Tips Alami Perawatan Rambut Berjilbab (Hijab)

Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah keinginan hampir setiap wanita didunia ini. Akar rambut yang kuat, hitam dan tetap berkilau merupakan beberapa kriteria rambut idaman. Nah sayangnya bagi kamu yang menggunakan hijab seringkali beberapa masalah rambut sering kamu temui seperti rambut kusut, mudah rontok, kulit kepala gatal, rambut lepek atau berminyak dll. Saat menggunakan hijab kulit kepala kamu akan lembap karena tertutup oleh hijab, untuk itu diperlukan perawatan ekstra yang dibutuhkan untuk membuat rambutmu tetap sehat walaupun menggunakan hijab.

Tips Alami Perawatan Rambut Berjilbab (Hijab)

Hijab merupakan kewajiban bagi kamu setiap muslimah, dan melepas hijab bukanlah alasan yang tepat untuk membuat rambutmu tetap sehat. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambutmu meski kamu setiap hari menggunakan jilbab dan berikut adalah tipsnya:

Beri rambutmu kesempatan untuk bernafas
Saat kamu pulang dari bepergian atau cuaca terlalu panas beri kesempatan buat rambutmu untuk bernafas. Biarkan aliran udara mengurangi kelembapan di kulit kepalamu. Mengurangi kelembapan yang tinggi dikulit kepala akan membantu akar rambutmu tetap kuat dan menghindari kulit kepala berketombe dan rambut lepek.

Hindari kebiasaan buruk pada rambutmu
Rambut yang selalu terbungkus hijab lebih rentan terhadap masalah masalah rambut untuk itu perlu perawatan ekstra untuk rambutmu seperti:

  • Hindari mengikat rambut terlalu lama apalagi saat tidur.
  • Hindari penggunaan panas pada perawatan rambutmu seperti hairdryer, catok atau peralatan rambut lain.
  • Jangan menggunakan hijab sebelum rambutmu benar benar kering untuk mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.
  • Hindari atau kurangi produk kimia untuk perawatan rambut.

Gunakan bahan hijab yang nyaman
Bahan hijab yang nyaman, menyerap keringat akan membantu menjaga kesehatan dan kecantikan rambutmu. Pilih bahan yang nyaman dan menyerap keringat seperti bahan katun yang akan memberikan kenyamanan sekaligus celah untuk membuat sirkulasi udara di kulit kepala tetap terjaga.

Menjaga pola hidup sehat
Hindari stres karena terbukti menjadi salah satu enyebab kerontokan rambut. Konsumsi makanan sehat dan seimbang untuk menutrisi rambutmu dari dalam. 

Nutrisi alami untuk rambutmu
Banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menjaga rambutmu tetap ternutrisi dengan nutrisi yang dibutuhkan sehingga rambut dan kulit kepalamu tetap terjaga keindahan dan kesehataannya, berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker untuk menutrisi rambut, sebaiknya gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk menutrisi rambut:

  • Minyak kelapa
  • Minyak zaitun
  • Aloevera atau lidah buaya
  • Minyak mustard
  • Telur
  • Minyak orang aring
  • dll

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Perawatan Rambut Berjilbab (Hijab) "

No comments:

Post a Comment