9 Tips Membangun Tulang Kuat & Sehat

9 Tips Membangun Tulang Kuat & Sehat - Tulang sistem pendukung tubuh, kenapa disebut sistem pendukung tubuh? Ya karena peran tulang sangat penting, tulang adalah pembentuk tubuh coba bayangkan jika anda hidup tanpa tulang maka anda mungkin tidak berbentu hanya seonggok daging dan tidak bisa melakukan apa apa. Sehingga sangat super penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat. Sebelum sekitar usia 30 tahun, ketika tulang biasanya mencapai puncak massa tulang (yang bervariasi setiap orang), tubuh menciptakan tulang baru lebih cepat, tapi setelah usia 30 tahun, maka pembangunan tulang secara alami akan sedikit berkurang.

Beberapa orang memiliki kepadatan tulang yang berbeda tergantung dari faktor genetika, diet dan berapa banyak tulang mereka dibangun saat remaja. Penipisan alami tulang akan terjadi saat usai menginjak umur 30 tahun, pada usia itu tulang tidak dapat membuat tulang baru secepat membangun tulang pada saat remaja, nah jika tulang tidak bisa membangun lapisan tulang baru karena penipisan tulang secara alami maka tulang akan mudah keropos atau yang biasa kita sebut dengan osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh dan memungkinkan tulang lebih mudah patah. Penyakit ini paling sering terjadi pada wanita menopause di atas usia 65 dan pada pria di atas usia 70.

Pada saat orang sudah terkena osteoporosis maka cara mengobatinya akan lebih sulit, untuk itulah sebelum masa tua mendatangi kita ada baiknya mulai dari sekarang kita membangun tulang anda lebih kuat agar saat usia tua anda terbebas dari pengeroposan tulang atau osteoporosis. Berikut Tips Membangun tulang kuat dan sehat.

9 Tips Membangun Tulang Kuat & Sehat

Tips Membangun Tulang Kuat & Sehat

Ketahui Sejarah Kesehatan Tulang Keluarga Anda
Seperti banyak kondisi medis, sejarah keluarga adalah indikator kunci dari kesehatan tulang. Jika seseorang memiliki keluarga atau orang tua yang mengidap osteoporosis maka hal yang sama akan berpeluang besar terjadi pada anda. Nah jika anda mengetahui riwayat kesehatan tulang keluarga anda, anda akan mengetahui bagaimana cara mencegahnya dan memulai membangun tulang anda mulai dari sekarang.

Meningkatkan konsumsi kalsium
Ketika kebanyakan orang berpikir tentang tulang, mereka akan berpikir tentang kalsium. Ya kalsium memiliki peranan yang sangat tinggi terhadap tulang sebagiai contoh saja kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi, kalsium menguatkan serta menjaga kepadatan tulang dan hal lain yang ssangat berguna. Mineral ini sangat penting untuk peertumbuhan gigi dan tulang. (Belum lagi kalsium berperan besar dalam fungsi otot, saraf signaling, sekresi hormon, dan tekanan darah.) Makanan yang merupakan sumber kalsium yang baik meliputi yoghurt, keju, susu, bayam dan collard hijau.

Konsumsi vitamin D
Dimana ada kalsium, harus ada vitamin D. Kenapa begitu? ya karena vitamin D berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mendistribusikannya ke tulang. Sumber makanan yang kaya vitamin D adalah udang, sereal, jus jeruk, sarden, kuning telur dan tuna. Namun jika anda tidak suka memakan makanan yang amis seperti makanan yang saya sebutkan anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D. Tubuh juga memproduksi vitamin D saat berjemur sinar matahari pagi minimal 10 sampai 15 menit tiga kali per minggu. Vitamin D penting bagi kesehatan tulang.

Konsumsi vitamin K
Vitamin K banyak dikenal untuk membantu pembekuan darah, tetapi juga membantu tubuh membuat protein untuk kesehatan tulang. Vitamin K dan D berguna pada penyerapan kalsium, dan ternyata dua vitamin bekerja dengan baik, vitamin D merangsang penyerapan kalsium di usus, sedangkan vitamin K mengurangi jumlah kalsium diekskresikan oleh tubuh. Vitamin K dapat diperoleh dari makanan seperti kecambah tauge, brokoli, lobak dan bayam.

Kalium
Kalium adalah mineral yang membantu saraf dan otot berkomunikasi dan juga membantu sel sekresi, kalium juga dapat menetralisir asam yang mengeluarkan kalsium dari tubuh. Kalium dapat diperoleh dari sumber makanan seperti ubi jalar, kentang putih (dengan kulit), yoghurt dan pisang.

Berolah raga Teratur
Olahraga teratur adalah kunci untuk menjaga segala kesehatan, tidak terkecuali kesehatan tulang. Bahkan gaya hidup dianggap sebagai faktor risiko untuk osteoporosis. Salah satu studi yang membandingkan kepadatan tulang pada wanita sebuah perguruan tinggi dengan berbagai berat badan dan tingkat aktivitas menemukan bahwa atlet dengan berat badan rendah memiliki kepadatan tulang tertinggi dari grup manapun dalam penelitian ini, menunjukkan olahraga (dan berat badan rendah) dapat memiliki efek positif pada kepadatan tulang. Apa jenis olahraga yang paling efektif? Latihan menahan beban seperti berlari, berjalan, lompat tali, ski dan memanjat adalah berbagai olahraga yang menjaga tulang kuat.

Mengkonsumsi lebih sedikit kafein
Kafein memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi sayangnya tidak untuk tulang kita. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Satu studi menunjukkan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari mempercepat keropos tulang pada subyek yang juga tidak mengkonsumsi cukup kalsium. Studi lain ( pada wanita lansia) menunjukkan bahwa lebih dari 18 ons kopi per hari dapat mempercepat pengeroposan tulang dengan negatif berinteraksi dengan vitamin D.

Hindari Konsumsi Alkohol
Pengonsumsi alkohol berat bisa menyebabkan keropos tulang (karena mengganggu vitamin D melakukan tugasnya).

Berhenti merokok
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat mencegah tubuh dari Penyerapan kalsium secara efisien & penurunan massa tulang.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "9 Tips Membangun Tulang Kuat & Sehat "

No comments:

Post a Comment