Bagaimana Lebih Sejahtera dan Bahagia Dalam Hidup?

Banyak orang yang merasakan tidak bahagia dalam hidup mereka padahal mereka memiliki banyak materi, disisi lain banyak juga orang yang memiliki banyak kekurangan dalam hidup mereka namun mereka justru merasakan kebahagiaan. Lalu apa kunci orang - orang bahagia ini. Menurut ahli psikologi positif Martin Seligman, berteori bahwa 60 persen kebahagiaan ditentukan oleh genetika dan lingkungan dan 40 persen sisanya adalah bagaimana kita memilih untuk menanggapi sesuatu hal dalam hidup ini.

Bagaimana Lebih Sejahtera dan bahagia

Ada banyak peneliti seperti Seligman yang telah mempelajari seni dan ilmu kebahagiaan. Dan dari kebanyakan para peneliti ini menyebut ada beberapa hal pokok yang dapat meningkatkan kesejahteraan mental orang orang sehingga membuat mereka hidup bahagia dalam hidup apapun kondisi mereka. nah berikut adalah beberapa hal yang yang bisa kita contoh untuk membuat hidup kita lebih bahagia dari sebelumnya:

Bagaimana Lebih Sejahtera dan bahagia

Orang orang bahagia selalu menikmati saat ini
Ternyata meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menikmati setiap momen dalam hidup ini walaupun yang terkecil dapat membuat hidup kita lebih bahagia. Ketika Anda menikmati momen momen yang terjadi dalam hidup baik yang terkecil sampai yang terbesar, dari momen yang baik atau buruk, Anda akan lebih menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda.

Orang orang yang bahagia adalah mereka yang selalu bersyukur
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya manusia adalah mahluk yang selalu "merasa kurang". Ketika mendapat sepeda motor, kita akan berharap untuk mendapat mobil, ketika sudah mendapat mobil kita akan berharap memiliki pesawat terbang pribadi dst... Dan ketika rasa selalu kurang tersebut tidak dapat kita kontrol hal itu akan menimbulkan rasa tidak pernah puas. Orang yang bersyukur akan mampu menerima apapun hal yang terjadi dalam hidup dengan lebih baik sehingga mereka lebih fleksibel. Mereka akan menghargai setiap hal dalam hidup dan mereka akan lebih bahagia. Ketika mereka diberi kelebihan mereka tidak menyombongkan diri dan ketika mendapat kesulitan mereka tidak mudah untuk stres.

Orang yang bahagia selalu memiliki mindset berkembang
Dalam buku Mindset yang ditulis oleh Carol Dweck menjelaskan bahwa orang-orang paling sukses dan bahagia memiliki apa yang dia sebut sebagai "pertumbuhan pola pikir", orang yang bahagia akan selalu merasa bahwa hidup kedepan harus lebih baik, lebih bahagia dan lebih sukses. Sehingga dalam mencapai semua itu mereka akan berbuat lebih baik dari hari ke hari untuk hidup lebih bahagia. Orang yang sukses dan bahagia melihat kegagalan bukan sebagai bukti unintelligence atau tidak layak tetapi sebagai katalis untuk pertumbuhan dan peregangan di luar kemampuan yang ada. Selama dua puluh tahun penelitian, Dweck menyimpulkan bahwa orang-orang dengan mindset berkembang memiliki hubungan yang lebih bahagia, mencapai keberhasilan yang lebih dalam, dan jauh lebih gigih melalui tantangan.

Orang yang bahagia selalu mengelilingi diri dengan orang lain yang bahagia
Memang benar peribahasa "Berkumpul dengan tukang parfum maka anda akan ikut berbau harum". Seperti ditulis dalam bukunya, Jim Rohn pernah berkata, "Kamu adalah rata-rata dari lima orang di sekitar Anda." Siapa yang mengelilingi diri kita memiliki dampak besar pada bagaimana kita berpikir, merasa, dan apa arah kepala kita dalam hidup. Ini mungkin terdengar kasar, tapi memotong orang-orang negatif dalam hidup Anda adalah diperlukan jika Anda ingin menjadi lebih bahagia. Anda tidak akan harus menghadapi mereka secara pribadi tentang hal ini; itu hanya bisa berarti menghabiskan lebih sedikit waktu dengan mereka secara bertahap sehingga Anda dapat fokus pada memperbaiki diri.

Orang orang bahagia adalah mereka yang memiliki mimpi
Kita tidak akan pernah bisa melihat masa depan, masa lalu adalah satu-satunya hal yang bisa kita lihat dan kenang kembali. Jadi berbuatlah semampu anda untuk membuat masa depan lebih baik dan lihatlah kembali masa lalu anda sebagai koreksi dan pelajaran di masa mendatang. Seseorang yang memiliki masa depan ataumimpi mimpi ke arah depan yang lebih baik merekalah orang orang bahagia di dunia ini.

Orang bahagia adalah mereka yang bisa menunggu
Semakin besar mimpi Anda miliki, semakin banyak kesabaran Anda yang harus dilatih. Orang orang bahagia adalah mereka yang bersedia untuk menunggu impian tetapi tetap fokus pada perjalanan, seberapa jauh mereka telah datang, dan apa yang ada di depan mereka. Mereka memahami bahwa hal terbaik dalam hidup datang kepada mereka yang sabar dan bisa bertahan selama jangka panjang. Mereka yang tidak sanggup menunggu akan lebih mudah stres, tertekan bahkanmenghalalkan segala cara untuk segera mendapatkan impian mereka.

Orang bahagia menjadwalkan waktu "saya" menjadi hari mereka
Orang orang yang bahagia adalah mereka yang bisa membagi waktu mereka dengan orang orang terdekat dan menjadi orang yang menyenangkan bagi orang lain tetapi mereka tetap memiliki waktu untuk diri sendiri. Memberi adalah penting, tetapi jika itu berarti mengambil waktu "Anda" untuk bersantai, angin, dan belajar hal-hal baru, maka Anda akan memiliki apa-apa untuk memberikan waktu ke waktu. Anda harus menetapkan batas yang jelas.

Orang orang bahagia menghabiskan uang pada pengalaman-pengalaman bukan pada hal yang bersifat material
Mobil, perhiasan atau barang barabg mewah akan mudah dilupakan, tapi pengalaman adalah kenangan yang akan tinggal bersama Anda selama sisa hidup Anda. Orang yang paling bahagia lebih suka pergi pada perjalanan berlibur daripada membeli TV layar datar yang mereka jarang gunakan. Menurut Marc dan Angel: "Pembelian Experiential cenderung membuat kita lebih bahagia karena dua alasan utama: 1. pengalaman besar meningkatkan dari waktu ke waktu ketika kita mengenang mereka. 2. Pengalaman adalah peristiwa sering sosial yang membawa kita keluar dari rumah dan berinteraksi dengan orang-orang yang kita sayangi. "

Mereka memberikan lebih banyak dari apa yang mereka ambil
Karena orang bahagia hidup di dunia selalu memiliki kelimpahan di mana selalu ada lebih banyak kesempatan yang bisa didapat, lebih banyak uang yang akan dibuat, dan lebih banyak cinta untuk berbagi, mereka selalu memberi ketika mereka bisa. Orang berbahagia selalu menyukai berderma, bersedekah, berbagi karena hal inilah menurut mereka akan membuat mereka lebih bahagia pada akhirnya.

Orang bahagia selalu pantang putus asa dan bangkit ari kegagalan
Menurut psikolog Peter Kramer, ketahanan adalah kebalikan dari depresi. Orang orang paling bahagia tahu bagaimana untuk bangkit kembali dari kegagalan. Seperti pepatah Jepang, "Jatuh tujuh kali dan berdiri delapan." Perjuangan adalah bukti kemajuan, dan orang-orang bahagia hidup dengan ini. Mengapa? Imbalan menjadi besar dan kemampuan jauh lebih besar daripada rasa sakit yang mereka harus bertahan dalam proses.

Orang orang bahagia adalah mereka yang selalu belajar
Menurut Hawking, orang orang yang bahagia mereka semua memiliki satu kesamaan. Mereka adalah orang yang tidak pernah berhenti belajar seumur hidup, terus membaca buku-buku baru, menjelajahi budaya lain, belajar bahasa baru, dll Ini adalah proses yang berkelanjutan karena tanpa pertumbuhan tidak ada kehidupan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Bagaimana Lebih Sejahtera dan Bahagia Dalam Hidup? "

No comments:

Post a Comment