangga penghisap darah yang bertanggung jawab sejumlah penyakit tertentu yang disebabkan oleh gigitannya seperti malaria, demam berdarah, penyakit kaki gajah (chikunguya) dll.

8 Cara Sederhana & Alami Usir Nyamuk

Sebenarnya ada banyak cara sederhana untuk mengatasi atau mengusir nyamuk disekitar anda menggunakan bahan bahan alami yang aman bagi hewan peliharaan maupun anggota keluarga anda karena bahan alami tidak meninggalkan residu kimia yang berbahaya. Pastikan untuk mencegah atau memutus siklus nyamuk dengan beberapa cara diantaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan anda
  • Jangan biarkan ada air tergenang yang bisa digunakan nyamuk untuk bertelur seperti kaleng, got maupun saluran pembuangan air
  • Menggunakan bubuk pencegah nyamuk alami dalam bak penampungan air dirumah anda
  • Jika sudah terlanjur banyak nyamuk dirumah anda gunakan jasa pengasapan nyamuk profesional disekitar daerah anda
8 Cara Sederhana & Alami Usir Nyamuk

Nah berikut adalah cara sederhana dan alami yang berguna untuk mengusir nyamuk dan mencegah gigitan nyamuk dengan bahan alami disekitar rumah anda:

Eucalyptus (minyak kayu putih) dan minyak lemon
Direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) bahwa campuran minyak lemon dan minyak kayu putih sangat efektif untuk mengusir nyamuk secara alami. Campuran minyak lemon dan minyak kayu putih mengandung komponen cineole aktif, yang memiliki sifat antiseptik dan mencegah nyamuk mengigit kulit anda bila diterapkan ke kulit. Campurkan minyak lemon dan minyak kayu putih dalam proporsi yang sama dan menggunakannya pada tubuh Anda.

Mengusir nyamuk menggunakan Kamper
Kamper atau kapur barus merupakan bahan alami yang terbuat dari ekstrak pohon kamper, senyawa dalam kamper ini terbukti memiliki aktivitas anti nyamuk. Tempatkan beberapa kamper diruangan anda dan ruangan anda akan terbebas dari nyamuk.

Kemangi atau serai
Menurut beberapa penelitian dan salah satunya diterbitkan oleh Jurnal penelitian Parasitologi  mengatakan bahwa serai dan kemangi sangat efektif dalam membunuh larva nyamuk dan membantu mengusir nyamuk. Cukup taburkan rajangan kemangi atau serai diruangan yang banyak nyamuk, atau anda bisa menanamnya dibeberapa sudut rumah anda. Tanaman ini memiliki sifat yang tidak hanya membantu Anda untuk menyingkirkan nyamuk di rumah Anda, tetapi juga mencegah mereka memasuki rumah Anda.

Mengusir nyamuk menggunakan Bawang putih
Bawang putih bertindak sebagai obat alami yang efektif untuk membunuh nyamuk dan dengan demikian, mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh parasit ini. Bau kuat dan menyengat dari bawang putih dikenal untuk mencegah gigitan nyamuk dan bahkan mencegah mereka dari memasuki rumah Anda. Jadi untuk menggunakan obat ini Anda bisa menghancurkan sampai beberapa polong bawang putih, rebus dalam air dan menggunakan air untuk menyemprot di sekitar ruangan Anda. Jika Anda adalah tipe petualang (atau benar-benar benci nyamuk), Anda juga bisa semprotkan pada diri sendiri untuk menghindari gigitan nyamuk.

Minyak teh mengusir nyamuk
Minyak teh merupakan sejenis minyak yang didapat dari penyulingan pohon teh untuk menghasilkan minyak. Minyak pohon teh memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut dan merupakan agen antibakteri dan antijamur yang sangat kuat, tetapi minyak pohon teh juga sempurna untuk mengusir nyamuk. Jadi jika Anda ingin menggunakan obat ini kamu bisa menggosok beberapa minyak pohon teh pada kulit Anda atau tambahkan beberapa tetes ke vaporizer. Dengan cara ini aroma minyak pohon teh menembus udara dan membunuh nyamuk di dalam rumah.

Mengusir nyamuk menggunakan daun Mint
Aroma minyak mint sering digunakan oleh banyak orang sebagai aromaterapi yang sangat ampuh dan membuat pikiran anda menjadi lebih rileks dan tenang. Aroma dari daun mint juga sangat berguna untuk mengusir nyamuk dirumah anda sehingga anda akan memiliki 2 manfaat ganda dari daun mint ini yaitu mint sebagai aromaterapi sekaligus mengusir nyamuk dirumah anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bioresource Teknologi menemukan bahwa minyak mint dan ekstrak mint efektif untuk mengusir nyamuk dalam ruangan rumah anda. Anda dapat menggunakan daun mint dan esensi dalam berbagai cara. Anda dapat memilih untuk menggunakannya dalam vaporizer untuk membantu mengisi ruang dengan aroma mint, oleskan minyak pada tubuh Anda atau menanam semak di luar jendela kamar Anda.

Mengusir nyamuk menggunakan Lavender
Banyak produk pasaran yang berguna untuk mencegah gigitan nyamuk dan pengusir nyamuk menggunakan bahan ini sebagai bahan utamanya. Tidak hanya berbau harum menenangkan lavender juga erbukti ampuh untuk mengusir nyamuk dirumah anda. Gunakan minyak lavender sebagai freshener alam atau menerapkannya pada kulit Anda (Anda bisa mencampurnya dengan krim) untuk hasil terbaik.

Tumbuhan pengusir nyamuk
Nah jika anda menyukai berkebun ada baiknya anda menanam beberapa jenis tumbuhan ini untuk mengusir nyamuk dirumah anda. Tumbuhan ini dikenal sebagai pengusir nyamuk alami dan mencegah nyamuk masuk kedalam rumah anda. beberapa tumbuhan pengusir nyamuk ini adalah kemangi atau tulsi, serai atau citronella , mint, marigold, pohon lemon dan neem atau nimba efektif dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk dan menjaga rumah anda aman dari serangga peghisap darah ini.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Inilah 8 Cara Sederhana & Alami Usir Nyamuk "

No comments:

Post a Comment